Penggunaan media monitoring sangat efektif apabila digunakan pada produk yang memiliki tingkat kegunaan di masyarakat yang tinggi. Dengan alat yang canggih, bisnis dapat memperkirakan langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan secara masif sehingga mempengaruhi strategi pemasaran kedapan. Untungnya, media monitoring dapat membantu bisnis memperoleh informasi yang mendalam tentang kinerja pemasaran suatu produk. Penggunaan maksimal media monitoring dapat memicu peningkatan penjualan secara lebih cepat. Bagi bisnis yang ingin meningkatan branding dan marketing, media monitoring bermanfaat merencanakan bagaimana konten viral melalui analisis tren, kompetitor, audience insights. Sehingga memunculkan sisi unik dari suatu produk. 

Mengenal Media Monitoring 

Kegiatan media monitoring adalah proses mengumpulkan, memantau, dan menganalisis informasi dari berbagai sumber media untuk memahami tren, sentimen, dan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis dan pasar. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan yang berharga kepada bisnis sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan responsif terhadap dinamika pasar dan perubahan perilaku konsumen.

Efek Positif Penggunaan Media Monitoring 

Penggunaan alat media monitoring yang efektif dapat meningkatkan kemampuan untuk membuat dan memprosikan konten viral. Meskipun sangat susah untuk memprediksi berapa persen konten Anda untuk vira, mengoptimalkan alat media monitoring dapat meningkatkan kesempatan Anda. Berdasarkan insights yang tersedia, berikut beberapa efek positif yang Anda dapatkan:

Normalnya, kurang dari 1% dari semua konten mendapatkan status viral. Hal ini karena persaingan yang ketat. Namun, bisnis dapat memviralkan kontennya melalui optimalisasi konten viral melalui media monitoring. 

Dengan penggunaan media monitoring yang efektif, Anda akan meningkatkan kesempatan konten viral. Beberapa ahli menyarankan menggunakan alat media monitoring dengan mengidentifikasi tren, optimalisasi strategi konten, dan lebih berinteraksi secara efektif dengan pelanggan Anda.

Meskipun datanya sulit untuk diidentifikasi, Anda kemungkinan besar dapat melihat peningkatan dari yang kurang dari 1% ke sekitar 2–3% atau lebih besar sedikit, tergantugn pad akualitas dan konsistensi strategi pemasaran Anda. 

Baca Juga: Ukur dan Optimalkan ROI Bisnis dengan Media Monitoring Tools

Bagaimana Media Monitoring Meningkatkan Potensi Konten Viral

Alat media monitoring seperti BuzzSumo dan Mention dapat membantu Anda mengidentifikasi trending topics dan konten yang meresonansi dengan pelanggan, membantu Anda untuk membuat konten yang relevan. 

Memahami kebutuhan pelanggan Anda dapat membantu merencanakan konten untuk memenuhi preferensi pelanggan. Selain itu, hal in dapat meningkatkan kesempatan pelanggan untuk membagikan konten dan berinteraksi. 

Dengan menganalissi perfroma metriks sosial media seperti (likes, share, comments), Anda dapat mengartikan strategi konten untuk fokus pada cara yang terbaik. Sebagai contoh, optimalisasi pemicu emosional atau mengintegrasi ke elemen yang relevan. 

Memantau performa kompetitor membantu Anda memperoleh insights tentang apa yang terjadi dalam industri, membatu Anda untuk beradaptasi pada taktik yang sukses. 

Langkah Praktis Meningkatkan Viralitas 

Buat konten yang memicu emosi yang kuat seperti bahagia, mengagetkan, marah, maupun sedih yang meingkatkan kesempatan audiens untuk membagikan konten. 

Kenalkan keunikan yang modern dan fresh dengan sudut pandang yang baru ke konten Anda menangkap atensi audiens secara optimal

Pastikan konten Anda berada di  posisi teratas di media sosial dari beberapa konten yang dibagikan oleh audiens Anda dengan membuat kontennya lebig informatif, lucu, dan ngetren.

Pantau secara reguler dengan media monitoring untuk melihat riwayat kinerja performa konten dan tingkatkan strategi Anda secara teratur dan tepat sasaran. 

Baca Juga: Peran Media Monitoring Tools untuk Analisis Politik & Sosial

Mari Bangun Media Monitoring Dengan Ripple10 Sekarang!

Dengan melakukan media monitoring secara teratur, Anda dapat tetap terhubung dengan perkembangan terkini di dunia maya, memahami opini publik, dan mengambil tindakan yang tepat untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda. Mulailah sekarang dan memanfaatkan kekuatan media monitoring untuk memajukan bisnis Anda. Temukan lebih banyak informasi tentang Ripple10 dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan Ivosights sekarang!