Media sosial kini menjadi ranah utama suatu brand mempromosikan produk dan layanannya. Melalui media sosial juga, perusahaan dapat mengetahui secara langsung opini masyarakat mengenai brand. Dengan mengetahui dan memahami percakapan terkini masyarakat, brand perlu memberlakukan media monitoring

Apa itu Media Monitoring? 

Media monitoring merupakan cara yang diterapkan pelaku bisnis untuk dapat mengetahui percakapan digital masyarakat pada media sosial, blog, hingga forum online. Percakapan ini mengacu pada industri tempat bisnis beroperasi atau percakapan spesifik mengenai produk, layanan, hingga brand terkait. Dengan melakukan media monitoring, suatu brand dapat menjaga reputasi brand dan melakukan mitigasi krisis di kancah digital.

Mengenal Digital Health Index pada Media Monitoring 

Digital health index merupakan salah satu fitur yang ada pada media monitoring tools. Fitur ini berfungsi untuk mengukur skor yang menunjukkan seberapa baiknya reputasi brand di ranah digital. Apabila sentimen yang muncul mayoritas bersifat positif, digital health index akan meningkat dan sebaliknya.

Baca Juga: Manfaat Media Monitoring saat Memulai Rencana Bisnis Baru 

Peran Digital Health Index dan Media Monitoring dalam Berbisnis

Digital health index memiliki berbagai macam peran pada media monitoring. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Opini masyarakat yang dapat membahayakan reputasi brand dapat membuahkan permasalahan atau krisis digital di masa depan. Dengan fitur digital health index pada media monitoring, perusahaan dapat memantau nilai kesehatan brand secara berkala. Sehingga, apabila terjadi penurunan indeks, perusahaan dapat segera mencari cara untuk memperbaikinya.

Isu dan tren terkini merupakan aspek penting yang perlu suatu brand ikuti. Hal ini berkaitan dengan pendekatan dan pemasaran suatu produk dan layanan supaya terus relevan. Dengan menggunakan fitur health digital index dan media monitoring, brand dapat mengetahui peluang baru serta menyesuaikan strategi mereka.

Fitur health digital index juga berfungsi untuk mengatasi manajemen krisis, seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, serta konten kontroversial lainnya. Saat melakukan media monitoring, brand dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk memantau dan mengurangi risiko dari sentimen negatif ini. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil tindakan sebelum krisis semakin parah.

Strategi pemasaran atau promosi produk yang berhasil adalah strategi yang relevan dengan apa yang masyarakat inginkan dan butuhkan. Media monitoring dan digital health index dapat membantu perusahaan mencari tahu apa yang sebenarnya masyarakat inginkan. Sehingga, sistem pemasaran akan membuahkan hasil yang lebih baik.

Secara umum, digital health index berpengaruh besar dalam mendorong pertumbuhan bisnis. Pertumbuhan ini dapat dipupuk dengan perusahaan yang membuat keputusan yang berkaitan dengan operasional bisnis berdasarkan data yang sesuai dan relevan. Dengan memantau media dan mengumpulkan informasi, perusahaan dapat menemukan peluang dan memanfaatkannya untuk bersaing di tengah kompetitor saat ini.

Baca Juga: Menggunakan Media Monitoring dalam Penelitian Ilmiah 

Ripple10 dari Ivosights: Alat Media Monitoring Terbaik di Indonesia!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social media listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya melalui proses media monitoring. Alat ini memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memahami masyarakat, mengikuti tren pasar, hingga mendukung persaingan di antara kompetitor. Ripple10 juga dapat diintegrasikan dengan software lain, seperti CRM Sociomile. Dengan dua alat ini, perusahaan dapat maksimalkan penjagaan reputasi brand mereka dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!