Media Monitoring: Produk Bisnis Tetap Trendy dari Masa ke Masa!

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 19 September 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring.

"Jaga produk bisnis Anda tetap relevan dan trendy dengan media monitoring yang efektif. Cari tahu lebih lanjut tentang media monitoring di sini!"

Melihat era yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu, tentunya sebagai seorang pebisnis butuh memutar otak demi mempertahankan citra brand atau bisnis yang dipasarkan. Hal ini mengacu kepada media monitoring perusahaan untuk mengikuti arus pemasaran. Sebegitu pentingnya kah media monitoring untuk produk bisnis? Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

Apa itu Media Monitoring?

Jadi, media monitoring adalah suatu kegiatan di mana perusahaan bisnis melakukan proses pencarian dan analisis informasi yang tersebar. Informasi-informasi tersebut bisa didapat melalui media cetak atau digital dengan menggunakan keyword tertentu atau topik tertentu untuk diteliti suatu perusahaan. Sehingga, dengan sangat mudah Anda bisa menganalisa produk kompetitor sampai ulasan pelanggan demi meningkatkan reputasi brand yang perusahaan Anda pasarkan. Media monitoring sendiri memiliki berbagai macam bentuk. Media clipping, media tracking, dan content media analysis adalah ketiga jenisnya. Seperti apa ketiga jenis ini? Simak di bawah ini! 

Jenis-Jenis Media Monitoring 

Media monitoring tidak hanya mencakup satu metode, melainkan terdiri tiga bentuk utama. Bagaimana masing-masing media monitoring ini dapat membantu Anda dalam menjaga produk bisnis Anda tetap trendy dan relevan di pasar? Pelajari lebih lanjut di sini: 

  • Media Clipping 

Media clipping merupakan salah satu bentuk atau jenis dari media monitoring. Media clipping sendiri ialah dokumentasi berupa artikel, naskah berita, dan iklan. Bentuknya pun dapat berupa teks atau vidio. Media monitoring sendiri berarti mampu membantu perusahaan dalam memonitor tren terkini dengan bantuan artikel hingga iklan. 

  • Media Tracking 

Selanjutnya, terdapat media tracking. Media tracking dalam konteks media monitoring berfungsi untuk mengidentifikasi pandangan publik mengenai topik tertentu di media. Jenis ini berfokus pada pelacakan opini berdasarkan data yang sudah dikumpulkan sebelumnya. 

  • Content Media Analysis 

Dan jenis terakhir dari media monitoring, ada content media analysis. Apa itu content media analysis? Content media analysis dalam media monitoring adalah proses menganalisis isi konten yang diterbitkan di berbagai platform media untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana topik tertentu, merek, atau produk dibahas. Detail sekali ya proses media monitoring ini.

Baca Juga: Manfaat Media Monitoring saat Memulai Rencana Bisnis Baru

Tips Praktis Memaksimalkan Media Monitoring 

Menarik sekali jenis-jenis yang media monitoring miliki. Buat Anda yang masih ragu mengimplementasikan media monitoring pada perusahaan Anda, di sini Anda akan diberikan beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan media monitoring perusahaan Anda. Yuk, disimak! 

  • Identifikasi Tujuan 

Tentukan apa yang ingin dicapai dengan media monitoring, seperti meningkatkan brand awareness, melacak sentimen publik, atau mengidentifikasi tren industri. Tetapkan indikator kinerja utama (KPI) yang jelas untuk mengukur efektivitas media monitoring Anda. 

  • Atur Kata Kunci 

Tentukan kata kunci yang relevan untuk topik, merek, atau produk yang ingin Anda pantau dengan cara media monitoring. Sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan filter untuk mengurangi noise dan fokus pada konten yang paling relevan. 

  • Evaluasi Sentimen 

Sebagai perusahaan yang menerapkan media monitoring, analisis sentimen wajib untuk memahami bagaimana audiens merespons merek atau topik tertentu. Anda dapat mengamati pola dan tren dalam data untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana pasar berkembang. 

  • Pilih Alat yang Tepat 

Dan pastinya, pilihlah alat media monitoring yang menawarkan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti pelacakan real-time, analisis sentimen, dan pelaporan komprehensif. Mau tau alat media monitoring terefektif yang bisa bantu perusahaan Anda meningkatkan reputasi brand? Jawabannya ada di bawah ini! 

Meningkatkan Reputasi Merek Lewat Media Monitoring: Ripple10 Jawabannya! 

Ternyata, meningkatkan reputasi merek Anda melalui media monitoring adalah langkah strategis yang tak boleh diabaikan di dunia bisnis saat ini. Dengan Ripple10, Anda mendapatkan alat yang dirancang khusus untuk membantu Anda memantau, menganalisis, dan merespons sentimen serta tren yang beredar mengenai merek Anda. Ripple10 menawarkan solusi yang komprehensif dan terintegrasi untuk memastikan Anda selalu berada satu langkah di depan dalam menjaga dan memperkuat reputasi merek. Jangan biarkan kesempatan ini terlewat. Bergabunglah dengan Ripple10. Mudah. Cukup kunjungi website Ivosights, cari produk Ripple10, dan hubungi kami hari ini untuk perjalanan bisnis menuju kesuksesan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami