Tantangan Menggunakan IP Telephony untuk Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 01 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memang memiliki banyak keuntungan dan manfaat untuk banyak orang. Teknologi ini juga sangat memudahkan pebisnis untuk menjalankan usahanya"

Teknologi internet yang semakin berkembang saat ini tentu membuat banyak kalangan masyarakat menjadi lebih mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekolah dan kantor yang memanfaatkan internet sebagai sumber daya utama dalam menjalankan tugas bagi mahasiswa dan pekerja. Selain itu menggunakan internet juga menjadi misi untuk lebih menghemat waktu dan tenaga karena banyaknya waktu yang tersimpan jika menggunakan internet dengan baik. Salah satu bagian dari hebatnya perkembangan teknologi dan internet adalah umat manusia saat ini dapat melakukan panggilan telepon dan video dari jarak jauh tanpa perlu kesulitan dana dan alatnya. Pada zaman dahulu, orang menggunakan telepon konvensional untuk menelepon, tetapi alat tersebut tentu sudah tidak praktis lagi untuk digunakan pada saat ini. IP Telephony menjadi sarana teknologi yang pas untuk digunakan bagi berbagai macam institusi, termasuk bisnis.

Apa Itu IP Telephony?

IP Telephony adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video menggunakan jaringan internet. IP Telephony merupakan terobosan baru yang membuat banyak kemudahan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dalam jarak jauh.

Tanpa IP Telephony dan perkembangan internet saat ini, orang pada zaman dahulu menggunakan teknologi telepon konvensional yang tidak praktis dan sedikit sulit untuk digunakan dalam menghubungi orang-orang. Selain itu, telepon ini memiliki keterbatasan dalam menghubungi orang lain karena hanya dapat melakukan panggilan dengan satu orang saja. Dengan IP Telephony, kita dapat melakukan panggilan suara dan video tanpa memiliki keterbatasan. 

Banyaknya aplikasi-aplikasi pendukung juga membuat IP Telephony sangat disenangi dan dijadikan tempat utama dalam berkomunikasi dalam jarak jauh. IP Telephony juga membuat penggunanya merasakan waktu yang tak terbatas dalam menghubungi orang sekitar karena jaringan dan koneksi internet saat ini tidak memiliki batas waktu saat digunakan. Untuk itu, baik perusahaan dan masyarakat memanfaatkan keuntungan ini untuk bekerja maupun belajar secara daring karena sumber internet ini tidak terbatas. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

Tantangan Memakai IP Telephony untuk Bisnis

Namun, dalam prakteknya, kesempurnaan dan kemudahan yang dimiliki oleh IP Telephony tentu memiliki tantangannya tersendiri. Hal ini karena internet terkadang memiliki sedikit keterbatasan dalam hal sinyal dan jaringan. Bukan hanya untuk melakukan panggilan suara dan video, tantangan yang dihadapi juga dialami oleh bisnis ataupun perusahaan dalam menjalankan bisnis mereka. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasan beberapa tantangan dalam menggunakan IP Telephony untuk bisnis di bawah ini!

  • Bergantung pada Aliran Listrik

Telepon konvensional memiliki jaringan dan alirannya tersendiri. Hal ini memudahkan telepon tersebut agar tidak terlalu bergantung pada aliran listrik. Jika kamu perhatikan, telepon rumah yang kamu miliki masih akan tersambung dan kamu dapat membuat panggilan telepon meskipun terjadi pemadaman di daerah sekitar rumahmu. Hal ini karena telepon konvensional memiliki aliran yang berbeda dengan listrik dan internet yang ada di rumahmu.

Berbeda dengan layanan IP Telephony yang sangat bergantung pada keberadaan aliran listrik untuk tetap tersambung dan aktif. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena bisnis dan perusahaan harus tetap aktif dan internet harus selalu menyala terutama saat jam-jam kerja maupun ketika pebisnis sedang melakukan penjualan. Untuk itu, bergantung pada aliran listrik merupakan tantangan tersendiri bagi pebisnis yang menggunakan jaringan IP Telephony.

  • Suara Tidak Terlalu Jernih

Kamu pasti sering menyadari jika sedang melakukan panggilan telepon ataupun video melalui aplikasi yang menggunakan jaringan IP Telephony memiliki suara yang tidak terlalu jernih. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena kualitas dan kestabilan internet setiap orang berbeda-beda. Ini tentu menjadi tantangan lainnya terutama pada perusahaan yang menerapkan sistem remote yang membolehkan pekerja mereka untuk bekerja dari mana saja. 

Membuat online meeting menjadi salah satu tantangan karena suara yang tidak terlalu jernih akibat jaringan internet yang tidak stabil tentu membuat kualitas meeting menjadi sedikit menurun karena memungkinkan banyak karyawan yang ikut rapat harus mengulang beberapa kata agar terdengar jelas.

  • Memberatkan Jaringan

Coba perhatikan, apakah saat kamu melakukan meeting dengan karyawan lain menggunakan aplikasi semacam Webex ataupun Line seringkali membuat aplikasi lain menjadi lambat saat dibuka? Hal ini karena IP Telephony memiliki jaringan yang cukup berat sehingga memakai beberapa aplikasi bersamaan saat meeting membuat sedikit lemot sehingga ini adalah tantangan yang harus dihadapi oleh pebisnis. Namun, tantangan ini tentu dapat teratasi dengan membeli router wifi yang memiliki sinyal bagus sehingga masalah seperti ini tidak lagi sering terjadi. 

Baca Juga: Pentingnya IP Telephony untuk Perusahaan Asuransi

  • Bergantung pada Sinyal

Tidak jarang, saat kita melakukan meeting, ada banyak anggota rapat ataupun karyawan yang memiliki sinyal yang buruk dan video yang mereka tampilkan berubah menjadi freeze atau tidak bergerak. Sinyal di setiap tempat memiliki kualitas yang berbeda-beda sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis yang memakai jaringan IP Telephony.

  • Suara yang Terlambat

Delay pada suara seringkali menjadi penghambat suatu rapat berjalan dengan baik. Hal ini sering dijumpai dari aplikasi maupun jaringan yang menggunakan IP Telephony. Seperti yang telah dijelaskan di atas, koneksi dan jaringan internet orang menjadi satu patokan yang membuat lancar atau tidaknya suatu meeting atau panggilan suara.

Ingin memiliki jaringan Telephony yang berkualitas? Ivosights punya yang kamu inginkan! Kami memiliki service Sociomile yang akan memudahkan kamu untuk mendapatkan layanan Telephony yang terbaik. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami