Contact center atau agen merupakan garda terdepan perusahaan, sehingga dibutuhkan orang-orang yang berpengalaman dan berkualitas baik untuk dapat mempertahankan image baik dari perusahaan. BPO contact center dapat memberikan nilai tambah dalam pelayanan untuk dapat meningkatkan kinerja dalam mencapai target KPI. Tak hanya itu, BPO contact center mampu berinovasi dan kreatif dalam mencari peluang meningkatkan potensi bisnis perusahaan dan kompetensi tenaga kerja untuk dapat memberikan nilai tambah dalam melayani pelanggan. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai teknologi yang digunakan pada BPO contact center!

Apa Itu BPO Contact Center?

Business Process Outsourcing (BPO) merupakan sebuah strategi perusahaan dengan cara mempercayakan sebagian atau seluruh proses bisnisnya kepada penyedia layanan eksternal. Dalam konteks BPO Contact Center, bentuk eksternalisasi operasional yang dipercayakan berfokus pada hubungan interaksi pelanggan dengan perusahaan melalui berbagai saluran komunikasi. Dengan adanya BPO Contact Center, perusahaan dapat mengoptimalkan efisiensi, sumber daya, dan keahlian dalam menyediakan layanan pelanggan yang efektif dan responsif.

Manfaat Menggunakan BPO Contact Center bagi Bisnis

Berikut beberapa manfaat menggunakan BPO Contact Center:

Salah satu manfaat dari penggunaan BPO Contact Center untuk customer support adalah memudahkan manajemen panggilan. Perangkat lunak yang digunakan memiliki monitoring wallboard yang tersentralisasi. Tim customer support dapat memantau aktivitas panggilan, baik keluar dan masuk, melalui wallboard tersebut. Selain itu, fitur call routing juga dapat membantu tim customer support untuk mengarahkan pelanggan ke departemen yang tepat dengan mudah dan lebih teratur.

Perangkat lunak BPO Contact Center memiliki banyak fitur yang memungkinkan tim customer support untuk melakukan otomatisasi tugas-tugas rutin.

Penggunaan BPO Contact Center juga dapat membantu meningkatkan produktivitas tim customer support serta efisiensi layanan yang diberikan. Dengan kemampuan otomatisasi tugas, layanan ini menjadikan operasi kerja tim customer support menjadi lebih cepat. Hal ini membantu tim customer support untuk menangani lebih banyak panggilan, meningkatkan produktivitas mereka. Selain itu, fitur call routing dan IVR membuat pemberian layanan customer support menjadi lebih efisien dan juga tepat sasaran, sehingga dapat memuaskan pelanggan.

BPO Contact Center juga memungkinkan tim customer support untuk memberikan layanan dari berbagai platform. Dengan menggunakan BPO Contact Center yang memiliki kemampuan integrasi omnichannel, tim customer support dapat tetap terhubung dengan pelanggan dari berbagai kanal daring secara konsisten.

BPO Contact Center memungkinkan customer support untuk bekerja secara lebih produktif dan efisien, membantu mereka untuk memberikan layanan yang lebih berkualitas. Layanan customer support yang baik dapat memuaskan pelanggan dan membantu melancarkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Hal ini akan membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan menjadi lebih kuat.

Teknologi yang Ada pada BPO Contact Center

Omni-channel system bisa diartikan sebagai wadah untuk menggabungkan semua saluran atau media, dimana pelanggan dapat menemukan dan terhubung dengan bisnis di berbagai channel. Dengan sistem omni-channel pada BPO contact center, pelanggan dapat memilih saluran mana yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan perusahaan Anda. Manfaat dari omni-channel ini adalah membantu memahami pelanggan, meningkatkan penjualan, membangun loyalitas pelanggan, menghemat biaya.

Voice system pada BPO contact center bukanlah teknologi yang asing lagi. Teknologi dasar voice system ini adalah contact center dan call center. Dalam teknologi voice system ini terdapat fitur inbound atau outbound. Pada teknologi ini memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan sistem di perusahaan yang mengadakan layanan telepon melalui tombol telepon dengan pengenalan suara. Sistem ini juga dapat merespon dengan rekaman suara atau audio yang dihasilkan dengan dinamis yang kemudian dapat diteruskan ke pengguna untuk melanjutkan proses berikutnya.

BPO contact center juga memiliki chatbot dengan teknologi AI. Fitur chatbot pada BPO contact center dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan sebagai wadah apabila pelanggan ini bertanya. Dengan teknologi AI, pelanggan akan mendapat jawaban secara otomatis dan efisien.

Beberapa BPO contact center dari juga memiliki kemampuan integrasi dengan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API adalah versi khusus WhatsApp yang bertujuan untuk mendukung proses komunikasi antara bisnis dengan pelanggan.

BPO contact center dari juga memiliki fitur telco partner for premium number. Hal ini berarti, menggunakan BPO contact center Ivosights memungkinkan Anda untuk mendapatkan nomor cantik khusus bisnis Anda yang dapat dengan mudah diingat pelanggan. Nomor premium merupakan sebuah layanan awal yang sangat tepat digunakan untuk pusat kontak, sumber layanan pelanggan, bahkan layanan konsumen lainnya yang menguntungkan bisnis Anda.

BPO contact center juga dilengkapi oleh SIP Trunk Solution yang merupakan layanan telekomunikasi yang menggunakan protokol Session Initiation Protocol (SIP) untuk menghubungkan jaringan telepon ke internet. SIP Trunk dapat mengirim dan menerima panggilan telepon, seperti panggilan masuk dan keluar, serta layanan pesan suara, fax, dan panggilan konferensi.

Dapatkan BPO Contact Center dari Ivosights Sekarang!

Inilah beberapa teknologi yang ada pada BPO contact center. Dengan memanfaatkan BPO contact center, Anda dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan Anda yang dapat membantu memperkuat hubungan pelanggan dan mencapai kesuksesan. Jika Anda ingin mencapai hal ini, dapatkanlah BPO Contact Center dari Ivosights. BPO Contact Center dari Ivosights adalah solusi layanan yang efektif dan efisien dengan penyediaan agen berkualitas dan terlatih, fungsi manajemen dan operasional, fasilitas dan lokasi strategis, serta teknologi komprehensif dan terdepan untuk mendukung kelancaran operasional contact center Anda. Hubungi Ivosights sekarang juga!