Mengenal Lebih Jauh dengan Automated Customer Service

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

"Automated Customer Service merupakan layanan pelanggan yang akan otomatis memberikan tanggapan dan bantuan kepada pelanggan"

Automated customer service merupakan sebuah sistem yang mampu bekerja selama 24 jam non stop, dan akan menghemat pengeluaran biaya operasional dari perusahaan. Automated Customer Service bisa di jadikan pilihan yang efektif untuk menangani volume tinggi permintaan pelanggan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan layanan pelanggan manusia. Untuk mengetahui apa itu automated customer service, cara kerjanya, serta keuntungan yang ada di dalamnya? Silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Automated Customer Service?

Automated customer service merupakan layanan pelanggan yang akan otomatis memberikan tanggapan atau bantuan kepada pelanggan melalui teknologi seperti chatbot atau sistem telepon otomatis. Automated customer service bisa digunakan untuk memberikan informasi umum, menangani pertanyaan yang sering diajukan (FAQ), atau membantu pelanggan menemukan solusi untuk masalah yang mungkin dihadapi.

Automated customer service bisa di jadikan pilihan yang efektif untuk menangani volume tinggi permintaan pelanggan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan layanan pelanggan manusia. Namun, automated customer service tidak selalu dapat menangani masalah yang kompleks atau unik, sehingga perusahaan biasanya juga menyediakan layanan pelanggan manusia untuk menangani masalah tersebut.

Cara Kerja Automated Customer Service

Automated customer service ini dilakukan dengan menggunakan teknologi untuk memberikan dukungan pelanggan, bukan hanya bergantung pada perwakilan pelanggan manusia. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan automated customer service, antara lain:

  1. Chatbot: Chatbot merupakan sebuah yang dirancang untuk menirukan percakapan dengan pengguna manusia, terutama melalui internet. Chatbot dapat diintegrasikan ke dalam situs web atau aplikasi pesan, dan dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi, atau menyelesaikan masalah.
  2. Asisten suara: Dapat mengenali dan menanggapi perintah suara. Asisten suara dapat digunakan untuk menangani pertanyaan pelanggan melalui telepon atau melalui speaker pintar, dan dapat memberikan informasi, memecahkan masalah, dan melakukan tugas lainnya.
  3. Basis pengetahuan: Ini adalah database informasi yang dapat diakses oleh pelanggan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan atau masalah yang umum. Basis pengetahuan dapat diakses melalui situs web atau melalui chatbot atau asisten suara.

Automated customer service banyak sekali digunakan untuk menangani beragam pertanyaan dan tugas pelanggan, dan dapat menjadi cara yang efektif untuk memberikan dukungan kepada pelanggan sepanjang waktu.

Keuntungan dari Automated Customer Service

  • Menghemat Biaya Layanan Pelanggan

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan ialah dapat menghemat biaya layanan pelanggan, dimana perusahaan Anda akan menghemat biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menangani pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dengan menggunakan layanan pelanggan otomatis seperti chatbot, sumber informasi online, sistem self-service, atau teknologi pengenalan suara. Dengan mengimplementasikan layanan pelanggan otomatis, perusahaan dapat mengurangi kebutuhan akan staf layanan pelanggan manusia, sehingga dapat menghemat biaya.

  • Meningkatkan Interaksi yang Berkualitas

Keuntungan selanjutnya ialah, dapat meningkatkan kualitas interaksi yang terjadi antara pelanggan dan layanan pelanggan otomatis seperti chatbot atau sistem self-service. Dengan meningkatkan kualitas interaksi yang terjadi antara pelanggan dan layanan pelanggan otomatis, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

  • Meningkatkan Kecepatan dan Efisiensi

Selain itu dengan menggunakan automated customer service, perusahaan Anda dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam menangani pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dengan menggunakan layanan pelanggan otomatis seperti chatbot atau sistem self-service. Karena dengan automated customer service, perusahaan dapat menggunakan chatbot yang cepat dan responsive, menyediakan sumber informasi online, dan menggunakan teknologi pengenalan suara.

  • Meningkatkan Kolaborasi Tim

Keuntungan selanjutnya dari menggunakan automated customer service, adalah dapat meningkatkan kerjasama antar anggota tim dalam menggunakan layanan pelanggan otomatis (automated customer service) untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Layanan pelanggan otomatis merupakan sistem yang dapat memberikan informasi dan menangani permintaan pelanggan secara otomatis, seperti melalui sistem panggilan otomatis atau chatbot.

  • Layanan Dukungan 24/7

Keuntungan lainnya dari menggunakan automated customer service, adalah dapat memberikan dukungan kepada pelanggan secara terus-menerus selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu (24/7). Layanan dukungan 24/7 dapat sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki pelanggan di berbagai zona waktu atau yang memiliki pelanggan yang mungkin membutuhkan dukungan pada waktu yang tidak terduga.

  • Memusatkan Informasi

Keuntungan lainnya ialah dapat memudahkan tim pelayanan pelanggan dalam memberikan jawaban atau solusi kepada pelanggan, karena mereka dapat dengan mudah menemukan informasi yang diperlukan. Selain itu, dengan menyimpan informasi pelanggan dalam satu tempat, perusahaan dapat dengan mudah melacak interaksi pelanggan sebelumnya dan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih terpersonalisasi.

  • Meminimalisasi Kesalahan Manusia

Keuntungan lainnya dari menggunakan automated customer service ialah untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan yang disebabkan oleh manusia dalam melayani pelanggan. Layanan pelanggan otomatis seperti sistem panggilan otomatis atau chatbot dapat memberikan informasi dan menangani permintaan pelanggan secara otomatis, sehingga dapat meminimalisir risiko terjadinya kesalahan yang disebabkan oleh faktor manusia seperti kelalaian, kelelahan, atau ketidaktahuan.

  • Mendukung Kampanye Feedback Pelanggan

Terakhir, Anda bisa menggunakan layanan pelanggan otomatis untuk memudahkan proses pengumpulan feedback pelanggan dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan layanan pelanggan. Layanan pelanggan otomatis seperti chatbot dapat meminta feedback pelanggan setelah interaksi pelanggan dengan sistem, atau mengirimkan survey kepada pelanggan secara otomatis.

Kesimpulan

Automated customer service adalah sistem yang dapat memberikan informasi dan menangani permintaan pelanggan secara otomatis, seperti melalui sistem panggilan otomatis atau chatbot. Automated customer service dapat meminimalisir risiko terjadinya kesalahan yang disebabkan oleh manusia dalam melayani pelanggan.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai automated customer service. Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami