Mengenal Lebih Jauh dengan Buzzer Tracking & Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 22 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock.

"Buzzer tracking & monitoring merupakan salah suatu sistem yang digunakan untuk memantau dan mengikuti lokasi suatu perangkat yang terhubung dengan sistem tersebut"

Beragam kemudahan dan fitur unik yang tersedia di media sosial, membuat perusahaan dapat mengetahui dan memantau (monitoring) target audience maupun buzzer mereka. KOL (Key Opinion Leader) atau buzzer dapat memberikan manfaat yang penting dalam era sekarang, sangat penting karena memperluas jangkauan. KOL atau buzzer memiliki banyak pengikut atau followers di media sosial, sehingga dapat membantu memperluas jangkauan campaign atau promosi yang sedang dilakukan.

Apa Itu Buzzer Tracking & Monitoring?

Buzzer tracking & monitoring merupakan salah suatu sistem yang digunakan untuk memantau dan mengikuti lokasi suatu perangkat yang terhubung dengan sistem tersebut. Banyak perusahaan memanfaatkan channel ini untuk membangun interaksi dengan pelanggannya sebagai cara meningkatkan popularitas brand-nya. Beragam kemudahan dan fitur unik yang tersedia di media sosial, membuat perusahaan dapat mengetahui dan memantau (monitoring) target audience maupun buzzer mereka.

Istilah buzzer, seperti dilasir oleh siudase.com dapat diartikan sebagai micro influencer atau KOL (key opinion leader), yang mampu mempengaruhi pikiran teman-teman ataupun pengikut mereka. Secara tidak langsung mempengaruhi keputusan mereka mengenai suatu hal, sehingga buzzer kerap digunakan oleh suatu brand atau perusahaan untuk mempromosikan sebuah campaign.

Tak hanya sekedar meng-influence, keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat bekerja sama dengan buzzer adalah menghemat biaya pembuatan iklan. Mengapa? Salah satu tugas buzzer adalah melakukan review atau mempromosikan produk atau campaign di media sosial miliknya, sehingga seluruh proses produksi menjadi tanggung jawab buzzer.

Cara Monitoring Perfoma Buzzer & KOL dalam Campaign

Untuk mengikuti dan memantau performa buzzer dan KOL dalam setiap kampanye, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Mengetahui Siapa Buzzer dan KOL

Cara pertama ialah pastikan perusahaan Anda mengetahui siapa buzzer dan KOL yang dimanfaatkan dalam campaign. Dengan cara membuat catatan atau laporan yang mencatat data-data yang diperlukan untuk memantau performa buzzer dan KOL, seperti jumlah pengikut atau followers, jumlah konten yang dibuat, jumlah interaksi dengan konten yang dibuat, dan lain-lain.

  • Gunakan Alat Tracking & Monitoring

Pastikan perusahaan Anda menggunakan alat analisis atau platform yang memungkinkan Anda untuk memantau dan menganalisis data-data tersebut secara real-time atau secara terjadwal. Alat atau platform tersebut dapat berupa aplikasi atau website yang menyediakan fitur-fitur seperti pemantauan aktivitas media sosial, pemantauan kinerja website, atau lain-lain.

  • Target Campaign yang Jelas

Pastikan Anda memiliki target yang jelas dan terukur untuk mengukur performa buzzer dan KOL dalam setiap kampanye. Target tersebut dapat berupa jumlah interaksi dengan konten yang dibuat, tingkat keberhasilan dari kampanye, atau lain-lain.

  • Membuat Laporan Evaluasi

Analisis data yang diperoleh dari pemantauan performa buzzer dan KOL tersebut, dan buat laporan yang menunjukkan hasil analisis tersebut. Laporan tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye yang telah dilakukan, atau untuk menentukan strategi kampanye selanjutnya.

  • Memantau Secara Berkala

Terus pantau dan ikuti perkembangan performa buzzer dan KOL dalam setiap kampanye yang dilakukan, serta terus melakukan analisis dan evaluasi secara teratur untuk memastikan bahwa kampanye yang dilakukan memiliki hasil yang optimal.

Manfaat KOL (Key Opinion Leader)

KOL merupakan orang yang memiliki pengaruh atau popularitas tinggi di media sosial atau di kalangan tertentu, dan seringkali dianggap sebagai sumber referensi terpercaya dalam suatu bidang. Dengan demikian, KOL dapat memberikan manfaat bagi suatu campaign dengan cara-cara berikut:

  1. Memperluas jangkauan campaign: KOL ini memiliki banyak pengikut atau followers di media sosial, sehingga dengan menggunakn KOL ini akan membuat campaign perusahaan Anda  dapat membantu memperluas jangkauan campaign yang sedang dilakukan.
  2. Meningkatkan daya tarik campaign: Krena memiliki pengikut yang banyak membuat KOL biasanya memiliki reputasi yang baik di kalangan pengikut atau followers mereka, sehingga mereka dapat membantu meningkatkan daya tarik campaign yang sedang dilakukan.
  3. Memperkuat brand image: KOL yang terpercaya dan dianggap sebagai sumber referensi terpercaya dapat membantu memperkuat brand image suatu perusahaan atau produk yang diiklankan dalam campaign tersebut.
  4. Menjadi sumber informasi yang terpercaya: KOL dapat memberikan informasi yang terpercaya dan bermanfaat bagi pengikut atau followers mereka, sehingga dapat membantu memperkuat campaign yang sedang dilakukan.
  5. Meningkatkan interaksi dengan target audience: KOL biasanya memiliki tingkat interaksi yang tinggi dengan pengikut atau followers mereka, sehingga dapat membantu meningkatkan interaksi dengan target audience dalam campaign yang sedang dilakukan.

Kesimpulan

Saat menentukan buzzer ketahui terlebih dahulu target buzzer Anda siapa dan bagaimana, apakah sesuai dengan brand dan kebutuhan (campaign) Anda. Hal ini untuk memberikan hasil maksimal dari sebuah campaign. Namun, bagaimana cara memantau kerja buzzer? Apakah sebuah campaign berjalan maksimal atau tidak?

Melalui fitur Buzzer Tracking & Monitoring, Ripple10 siap membantu Anda memantau target buzzer atau jalannya sebuah campaign serta menunjukkan metric performance dari setiap buzzer. Melalui pemetaan ini, klien dapat mengetahui seberapa efektif campaign yang melibatkan buzzer. Ingin tahu lebih lanjut mengenai Ripple10? Kunjungi website kami di ivosights.com.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami