Multichannel Marketing: Jenis, Manfaat, dan Strategi

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Multichannel marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Multichannel marketing. Shutterstock.

"Dengan multichannel marketing, Anda akan mendapatkan feedback dari pelanggan yang membantu perusahaan memahami apa saja yang diharapkan pelanggan"

Multichannel marketing sangatlah penting bagi bisnis mengapa? Karena multichannel marketing dapat dimanfaatkan menggunakan taktik dan platform pemasaran yang berbeda untuk melakukan interaksi dengan pelanggam yang melibatkan mereka.

Di katakan penting bagi bisnis, karena bisnis dapat memastikan bahwa taktik pemasaran yang mereka lakukan dapat menjangkau pelanggan terlepas dari perangkat, saluran, ataupun teknologi yang mereka gunakan.

Multichannel sendiri merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran. Dengan ciri khas yang memanfaatkan banyak saluran komunikasi ini akan memudahkan dalam menghubungi bisnis Anda dengan pelanggan secara maksimal. Multichannel marketing ialah strategi yang bisa Anda lakukan untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau calon-calon pelanggan.

Dalam multichannel ini nantinya akan menggunakan platform perangkat lunak yang mengintegrasikan berbagai metode komunikasi, seperti suara, teks ataupun media sosial. Pada dasarnya, multichannel mirip dengan perangkat lunak pusat panggilan, namun layanan ini menghubungkan pelanggan dalam berbagai cara.

Dengan layanan ini, saluran mana pun yang dipilih pelanggan untuk menghubungi perusahaan Anda, Anda akan terhubung dengan cepat ke pelanggan dari satu platform, sehingga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Manfaat Multichannel Marketing

Menggunakan multichannel memiliki manfaat yang baik bagi perusahaan dalam menarik pelanggan, simak berikut ini:

  • Prespektif

Menggunakan multichannel Anda akan mendapatkan feedback dari pelanggan yang akan membantu perusajaan memahami apa saja yang diharapkan pelanggan dan bagaimana meningkatkan penawaran produk dan layanannya.

Dengan feedback ini Anda dapat menyesuaikan lagi bagaimana strategi marketing dan cara mengidentifikasi saluran mana yang paling cocok untuk segmen pelanggan tertentu dan bagaimana cara menargetkan kebutuhan kelompok tertentu.

  • Kompetitif

Manfaat selanjutnya dari multichannel marketing ini bisnis Anda akan dengan mudah mengidentifikasi GAP dengan menggunakan strategi competitor danakan lebih fokus pada channel yang tidak dimiliki perusahaan lainnya.

  • Manajemen Penjualan

Perusahaan akan dapat mempromosikan kampanye yang cocok untuk melalui multichannel untuk mengumpulkan feedback dari segmen pelanggan yang berbeda-beda. Dalam multichannel perusahaan akan mendorong informasi yang dapat membantu perusahaan menilai dan meningkatkan kinerja mereka. Pendekatan ini memastikan setiap sumber daya digunakan secara efisien dan dapat mengurangi biaya operasional.

  • Mendorong Penjualan

Semakin banyaknya pelanggan mendapatkan informasi, maka semakin banyak pula pelanggan potensial yang dapat diraih oleh perusahaan Anda. Pemasaran yang hanya dilakukan dalam satu saluran, itu hanya akan mengurangi potensi untuk menjangkau sebagian besar calon pelanggan. Berbeda dengan menggunakan multichannel yang menggunakan banyak saluran, nantinya Anda akan lebih mudah menjangkau banyak pelanggan atau calon pelanggan secara meyeluruh.

Strategi Multichannel Marketing

Di atas sudah dibahas apa itu multichannel marketing serta manfaatnya. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menerapkan multichannel ini dalam bisnis Anda.

  • Tentukan Target Pelanggan

Strategi awal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menganalisis pelanggan, yang memungkinkan perusahaan atau bisnis Anda menggunakan perilaku pelanggan dan infromasi demografis untuk menentukan pelanggan mana yang akan mendapat kampanye Anda.

Menentukan target pelanggan ini berguna untuk memahami audiens dengan mengetahui apa saja yang mereka suka. Hal ini yang selanjutnya akan digunakan Anda untuk menciptakan strategi marketing yang dapat dipersonalisasikan sehingga dapat meningkatkan engagement dan customer experience yang baik.

  • Menentukan Ide Kampanye

Setiap channel memerlukan banyak konsep dan cara kampanye yang berbeda-beda. Maka, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah sebuah ide. Ide merupakan pondasi awal yang paling penting dari sebuah kampanye.

Kampanye atau iklan sangat perlu dilakukan untuk sebuah gagasan yang kuat. Dengan adanya ide kampanye ini maka channel akan bekerja lebih baik lagi dan hasilnya akan memuaskan untuk Anda.

  • Melakukan Integrasi

Selanjutnya Anda harus membangun sebuah brand, maka Anda harus mengabungkan antara elemen seperti logo dan slogan yang sama dalam setiap kampanye multichannel. Namun, penelitian menunjukan karakter yang konsisten ini merupakan sikap individu yang paling membantu merek

  • Konsisten

Strategi multichannel hendaknya menjangkau banyak channel. Berharap banyak pelanggan untuk beradaptasi dengan channel pilihan Anda sangatlah tidak bisa diharapkan.

Perusahaan juga harus mengkoordinasikan channel online dan offline yang mereka gunakan. Selain itu, mengkoordinasikan pengalaman in store experience dengan channel diital juga dapat merupakan strategi yang baik

  • Evaluasi

Setelah kampanye dilakukan, maka perusahaan harus mengevaluasi pencapain yang mereka dapatkan. Dengan mengevaluasi dapat membantu Anda mengetahui channel mana yang berhasil dan mana yang paling berpengaruh pada kampanye Anda, Bisnis dapat memilih dari beberapa model atribusi pemasaran untuk melakukan ini.

Dengan multichannel Anda akan mendapatkan manfaat yang berlimpah. Agen bisa menjangkau pelanggan dari berbagai macam platform, seperti email, SMS, media sosial, dan lainnya yang tentunya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan pada perusahaan. 

Sociomile merupakan pilihan yang tepat. Platform yang diciptakan Ivosights ini mampu mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard saja. tak hanya itu, Sociomile dapat di konstumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan, karena Sociomile akan memberikan Anda pelayanan yang lengkap untuk sebuah sistem.

Selain itu, Sociomile memiliki beragam kelebihan ataupun keuntungan, beberapa diantaranya adalah adanya fitur Multi Channel (mengelola segala saluran media sosial dalam satu platform), Multi Agent (satu dashboard dapat diakses dan dikelola oleh beragam agen), Ticketing System (dengan sistem tiket ini, setiap feedback pelanggan dapat dikelola dengan lebih baik dan terstruktur), KPI & Reporting (pelaporan yang dapat dilakukan secara real time), Ripple10 Intergration (yang memungkinkan Sociomile terintegrasi dengan digital listening tool Ripple10).

Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Untuk menggunakan atau berlangganan Sociomile, Anda dapat mengunjungi www.ivosights.com atau menghubungi tim sales kami. Selamat mencoba!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami