Akselerasi Bisnis: Memantau Brand Mention pada Media Monitoring Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 18 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.

"Media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi brand mention di media sosial. Simak ulasannya di sini."

Pada era dominasi digital dan ekonomi yang dinamis, perusahaan perlu menjaga stabilitas bisnis di tengah gempuran kompetitor. Tak hanya itu, perusahaan perlu terus mengadopsi terobosan digital terbaru, mengaplikasikannya pada lapisan operasional bisnis, hingga memastikan reputasi brand tetap positif di mata publik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memantau brand mention melalui media monitoring tools.

Apa itu Media Monitoring Tools? 

Media monitoring tools merupakan suatu software yang dapat dimanfaatkan oleh institusi, pelaku bisnis, atau organisasi untuk memantau percakapan online masyarakat di jejaring sosial, blog, forum, serta platform digital lainnya. Penggunaan media monitoring tools bermanfaat untuk pelaku bisnis agar selalu terinformasi tentang perkembangan terkini dan memahami isu-isu yang tengah diperbincangkan oleh masyarakat, baik terkait dengan sektor industri maupun internal perusahaan itu sendiri. Ivosights menyajikan sebuah platform bernama Ripple10 yang menawarkan kemampuan pemantauan percakapan digital. Ripple10 merupakan solusi bagi perusahaan, lembaga, atau pelaku bisnis lainnya untuk mengelola reputasi merek dengan simpel melalui software yang mudah digunakan.

Memantau Brand Mention Melalui Media Monitoring Tools

Melalui media monitoring tools, perusahaan dapat memantau brand mention. Brand mention mengacu pada penyebutan atau pembahasan yang dilakukan masyarakat mengenai brand, perusahaan, atau produk. Pembahasan ini pada umumnya tercantum pada media sosial, artikel berita, review produk, hingga blog online. Percakapan di dunia digital dapat langsung menyebar secara masif dan cepat. Sehingga, perusahaan perlu menjaga dan memantau brand mention supaya tidak memberikan dampak negatif pada perusahaan.

Media monitoring tools Ripple10 menyediakan fitur penunjang aktivitas pemantauan brand mention, yaitu fitur Average Daily Mention & Buzz Geo Distribution. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui di waktu kapan suatu brand sering diperbincangkan masyarakat, serta persebaran lokasi perbicangan tersebut. 

Baca Juga: Ukur dan Optimalkan ROI Bisnis dengan Media Monitoring Tools

Manfaat Memantau Brand Mention dengan Rutin pada Media Monitoring Tools

Dengan menggunakan fitur Average Daily Mention & Buzz Geo Distribution, perusahaan tidak hanya dapat mengetahui data percakapan digital. Tetapi juga mengetahui waktu dan tempat percakapan digital tersebut dilakukan. Fitur tersebut memberikan manfaat pada suatu brand, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memahami Persebaran Demografi dengan Baik

Memantau brand mention melalui fitur Buzz Geo Distribution pada media monitoring tools membuahkan informasi berharga mengenai persebaran daerah percakapan digital mengenai suatu brand. Pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk bisnis yang ingin melakukan identifikasi pasar baru, melakukan ekspansi penjualan, hingga pembukaan toko di suatu daerah. 

  • Memantau Persepsi Masyarakat terhadap Brand secara Efektif

Pemanfaatan media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk secara efisien memantau pandangan masyarakat, sambil secara proaktif menangani situasi krisis digital. Perusahaan dapat mengenali potensi masalah digital seperti penyebaran informasi palsu, ujaran kebencian, atau konten yang kontroversial sebelum krisis itu meluas. Setelah proses deteksi selesai, perusahaan dapat segera mengambil tindakan penyelesaian krisis digital dengan cepat.

  • Mengetahui Prime Time untuk Mendistribusikan Konten Pemasaran

Fitur pada media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk mengetahui waktu spesifik suatu brand paling banyak diperbincangkan masyarakat di kanal digital. Dengan pengetahuan tersebut, perusahaan dapat melakukan kampanye pemasaran, perilisan produk, hingga penyebaran konten pada prime time atau waktu puncak. Sehingga, perusahaan bisa mendapatkan engagement dan respon yang meluap dari masyarakat. Dampak yang dihasilkan juga cenderung akan lebih besar.

  • Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Wawasan yang ditawarkan oleh fitur-fitur di media monitoring tools mendorong perusahaan untuk membuat keputusan berdasarkan data yang valid. Keputusan ini mengacu pada menyusun strategi pemasaran, mengoptimalkan customer engagement, atau menyelesaikan krisis digital. Mengetahui data prime time brand mention dan mengetahui distribusi geografis juga berpotensi mendorong bisnis pada kesuksesan.

  • Akses untuk Melakukan Analisis Kompetitif

Media monitoring tools Ripple10 tidak hanya menyediakan fasilitas memantau brand mention perusahaan sendiri. Akan tetapi juga brand mention kompetitor. Dengan mengetahui pandangan masyarakat terhadap kompetitor, juga mengetahui kapan dan dimana kompetitor mendapatkan banyak massa, perusahaan dapat membuat strategi lain yang dapat mengungguli kompetitor tersebut. Ketika mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor, perusahaan juga dapat mengisi celah untuk meningkatkan strategi bisnis supaya memenangkan kompetisi. Perusahaan dapat juga mencegah ancaman persaingan yang kemungkinan masuk ke dalam bisnisnya.

Baca Juga: Mengukur Otoritas dan Pengaruh Merek Lewat Media Monitoring Tools  

Media Monitoring Tools Ripple10 dari Ivosights: Solusi Akselerasi Bisnis di Era Digital

Dapatkan manfaat dan keunggulan mendeteksi brand mention dengan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan media monitoring tools yang memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain. Fitur yang komprehensif ini sudah dipercaya berbagai macam institusi dan perusahaan di Indonesia untuk memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Ripple10 juga dilengkapi aplikasi yang dapat diakses di telepon genggam. Sehingga, pelaku bisnis, organisasi, atau institusi dapat terus memantau pergerakan digital dengan simpel dan efisien. Tertarik melakukan akselerasi bisnis di era digital? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami