Kegunaan Teknologi Cloud untuk Telemarketing, Dijamin Tingkatkan Penjualan!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 22 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shuttestock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shuttestock.

"Cloud adalah sistem penyimpanan berbasis internet, dengan cloud alat telemarketing memiliki banyak kelebihan yang dapat meningkatkan penjualan"

Dalam dunia pemasaran yang terus berkembang, teknologi telah memainkan peran yang semakin penting. Salah satu teknologi yang telah merevolusi berbagai aspek bisnis adalah teknologi cloud. Cloud adalah suatu sistem penyimpanan berbasis internet yang dapat memungkinkan menyimpan berbagai data termasuk aplikasi. Dengan cloud akses menuju data atau suatu aplikasi akan menjadi mudah. Karena cloud memiliki sistem berbasis internet, penggunaannya pun akan menghemat biaya dan tidak memerlukan suatu hardware khusus tertentu.

Salah satu metode kampanye yang terbantu dan menjadi mudah karena keberadaan cloud adalah telemarketing. Telemarketing tentu membutuhkan suatu alat tertentu untuk melakukan kegiatannya, namun dengan menggunakan sistem cloud, agen telemarketing dapat mengubah yang awalnya memiliki ketergantungan terhadap suatu hardware tertentu saja, menjadi lebih fleksibel dan bisa menggunakan hardware apa saja. Karena dengan cloud, aplikasi telemarketing Anda dapat diakses dan diintegrasikan dengan hardware apa saja, asalkan ada internet. Karena hal ini, cloud juga memungkinkan agen bekerja dari mana saja, bahkan dalam praktiknya lebih fleksibel karena lebih skalabilitas dan hemat.

Apa itu Teknologi Cloud?

Teknologi cloud mengacu pada penggunaan server dan jaringan internet untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data daripada menggunakan server lokal atau perangkat keras fisik. Dalam teknologi ini, data dan aplikasi disimpan di server pusat yang dapat diakses melalui internet oleh pengguna. Teknologi cloud memungkinkan akses dan berbagi informasi secara efisien, dan ini juga berlaku dalam konteks telemarketing. Jika dalam konteks telemarketing, dengan begitu kegiatan telemarketing akan semakin mudah, murah, dan fleksibel.

Baca juga: 7 Cara Mengukur Keberhasilan Kampanye Telemarketing yang Tepat!

Keuntungan Telemarketing menggunakan Teknologi Cloud

  • Efisiensi Operasional

Penggunaan teknologi cloud dalam telemarketing menghasilkan efisiensi operasional yang tinggi. Tim telemarketing dapat mengakses data dan informasi dengan cepat, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi. Dengan begitu tidak ada waktu yang dibuang percuma dan kegiatan telemarketing dapat dilakukan dengan cepat.

  • Fleksibilitas Lokasi

Teknologi cloud memungkinkan tim telemarketing untuk bekerja dari berbagai lokasi. Mereka dapat mengakses data dan aplikasi telemarketing dari mana saja, asalkan terhubung ke internet. Dengan begitu agen telemarketing juga tidak bergantung pada sistem hardware tertentu seperti telepon konvensional yang harus diakses di kantor ataupun alat-alat lainnya yang tidak bisa diakses di luar kantor.

  • Penghematan Biaya

Penggunaan teknologi cloud mengurangi kebutuhan akan perangkat keras fisik dan pemeliharaan. Bisnis dapat menghemat biaya infrastruktur dan mengalokasikan sumber daya untuk hal lainnya, sehingga anggaran dapat difokuskan ke hal lain yang lebih membutuhkan.

Kelebihan Teknologi Cloud untuk Telemarketing

  • Akses Real-time

Teknologi cloud memungkinkan tim telemarketing untuk mengakses data panggilan secara real-time. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan yang cepat dan tepat berdasarkan informasi terbaru, sehingga hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

  • Keamanan Data

Data panggilan yang disimpan dalam cloud umumnya memiliki lapisan keamanan yang kuat. Teknologi enkripsi dan perlindungan data lainnya membantu menjaga informasi pelanggan tetap aman, hal ini menyebabkan kepercayaan pelanggan meningkat.

  • Peningkatan Responsivitas

Dengan akses mudah ke data dan informasi, tim telemarketing dapat menjadi lebih responsif terhadap panggilan pelanggan. Mereka dapat memberikan jawaban yang lebih cepat dan akurat atas pertanyaan atau kebutuhan pelanggan.

Kegunaan Teknologi Cloud untuk Telemarketing

1. Pelacakan Panggilan yang Efisien

Teknologi cloud memungkinkan pelacakan panggilan yang efisien dan akurat. Data panggilan dapat disimpan secara real-time dalam cloud dan diakses oleh tim telemarketing dari berbagai lokasi. Ini membantu dalam mengidentifikasi panggilan yang efektif dan mengoptimalkan strategi telemarketing.

2. Manajemen Data yang Lebih Baik

Dalam telemarketing, manajemen data adalah kunci. Teknologi cloud memungkinkan penyimpanan data yang terorganisir dan mudah diakses. Tim telemarketing dapat mengakses riwayat panggilan, preferensi pelanggan, dan catatan lainnya dengan cepat dan mudah.

3. Skalabilitas yang Lebih Tinggi

Dengan menggunakan teknologi cloud, bisnis dapat dengan mudah mengatur dan menyesuaikan kapasitas panggilan telemarketing sesuai dengan kebutuhan. Skalabilitas ini membantu bisnis untuk mengatasi lonjakan panggilan saat kampanye pemasaran atau promosi khusus.

4. Pengolahan Data yang Cepat

Teknologi cloud memungkinkan pengolahan data yang lebih cepat dan efisien. Data panggilan dapat dianalisis dengan cepat untuk mengidentifikasi tren dan pola yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi telemarketing.

5. Kolaborasi Tim yang Mudah

Dalam telemarketing, kolaborasi tim adalah kunci. Teknologi cloud memungkinkan anggota tim telemarketing untuk berbagi informasi dan catatan panggilan dengan mudah. Ini membantu dalam memastikan bahwa semua anggota tim memiliki akses ke informasi yang sama.

Baca juga: 7 Tips Gunakan Telemarketing untuk Kampanye Peluncuran Produk Baru

Rekomendasi alat Telemarketing Berbasis Cloud

Teknologi cloud telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek bisnis, termasuk telemarketing. Dari pelacakan panggilan hingga manajemen data, teknologi ini membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas upaya telemarketing. Keuntungan menggunakan teknologi cloud salah satunya adalah penghematan biaya. Kelebihan teknologi cloud mencakup berbagai macam hal, salah satu yang disebutkan di atas adalah responsivitas tim telemarketing, dengan begitu potensi keberhasilan telemarketing menjadi meningkat. Dengan memanfaatkan teknologi cloud secara optimal, bisnis dapat meraih hasil yang lebih baik dalam upaya telemarketing mereka.

Dari penjelasan-penjelasan di atas, tentu sudah cukup menggambarkan betapa pentingnya menggunakan alat telemarketing berbasis cloud. Namun, Anda juga harus memerhatikan teknologi yang akan Anda gunakan juga, tidak semua alat telemarketing berbasis cloud dapat diandalkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti kelengkapan fitur, keamanan, kemampuan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, antisipasi terhadap berbagai macam situasi buruk dapat teratasi, karena telemarketing termasuk salah satu cara berkampanye yang vital.

Untuk keandalan alat telemarketing berbasis cloud Anda dapat menggunakan Sociomile. Sociomile adalah alat yang dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan contact center yang dapat digunakan untuk telemarketing. Dengan Sociomile Anda dapat melakukan panggilan inbound maupun outbound, karena Sociomile berbasis cloud Anda dapat melakukan panggilan ataupun kegiatan-kegiatan telemarketing lainnya dari mana saja. Sociomile juga dapat mengintegrasikan 13 platform lainnya, dengan begitu Anda dapat memperlebar sayap kampanye Anda, ini juga dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan.

Untuk menghemat biaya pelatihan penggunaan alat, Sociomile dapat digunakan dengan mudah (user friendly), sehingga pelatihan penggunaan alat tidak perlu dengan waktu yang lama dan pelajaran yang rumit. Jika ada konsumen yang komplain, Sociomile dapat mengubahnya menjadi tiket tiket dengan fitur ticketing system, tak hanya itu tiket dapat dieskalasi dengan fitur escalation ticket, dengan begitu agen Anda dapat dengan mudah menghubungkan tiket dengan divisi yang sesuai dengan masalahnya untuk penyelesaian yang lebih cepat. Masih banyak fitur-fitur lainnya, jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait Sociomile, silakan hubungi tim Ivosights segera dan dapatkan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami