Memahami Komponen dan Tahapan Pada Customer Relationship Management

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 10 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship management. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relationship management. Shutterstock.

"Customer relationship management adalah kegiatan pengelolaan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan agar kegiatan bisnis bisa berjalan dengan semestinya"

Dalam bisnis, komunikasi dengan pelanggan merupakan hal yang utama karena semua aktivitas dalam kegiatan bisnis pastinya berujung ke pelanggan. Dimulai dari bagaimana cara agar pelanggan tertarik dengan bisnis Anda, loyalitas dengan brand, hingga bagaimana pelanggan akan merekomendasikan bisnis Anda ke yang lainnya. Untuk itu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan wajib Anda lakukan. Istilah ini dikenal dengan CRM atau customer relationship management.

Customer relationship management adalah kegiatan dalam pengelolaan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan yang memiliki tujuan untuk membangun atau menjaga hubungan dengan baik agar kegiatan bisnis bisa berjalan dengan semestinya. Kegunaan CRM bagi bisnis memang banyak sekali, namun pernahkah Anda berpikir apa saja komponen dan tahapan yang ada di dalam CRM? Yuk, simak beberapa komponen dan tahapan dalam Customer Relationship Management!

Komponen dalam Customer Relationship Management

#1 Pelanggan. Pelanggan yang dimaksud meliputi semua pihak yang akan atau pernah atau sedang menggunakan produk dan jasa Anda. Hal ini bisa dari proses melihat, melakukan pembelian, hingga proses maintenance. Dari sekian banyak pelanggan, biasanya hanya sebagian kecil atau sekitar 20 persen yang merupakan pelanggan potensial.

#2 Hubungan. Komponen selanjutnya yaitu hubungan atau relationship. Saat Anda melakukan hubungan dengan pelanggan, agen atau perusahaan harus memperhatikan komunikasi dua arah. Tujuan, untuk memberikan pengalaman serta kepuasan jangka panjang antara pelanggan dan perusahaan.

#3 Manajemen. Komponen ini berfokus pada pengelolaan dan peningkatan hubungan pelanggan dengan perusahaan. Dengan memiliki hubungan yang solid antara pelanggan dengan perusahaan, tentu akan membantu bisnis dalam pengembangan secara sehat dan kompetitif.

Tahapan dalam Customer Relationship Management

Setelah komponen-komponen yang ada dalam customer relationship management, tidak ada salahnya untuk mengetahui tahapan dalam CRM. Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

#1 Dapat Pelanggan Baru. Tahapan pertama dalam CRM yaitu mendapatkan pelanggan baru atau acquire. Hal tersebut bisa Anda peroleh dengan memberikan akses yang mudah informasi kepada calon pelanggan. Tak hanya itu, dengan adanya inovasi dan layanan yang menarik juga berpotensi mendapat pelanggan baru.

#2 Meningkatkan Koneksi dengan Pelanggan. Tahapan selanjutnya yaitu dengan meningkatkan koneksi dan hubungan dengan pelanggan atau enhance. Dalam hal ini, perusahaan dan agen harus berusaha dalam meningkatkan serta menjaga hubungan dengan pelanggan sudah ada dengan memberikan mereka layanan yang baik seperti menerima dan melayani protes atau bisa juga memberikan penghargaan kepada pelanggan yang setia pada bisnis Anda. Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan cross selling atau up selling untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya untuk mencari dan mendapatkan pelanggan yang baru.

#3 Mempertahan Pelanggan. Tahapan terakhir yaitu dengan mempertahankan pelanggan atau retain. Tidak ada bisnis yang ingin kehilangan pelanggannya. Untuk itu, perusahaan dengan agentnya harus berusaha untuk mendapatkan loyalitas yang tinggi dengan pelanggan dan melakukan beberapa cara seperti berusaha memenuhi ekspektasi atau harapan dari pelanggan agar tetap setia kepada brand Anda.

Itu dia penjelasan tentang komponen dan tahapan dalam customer relationship management (CRM). Sebagai informasi tambahan, komponen utama dalam CRM ini yaitu Sales Force Automation (SFA). SFA ini berfungsi untuk membantu agen dalam mengelola akun dan riwayat pelanggan, mengelola daftar kontak, mengatur jadwal kerja, dan lain-lain. Untuk mendapatkan pelayanan pelanggan Anda, SocioMile bisa menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami