Dalam dunia bisnis yang kompetitif, persiapan dan pembentukan strategi yang tepat adalah hal yang penting. Ada banyak cara untuk bisa melakukan hal ini, salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan media atau media monitoring. Media monitoring adalah salah satu strategi yang terbukti efektif membantu bisnis untuk mencapai profit. Simak artikel ini untuk mengetahui mengapa media monitoring adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan dalam bisnis!

Apa Itu Media Monitoring?

Media monitoring adalah proses memantau, mengumpulkan, dan menganalisis data atau informasi dari berbagai jenis media. Bagi bisnis, tujuan utama media monitoring adalah untuk mengetahui perubahan tren pasar dan mendapatkan informasi tentang pola perilaku audiens atau pelanggan mereka. Data-data yang didapat dari media monitoring ini dapat menjadi wawasan penting untuk membantu perusahaan dalam membentuk strategi yang tepat dalam menghadapi pasar.

Cara Melakukan Media Monitoring

Berikut langkah-langkah melakukan media monitoring:

Sebelum melakukan media monitoring, pilihlah jenis media yang akan dipantau. Di zaman sekarang ini, media yang dipilih biasanya berupa media digital, seperti media sosial, forum online, portal berita, dan lain sebagainya.

Selain memilih jenis media, penting juga untuk memilih kata kunci yang tepat sebelum melakukan media monitoring. Kata kunci yang dipilih harus merupakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, seperti nama brand, nama produk, jenis produk, industri, dan lain sebagainya.

Salah satu aspek dalam aktivitas media monitoring adalah mengidentifikasi sentimen pelanggan. Dengan memasukkan kata kunci yang tepat, Anda dapat mengetahui pendapat publik mengenai brand dan produk Anda serta mengidentifikasi reputasi brand Anda.

Selain mengidentifikasi sentimen, Anda juga dapat mengidentifikasi tren ketika melakukan media monitoring. Dengan melakukan media monitoring, Anda dapat mengetahui tren apa yang sedang naik dan tren apa yang sedang turun. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang yang tepat untuk bisnis Anda.

Ketika melakukan media monitoring, Anda juga dapat mengidentifikasi dan memonitor kompetitor. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mendapatkan wawasan mengenai kompetitor yang dapat membantu Anda dalam menghadapi kompetisi bisnis.

Setelah mengumpulkan data yang dibutuhkan, langkah berikutnya dalam media monitoring adalah menganalisis dan mengevaluasi data. Lakukanlah analisis secara mendalam terhadap data yang dikumpulkan dan evaluasi hasil analisis tersebut agar bisa memahami data dengan lebih baik. Langkah ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam media monitoring.

Terakhir, Anda bisa mengambil keputusan dan membentuk strategi berdasarkan data yang didapat dari media monitoring. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menentukan strategi yang sesuai dan memaksimalkan peluang untuk bisa mencapai profit.

Baca Juga: Peran Media Monitoring Tools untuk Analisis Politik & Sosial

Pentingnya Media Monitoring dalam Bisnis

Berikut beberapa alasan mengapa media monitoring penting untuk bisnis:

Dengan media monitoring tools, Anda dapat melacak berbagai informasi yang ada pada platform media sosial dan berita online dengan menggunakan kata kunci tertentu. Dengan melacak informasi terkait perusahaan Anda, Anda dapat memahami percakapan yang dilakukan audiens Anda terkait bisnis Anda. Lewat hal ini, Anda dapat memahami audiens Anda dengan lebih mendalam dan mengetahui apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

Media monitoring tools memungkinkan Anda untuk memantau percakapan secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi krisis atau keluhan ketika hal tersebut terjadi saat itu juga. Hal ini akan mempercepat proses penanganan dan penyelesaian masalah.

Media monitoring juga dapat membantu bisnis untuk memantau sentimen pelanggan. Dengan memahami sentimen pelanggan, perusahaan dapat mengetahui pandangan pelanggan mereka mengenai produk dan/atau brand mereka. Hal ini merupakan wawasan yang penting karena sentimen yang positif menandakan reputasi brand yang baik yang dapat membawa keuntungan bisnis.

Media monitoring tools juga memungkinkan Anda untuk melakukan riset pasar dengan mudah. Anda dapat mengetahui perubahan dan perkembangan pasar dan melihat potensi untuk bisnis Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk memastikan bisnis Anda tetap relevan dan Anda dapat membangun dan memperluas pangsa pasar bisnis Anda.

Dengan melakukan media monitoring, perusahaan juga dapat memantau aktivitas kompetitor mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui informasi seputar sentimen audiens terhadap kompetitor maupun kampanye yang dilakukan kompetitor. Informasi ini dapat menjadi wawasan penting yang dapat dipelajari untuk memastikan perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat ketika menghadapi persaingan bisnis.

Baca Juga: Media Monitoring Tools: Kunci untuk Memahami Komunitas Online

Lakukan Media Monitoring dengan Alat Terbaik, Ripple10!

Media monitoring adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh bisnis. Dengan melakukan media monitoring, perusahaan dapat mengubah data percakapan digital dari berbagai media menjadi wawasan yang dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan dan membentuk strategi yang optimal untuk mencapai profit. Jika Anda ingin melakukan media monitoring dengan efektif, gunakanlah platform terbaik, Ripple10! Ripple10 adalah media monitoring tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 untuk media monitoring sekarang juga!