Mengapa Kita Sangat Bergantung pada IP Telephony?

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony merupakan salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Yuk, simak alasan mengapa kita sangat bergantung pada IP Telephony"

IP Telephony merupakan salah satu kemajuan teknologi yang memiliki banyak manfaat untuk manusia, terutama dalam bidang komunikasi. Internet merupakan salah satu terobosan terbaru yang digunakan oleh manusia untuk mencapai banyak hal seperti untuk memperlancar pekerjaan dan pendidikan. Tanpa adanya internet, kita tidak dapat mencapai zaman dan era baru dalam berkomunikasi dari jarak jauh

IP Telephony dan Manfaatnya

IP Telephony merupakan salah satu teknologi yang bisa menghubungkan penggunanya dengan sambungan telepon dan video melalui internet. IP Telephony memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal, seperti bekerja dan belajar. Hanya dengan mengandalkan internet, pengguna IP Telephony dapat tersambung dengan cepat dengan orang lain.

Saat pandemi, banyak orang yang kebingungan dalam melakukan komunikasi secara tidak langsung karena keterbiasaan yang ada pada umumnya. Namun, hal tersebut tidak lagi menjadi suatu kekhawatiran besar karena adanya teknologi IP Telephony yang membuat banyak orang bisa terhubung satu sama lain tanpa adanya keterbatasan.

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

IP Telephony membuat banyak terobosan baru terutama dalam dunia komunikasi yang membuat banyak orang bisa menyelesaikan masalah secara daring tanpa perlu repot-repot melangsungkan pertemuan secara langsung. Singkatnya, IP Telephony sangat berguna untuk kehidupan manusia.

Alasan Kita Sangat Bergantung pada IP Telephony

Banyaknya manfaat dan kegunaan yang ada pada IP Telephony membuat kita sangat bergantung pada jaringan yang satu ini. Berikut ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut alasan kita menjadi sangat bergantung pada IP Telephony:

  • Kemudahan yang Didapat

Pada zaman dahulu, orang sangat sulit untuk melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekat yang hidupnya jauh dari kita. Keterbatasan tersebut secara tidak langsung menyuruh masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh untuk bisa bertemu dan melihat orang-orang yang kita sayangi. Selain itu, adanya telepon konvensional menjadi salah satu sumber untuk melakukan komunikasi tetapi masih memiliki banyak keterbatasan seperti tidak dapat melakukan komunikasi dengan banyak orang dalam satu waktu.

Untuk itu, kehadiran IP Telephony yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi lewat panggilan suara dan video membuat banyak orang menjadi sangat bergantung dengan kehadirannya. Banyaknya aplikasi penunjang yang dihadirkan oleh IP Telephony juga sangat memudahkan penggunanya untuk menyesuaikan aplikasi-aplikasi tersebut sesuai dengan storage di dalam ponsel dan laptop yang dimiliki.

  • Untuk Melakukan Komunikasi Jarak Jauh

Salah satu alasan yang membuat banyak orang menjadi sangat bergantung pada IP Telephony adalah karena untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Hal ini karena sudah berubahnya zaman dan membuat orang lebih nyaman untuk melakukan komunikasi dengan orang lain dari jarak jauh. Adanya pandemi yang membuat banyak perubahan dalam segi komunikasi juga membuat orang-orang jadi lebih menghargai komunikasi meskipun dilakukan dari jarak jauh.

Komunikasi jarak jauh ini juga sangat berguna untuk bagian perkantoran dan pendidikan. Mengapa begitu? Pada saat pandemi, kedua faktor ini yang sangat dipengaruhi oleh keadaan lock down yang sangat membatasi interaksi antar sesama. Komunikasi jarak jauh yang diciptakan oleh IP Telephony membuat bidang perkantoran dan pendidikan menjadi jauh lebih baik karena bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa takut ada materi atau pekerjaan yang tertinggal.

  • Harga yang Terjangkau

Telepon konvensional memiliki biaya yang cukup mahal, terutama untuk biaya operasional dan maintenance yang harus dibayar karena telepon konvensional memiliki aliran dan kabel yang berbeda dari kabel internet dan listrik. Hal ini membuat banyak orang enggan untuk kembali pada telepon konvensional untuk mengurangi biaya pengeluaran yang cukup besar hanya untuk satu bulan.

Namun, dengan menggunakan IP Telephony, harga yang harus dibayarkan oleh orang yang memiliki jaringan internet menjadi lebih terjangkau jika dibandingkan dengan IP Telephony. Harga yang terjangkau inilah yang membuat banyak orang menjadi ketergantungan dengan IP Telephony sehingga banyak orang kini beralih dari telepon konvensional ke IP Telephony untuk melakukan komunikasi.

Baca Juga: Kelebihan IP Telephony Dibanding Telepon Konvensional, Wajib Tahu!

  • Fleksibel¬†

Kita semua tahu bahwa telepon konvensional yang menjadi alat komunikasi utama untuk orang zaman dahulu memiliki keterbatasan, bukan hanya untuk melakukan komunikasi ke beberapa pihak saja, tetapi juga memiliki keterbatasan jarak dalam melakukan panggilan telepon. Maksudnya, telepon konvensional hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan dimana jaringan dan kabel telepon yang tersambung saja.

Berbeda dengan IP Telephony, kita bisa melakukan komunikasi baik panggilan suara maupun video dimana saja. Hal ini sangat fleksibel dan memudahkan kita untuk melanjutkan pekerjaan di tempat yang kita mau, baik di rumah maupun di tempat publik. Dengan hanya mengandalkan internet, Anda akan mendapat kemudahan dalam melakukan pekerjaan maupun melakukan komunikasi secara pribadi.

Singkatnya IP Telephony memiliki peranan besar untuk umat manusia dalam berkomunikasi yang menjadikannya sebuah ketergantungan bagi manusia itu sendiri. Jika Anda ingin memiliki jaringan Telephony, Ivosights memiliki layanan Sociomile yang akan memudahkan Anda untuk memasang jaringan Telephony. Yuk, hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami