Media Monitoring Berbasis Mobile: Efisiensi Navigasi Obrolan Digital

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 06 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring. Shutterstrock

"Kini, hadir media monitoring berbasis mobile. Terobosan ini dapat memudahkan perusahaan untuk menavigasi obrolan digital hanya dalam genggaman smartphone."

Dalam era fluktuasi ekonomi yang terus berubah, para pelaku bisnis dituntut untuk tetap berinovasi dan menemukan strategi yang efektif untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka. Tantangan ini termasuk meningkatkan laba, menjaga stabilitas bisnis, dan tetap eksis di tengah persaingan yang semakin ketat. Namun, dalam menghadapi kompleksitas ini, solusi yang efektif adalah memanfaatkan teknologi media monitoring yang canggih dan dapat diakses melalui platform mobile. Dengan akses ke media monitoring berbasis mobile, para pemimpin bisnis dapat tetap terhubung dengan perkembangan terbaru di pasar, memantau pesaing, menangkap tren konsumen, dan merespons perubahan pasar dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, teknologi media monitoring memberikan keunggulan kompetitif yang diperlukan untuk menghadapi tantangan bisnis saat ini.

Apa itu Media Monitoring? 

Media monitoring merupakan strategi yang dilakukan institusi, pelaku bisnis, atau perusahaan untuk mengawasi opini dan persepsi masyarakat mengenai produk atau layanan yang ditawarkan brand. Pemantauan ini dilakukan melalui media monitoring tools dengan mengawasi media sosial, portal berita, blog, hingga forum online. Dengan melakukan media monitoring, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai macam fitur media monitoring tools untuk penjagaan reputasi brand dengan baik. Kini, hadir beberapa media monitoring tools berbasis mobile. Dengan aplikasi mobile, pelanggan dapat mendapatkan kemudahan dalam pemantauan brand hanya dalam genggaman smartphone. Aplikasi mobile tersebut menyediakan informasi data digital secara langsung. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai kanal digital dalam bentuk tampilan layar smartphone. Hal ini dapat membantu perusahaan berkoordinasi dengan semua lini instansi dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Baca Juga: Ukur dan Optimalkan ROI Bisnis dengan Media Monitoring Tools

Fitur Unggulan Media Monitoring Tools

Terdapat beberapa fitur unggulan pada media monitoring tools yang berguna untuk memantau data percakapan digital, yaitu sebagai berikut:

  • Sentiment Analysis

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui sentimen positif, negatif, atau netral dari percakapan digital masyarakat terhadap sebuah brand, produk, dan layanan yang ditawarkan. 

  • Digital Health Index

Indeks pada media monitoring tools ini menunjukkan seberapa sehat brand di dunia digital. Aspek ini dapat terhitung dari analisis sentimen positif, negatif, dan netral.

  • Share of Voice

Fitur ini memuat data percakapan digital antara brand Anda dengan kompetitor. Sehingga, perusahaan dapat membandingkannya secara langsung. 

  • Most Active Authors

Fitur pada media monitoring ini dapat membantu perusahaan mengetahui orang paling aktif yang sering membicarakan brand Anda di media digital.

  • Sourch of Mentions

Perusahaan dapat mengetahui detail percakapan dan sumber akun digital yang kerapkali membicarakan brand Anda melalui fitur source of mentions ini.

  • Top Hashtags

Melalui fitur ini, perusahaan dapat menemukan hashtag yang sering digunakan netizen ketika membicarakan brand Anda di ranah digital.

  • Word Cloud

Fitur word cloud ini menunjukkan visualisasi keyword yang sering digunakan dalam penyebutan brand Anda di dunia digital.

  • Trendings

Fitur pada media monitoring tools ini mengacu pada trending topics di Twitter atau X Indonesia, global, dan juga Google Indonesia.

  • Reach vs Mentions

Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan dapat melihat representasi visual dari perbandingan antara potential reach dengan jumlah percakapan sebenarnya.

  • Media Distributor

Fitur ini berisi besaran distribusi perbincangan masyarakat berdasarkan setiap kanal digital yang digunakan.

  • Top Popular Content

Fitur ini memudahkan perusahaan untuk melihat konten pemasaran mana yang memperoleh interaksi terbesar di kanal digital. Perhitungan ini dilihat dari replied, liked, dan shared.

  • Early Alert Notification

Early alert notification merupakan fitur yang dapat membantu perusahaan untuk memitigasi isu negatif digital secara lebih dini. Dengan media monitoring tools, perusahaan akan mendapatkan nofitikasi mengenai isu negatif yang mencuat.

Baca Juga: Strategi Media Monitoring untuk Memahami Pasar Global 

Tertarik Menggunakan Media Monitoring Tools Berbasis Mobile? Ripple10 dari Ivosights Solusinya!

Ripple10 dari Ivosights merupakan media monitoring yang cocok untuk pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui tools tersebut, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di media sosial, dll. Perkembangan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profit. Ripple10 merupakan salah satu media monitoring tools terdepan yang menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan perusahaan melalukan media monitoring secara efisien. Tertarik untuk menggunakan produk Ivosights? Segera mendaftar dan jangan lewatkan kesempatan ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami