Integrasi Media Monitoring Tools dan CRM: Optimalisasi Reputasi Brand

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 17 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.

"Telusuri alasan mengapa integrasi media monitoring tools dan CRM berpengaruh pada kesuksesan bisnis melalui artikel ini."

Pada era teknologi dan ekonomi yang dinamis, perusahaan perlu membuat strategi untuk tetap mempertahankan stabilitas bisnis. Salah satu caranya adalah dengan menjaga reputasi brand di dunia digital melalui media monitoring tools. Kini, media monitoring tools juga dapat diintegrasikan dengan software CRM guna mengoptimalkan customer experience.

Apa itu Media Monitoring Tools?

Media monitoring tools adalah sarana yang dimanfaatkan perusahaan untuk mengawasi percakapan online di berbagai platform seperti jejaring sosial, blog, dan forum internet. Dengan mengakses dan menganalisis percakapan ini, perusahaan dapat tetap terhubung dengan tren terkini dan mendapatkan pemahaman mendalam tentang topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat. Penggunaan media monitoring tools adalah supaya perusahaan dapat menggali sentimen masyarakat terhadap industri mereka dan merek mereka sendiri. Sebagai contoh, Ripple10 dari Ivosights adalah salah satu media monitoring tools yang menyediakan solusi bagi perusahaan dan entitas bisnis lainnya untuk mengawasi respons masyarakat melalui antarmuka yang intuitif, sehingga sangat cocok bagi pengguna pemula.

Integrasi Media Monitoring Tools dan CRM

Media monitoring tools, khususnya Ripple10, memiliki fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management). CRM merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun dan mengelola interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggannya. Salah satu contoh software CRM buatan Ivosights adalah Sociomile Omnichannel, dasbor yang berisi hasil integrasi 13 kanal digital dan voice. Penggunaan Sociomile Omnichannel ini menjanjikan perusahaan untuk memberlakukan sistem customer center efisien dan tanpa hambatan. Sociomile Omnichannel didukung dengan artificial intelligence (AI) yang dapat aktif memberikan informasi selama 24 jam, juga software pelengkap bernama Sociomile Voice yang menyediakan sistem call center komprehensif.

Perusahaan yang memilih Ripple10 sebagai media monitoring tools dapat memberikan permintaan integrasi dengan CRM Sociomile. Pada sistemnya, Ripple10 akan menangkap data percakapan masyarakat di dunia maya dan mengkonversikan percakapan tersebut menjadi sebuah ticket. Ticket yang dimaksud pada umumnya berisi pertanyaan, keluhan, atau saran yang nantinya akan ditransfer pada sistem CRM Sociomile. Sehingga, karyawan dapat langsung menanggapi ticket tersebut dengan cepat. Contact center yang cepat tanggap seperti ini dapat memberikan kesan positif pada keseluruhan operasional bisnis di mata masyarakat.

Baca Juga: Peran Media Monitoring Tools untuk Analisis Politik & Sosial 

Keuntungan Integrasi Media Monitoring Tools dan CRM

Proses integrasi WhatsApp Business API dan CRM memiliki dampak positif pada operasional bisnis. Dampak ini nantinya juga berpengaruh pada proses bisnis mencapai kesuksesan. Beberapa keuntungan yang didapatkan yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Pemahaman tentang Pelanggan

Media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk mengetahui opini, preferensi, hingga kebiasaan pelanggan dalam bertransaksi. Dengan sistem media monitoring tools yang terintegrasi dengan CRM, perusahaan dapat mendalami pemahaman tersebut dengan lebih baik lagi. Dikarenakan software CRM menawarkan sistem contact center efisien yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan pemahaman dengan berkomunikasi secara langsung.

  • Mengoptimalkan Customer Engagement

Perusahaan yang menggunakan hasil integrasi media monitoring tools dan CRM dapat dengan mudah mengoptimalkan customer engagement. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, segala keluhan, pertanyaan, dan saran yang disampaikan pelanggan di media digital akan diteruskan dalam bentuk ticket menuju software CRM. Sehingga, perusahaan dapat langsung merespons permintaan tersebut berdasarkan insights yang didapatkan di media sosial. Tak hanya itu, perusahaan kedepannya dapat menyajikan interaksi atau pengalaman yang dipersonalisasi.

  • Mendeteksi dan Memantau Interaksi Pelanggan dengan Mudah

Penggunaan media monitoring tools memudahkan perusahaan untuk memantau interaksi pelanggan di berbagai macam kanal digital, termasuk di berbagai media sosial. Pemantauan ini berfungsi untuk membantu bisnis menemukan strategi komunikasi yang tepat sehingga komunikasi yang berjalan melalui software CRM dapat terlaksana dengan baik dan konsisten.

  • Melakukan Kampanye Pemasaran yang Tepat Sasaran

Dengan menganalisis percakapan digital melalui media monitoring tools sekaligus memantau interaksi pelanggan pada software CRM, perusahaan dapat mengidentifikasi target audiens dan membuat strategi pemasaran yang sesuai. Strategi pemasaran yang tepat sasaran akan membantu perusahaan mencapai peningkatan keuntungan.

  • Melakukan Resolusi Krisis Digital dengan Proaktif

Hasil integrasi media monitoring tools dan CRM membuat perusahaan dapat melakukan resolusi krisis digital secara proaktif. Perusahaan dapat mengidentifikasi potensi permasalahan digital seperti penyebaran hoaks, hate speech, atau konten kontroversial sebelum krisis tersebut menyebar dengan sendirinya. Setelah proses deteksi selesai, perusahaan dapat langsung mengambil langkah penyelesaian. Salah satu di antaranya adalah dengan menghubungi langsung pihak yang bersangkutan dengan menggunakan software CRM.

  • Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Mengintegrasikan media monitoring tools dan CRM menawarkan data menarik mengenai opini, preferensi, dan kebiasaan masyarakat. Dengan mengetahui pengetahuan tersebut, perusahaan dapat membuat strategi atau sistem operasional transaksi yang sesuai dan berbasis data yang valid. 

Baca Juga: Mengatasi Tantangan Implementasi Media Monitoring Tools  

Tertarik Mengintegrasikan Media Monitoring Tools dan CRM? Segera Hubungi Ivosights!

Apabila Anda tertarik mengintegrasikan media monitoring tools dan CRM, Ivosights solusinya! Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak di bidang business solution provider asal Indonesia yang menyediakan media monitoring tools bernama Ripple10. Tools tersebut sangat cocok digunakan oleh pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui tools tersebut, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di sosial media, dll. Tak hanya itu, Ivosights menyediakan sistem integrasi Ripple10 dengan CRM unggulan, Sociomile. Integrasi kedua software tersebut dapat bermanfaat tingkatkan penjualan dan profit perusahaan. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami