Niche Market dan Mass Market: Simak Perbedaannya!

Sociomation


Penulis : Administrator - Kamis, 25 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Niche Market. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Niche Market. Shutterstock

"Niche market dan mass market merupakan dua konsep yang berfokus pada target pasar dan segmentasi pelanggan."

Dalam dunia marketing, terdapat dua konsep yang penting untuk dipahami oleh perusahaan, yaitu niche market dan mass market. Meskipun keduanya berfokus pada target pasar dan segmentasi pelanggan, terdapat perbedaan mendasar antara kedua konsep ini. Niche market berfokus kepada konsumen dengan karakteristik tertentu dan spesifik, sedangkan mass market lebih condong ke arah pasar yang lebih luas dan umum. Untuk informasi lebih detailnya, berikut kami akan menjelaskan perbedaan antara niche market dan mass market yang perlu Anda ketahui!

Pengertian Niche Market dan Mass Market

Niche market adalah bagian dari sebuah industri yang memiliki target pasar dan konsumen yang spesifik. Dari target pasar ini, perusahaan dapat melakukan penjualan produk dan layanan mereka secara tepat sasaran dengan menargetkan segmentasi tertentu. Persaingan pasar yang semakin luas membuat perusahaan harus mampu mencari solusi terbaik agar produk mereka dapat tetap bersaing dan meraih keuntungan maksimal. Penerapan niche market dapat dijadikan pertimbangan karena tidak semua orang akan membeli produk yang perusahaan jual.

Salah satu contoh dari niche market adalah pada industri pakaian. Dalam industri tersebut, terdapat berbagai jenis kategori pakaian yang dijual untuk pria, wanita, atau anak-anak. Melalui hal ini dapat terlihat bahwa setiap pakaian memiliki target pasar yang berbeda-beda. Mulai dari spesifikasi, harga, gender, usia, dan lain-lainnya.

Baca Juga: Social Media Listening dan Social Media Monitoring: Ini Perbedaaanya!

Mass market adalah segmen pasar yang luas dan mencakup sejumlah besar konsumen potensial.  Pasar yang ditujukan untuk produk dan layanan ini memiliki daya tarik dan relevansi yang luas bagi sebagian besar populasi. Produk atau layanan dalam pasarl massal bersifat umum, tidak terlalu khusus, dan dapat diterima oleh berbagai segmentasi pelanggan.

Dalam mass market, perusahaan cenderung mengadopsi strategi pemasaran yang mengarah pada penjualan volume barang yang tinggi. Mass market berupaya menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sebanyak mungkin. Tujuan utama perusahaan dalam pasar massal adalah mencapai skala ekonomi dan memperoleh pangsa pasar yang signifikan.

Perbedaan Niche Market vs Mass Market

Berikut adalah 7 perbedaan antara niche market dan mass market:

  • Jangkauan Pasar 

Niche market memiliki jangkauan pasar yang lebih sempit dan terfokus pada segmen spesifik dari pasar yang memiliki kebutuhan atau preferensi khusus. Sementara itu, mass market memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dan mencakup sejumlah besar konsumen dengan kebutuhan umum.

  • Segmentasi Konsumen

Niche market menggunakan segmentasi yang lebih spesifik untuk mengidentifikasi kelompok konsumen dengan kebutuhan yang serupa. Mass market tidak terlalu mendasarkan pada segmentasi dan lebih berfokus pada karakteristik umum yang dapat menarik banyak konsumen.

  • Kompetisi

Niche market sering kali menghadapi kompetisi yang lebih rendah karena fokusnya pada segmen pasar yang lebih terbatas. Di sisi lain, mass market biasanya memiliki persaingan yang lebih tinggi karena banyak pesaing yang berlomba-lomba untuk menarik konsumen.

  • Personalisasi

Niche market memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi konsumen dalam segmen pasar yang spesifik. Mass market, di sisi lain, cenderung memberikan layanan yang lebih umum dan standar untuk menjangkau jumlah konsumen yang lebih besar.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Digital Listening Tools yang Tepat?

  • Branding dan Komunikasi

Niche market memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan pesan pemasaran yang lebih terarah dan relevan kepada kelompok konsumen yang lebih spesifik. Mass market memerlukan pesan pemasaran yang lebih luas dan umum untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

  • Produk dan Harga

Produk dalam niche market seringkali lebih khusus dan dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan segmen pasar yang spesifik. Harganya mungkin juga lebih tinggi karena kualitas dan nilai tambah yang diberikan. Di mass market, produk cenderung lebih standar dan harganya lebih terjangkau untuk menarik konsumen yang lebih banyak.

  • Penetrasi Pasar

Niche market memiliki tingkat penetrasi pasar yang lebih rendah karena segmentasinya yang terbatas. Sementara itu, mass market memiliki tingkat penetrasi pasar yang lebih tinggi karena mencakup sejumlah besar konsumen yang beragam.

Optimalisasi Strategi Niche Market dan Mass Market Perusahaan Anda dengan Ripple10

Ivosights merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pelanggan solusi satu atap terbaik di Indonesia. Ivosights menjadi satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu , perusahaan dan bisnis yang Anda jalani dapat mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement terbaik di Indonesia.

Salah satu layanan terbaik yang cocok untuk optimalisasi strategi niche market dan mass market di perusahaan Anda yaitu dengan platform digital monitoring untuk memonitor perkembangan bisnis di berbagai media sosial, termasuk youtube, portal berita, dan berbagai media lainnya. Ripple10 dari Ivosights menjadi real time platform untuk mendengarkan percakapan, sentimen, dan engagement terhadap audiens untuk perkembangan bisnis yang maju dan memadai. Segera hubungi Ivosights dan optimalkan segmentasi niche market dan mass market perusahaan Anda sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami