Media Monitoring Tools: Navigasi Obrolan Digital untuk Reputasi Brand

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 30 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstrock

"Telusuri fitur dan fungsi media monitoring tools dalam menjaga reputasi brand melalui artikel berikut ini."

Di era perekonomian dunia yang dapat berubah sewaktu-waktu, pelaku bisnis perlu memutar otak dan mencari cara efektif nan ampuh untuk terus mempertahankan bisnisnya. Tak hanya itu, meningkatkan profit dan menjaga stabilitas bisnis untuk dapat terus bertahan juga bukan perkara mudah. Salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media monitoring tools.

Apa itu Media Monitoring Tools? 

Media monitoring tools merupakan perangkat yang dapat memantau persepsi dan opini masyarakat dengan menganalisis dan melacak data digital atau percakapan dari berbagai sumber, termasuk media sosial, portal berita, blog, dan forum online. Alat ini sangat berguna bagi pelaku bisnis yang ingin mengetahui tanggapan masyarakat terhadap produk atau layanan yang mereka tawarkan. Media monitoring tools memiliki banyak sekali fitur penunjang yang saling melengkapi satu sama lain untuk mewujudkan penjagaan reputasi brand dengan baik.

Fitur Unggulan Media Monitoring Tools

  • Sentiment Analysis

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui sentimen positif, negatif, atau netral dari percakapan digital masyarakat terhadap sebuah brand, produk, dan layanan yang ditawarkan. 

  • Competitive Analysis

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui aktivitas kompetitor di dunia digital. 

  • Audience Analysis

Audience analysis memungkinkan pelaku bisnis untuk mengetahui siapa saja yang membicarakan brand di dunia digital.

  • Digital Health Index

Indeks pada media monitoring tools ini menunjukkan seberapa sehat brand di dunia digital. Aspek ini dapat terhitung dari analisis sentimen positif, negatif, dan netral.

  • Buzzer Tracking & Monitoring

Fitur pada media monitoring tools ini berfungsi untuk memantau performa buzzer dan KOL yang berperan dalam kampanye atau pemasaran produk dan layanan.

  • Early Alert Notification

Early alert notification merupakan fitur yang dapat membantu perusahaan untuk memitigasi isu negatif digital secara lebih dini. Dengan media monitoring tools, perusahaan akan mendapatkan nofitikasi mengenai isu negatif yang mencuat.

  • Daily Mention & Buzz Geo

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kapan dan dimana suatu brand sering dibicarakan oleh masyarakat.

  • Sociograph Keyword

Sociograph keyword pada media monitoring tools ini berfungsi untuk mengetahui hubungan kata kunci yang sering muncul pada media sosial, forum online, atau blog.

  • Infographic Data Report

Fitur pada media monitoring tools mengacu pada visualisasi data berbentuk infografis berisi sentiment atau buzz volume. Dengan visualisasi ini, pengguna akan lebih mudah untuk membaca data

  • Integrasi CRM

Beberapa jenis media monitoring tools menyediakan fitur integrasi CRM untuk mengoptimalkan fungsi dan upaya optimalisasi customer experience. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memberikan tanggapan langsung dari percakapan netizen mengenai brand melalui software CRM. 

Baca Juga: Mengidentifikasi Peluang Bisnis dengan Media Monitoring Tools 

Kegunaan Media Monitoring Tools pada Profit Bisnis

  • Menjaga Reputasi Brand

Media monitoring tools berperan untuk menghindari perusahaan dari krisis digital yang berpotens merusak pandangan masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Krisis digital yang dimaksud merujuk pada hate speech, penyebaran hoaks, atau review jelek terhadap suatu produk. Dengan media monitoring tools, Perusahaan dapat mencari tahu asal mula perkembangan isu negatif muncul. Sehingga, akan mudah bagi pengguna tools untuk mengatasi krisis dan memberlakukan tindakan preventif.

  • Memantau Aktivitas Kompetitor di Kancah Digital 

Media monitoring tools memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam memantau persaingan, mengamati kampanye pesaing, dan mengetahui tren pembicaraan tentang kompetitor. Dengan menyelidiki strategi kompetitor dan menemukan kelemahan mereka, perusahaan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

  • Mengetahui Preferensi Masyarakat

Media monitoring tools memberi kesempatan bagi perusahaan untuk meresapi kebutuhan serta kecenderungan pelanggan dengan lebih mendalam. Dengan memantau dan menganalisis sentimen yang terkandung, perusahaan meraih wawasan yang penting untuk menyempurnakan produk dan layanan mereka.

  • Mengetahui Informasi Tren Terkini

Penting bagi perusahaan untuk menjaga keterhubungan dengan tren, topik, dan arus informasi yang berkembang dalam masyarakat. Dengan tetap terhubung, perusahaan dapat mengawasi perubahan kata kunci, tren hashtag, atau elemen lain yang relevan dengan citra perusahaan. Informasi semacam ini memberi perusahaan kemampuan untuk mengenali pergeseran perilaku konsumen, celah dalam pasar, serta peluang baru yang mungkin muncul untuk inovasi. 

  • Melakukan Optimalisasi Strategi Pemasaran

Media monitoring tools dilengkapi dengan fitur bernama daily mention & buzz geo. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk tahu kapan dan dimana brand paling ramai diperbincangkan. Dengan mengetahui kapan waktu yang paling ramai, perusahaan dapat memaksimalkan distribusi konten pemasaran di waktu tersebut. Sementara pengetahuan mengenai pembagian geografis dapat membantu perusahaan untuk melebarkan jangkauan bisnis atau membuka area bisnis baru.

Baca Juga: Kegunaan Media Monitoring Tools untuk Organisasi Riset

Tertarik Menjaga Reputasi Brand dengan Media Monitoring Tools? Ivosights Solusinya!

Ripple10 dari Ivosights merupakan media monitoring yang cocok untuk pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui tools tersebut, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di sosial media, dll. Perkembangan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profit. Tertarik untuk menggunakan produk Ivosights? Segera mendaftar dan jangan lewatkan kesempatan ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami