Rekomendasi Softphone, Jenis IP Telephony untuk Work From Home

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Banyak aplikasi softphone dari jaringan IP Telephony yang sangat membantu kita dalam urusan pekerjaan untuk work from home. Simak rekomendasinya disini!"

IP Telephony merupakan salah satu terobosan paling baru dalam dunia komunikasi. Tanpa IP Telephony, kita tentu tidak akan bisa berkomunikasi melalui panggilan suara dan video. Fungsi ini membuat IP Telephony menjadi salah satu andalan masyarakat dalam melakukan work from home agar bisa tetap terhubung dengan pekerjaan. 

IP Telephony dan Manfaatnya untuk Bisnis

IP Telephony merupakan suatu teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video hanya dengan menggunakan internet. IP Telephony menjadi salah satu andalan bagi masyarakat untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh tanpa keterbatasan seperti jumlah orang yang akan di telepon dalam sebuah meeting.

Selain itu, dalam dunia bisnis, IP Telephony juga sangat diandalkan untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh untuk perkantoran. Karena tanpa IP Telephony, kita tentu tidak akan bisa melakukan work from home atau bekerja dari rumah. Banyak pihak yang sangat diuntungkan karena IP Telephony menjadi andalan untuk melakukan komunikasi lebih mudah jika dibandingkan dengan telepon konvensional. 

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

Perbandingan IP Telephony dan Telepon Konvensional untuk Bisnis

Siapa yang tidak mengenal telepon konvensional? Telepon jenis ini merupakan telepon yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan panggilan suara baik untuk pribadi maupun untuk perkantoran. Telepon konvensional juga sangat berguna untuk urusan bisnis seperti melakukan telesurvey dan lain-lain.

Namun, telepon konvensional memiliki keterbatasan yang saat ini sangat merugikan penggunanya. Telepon konvensional juga saat ini jarang digunakan dalam dunia perkantoran karena tidak seefektif memakai IP Telephony. Yuk, simak beberapa perbandingannya di bawah ini:

  • Biaya

Telepon konvensional memiliki biaya yang cukup mahal bagi perusahaan setiap bulannya. Hal ini karena telepon konvensional memiliki aliran dan kabel yang berbeda dari listrik dan internet yang membuatnya lebih sulit dan memiliki biaya operasional yang sedikit mahal. Selain itu, karena biaya yang cukup tinggi itulah yang membuat perusahaan harus  membatasi adanya panggilan telepon dan tentunya berdampak jika karyawan ingin berkomunikasi lebih lama dengan pelanggan.

Namun, dengan menggunakan IP Telephony, perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran karena IP Telephony memiliki biaya operasional yang tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan telepon konvensional.  Selain itu, menggunakan IP Telephony juga tidak membuat perusahaan harus membatasi komunikasi oleh agen perusahaan dengan pelanggan sehingga dapat dengan leluasa untuk melakukan perbincangan.

  • Keefektifan

Telepon konvensional membuat banyak keterbatasan untuk melakukan pekerjaan. Hal ini disebabkan telepon konvensional tidak terlalu efektif untuk melakukan komunikasi karena jaringan yang bisa digunakan hanya sebatas kabel dan saluran yang tersambung pada telepon konvensional tersebut.

Namun, dengan menggunakan IP Telephony, perusahaan dapat dengan mudah untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan dan tentunya lebih efektif karena IP Telephony memiliki jaringan yang lebih luas sehingga tidak terlalu terpaku dalam satu tempat saja. 

  • Jangkauan

Jika hanya mengandalkan telepon konvensional, pegawai perusahaan memiliki jangkauan yang terbatas untuk melakukan pekerjaannya. Hal ini karena telepon konvensional tidak bisa diandalkan dalam melakukan pekerjaan jarak jauh karena hanya memiliki jangkauan terbatas.

Berbeda dengan IP Telephony, jaringan yang satu ini membuat penggunanya bisa melakukan pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Pegawai perusahaan juga bisa melanjutkan pekerjaan mereka di rumah tanpa harus terpaku dengan jangkauan kantor sehingga bisa melanjutkan pekerjaan jauh lebih mudah.

Rekomendasi Aplikasi Softphone untuk Work From Home

Jika Anda belum tahu, IP Telephony memiliki beberapa jenis yang bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya. namun, para pekerja kantoran yang bekerja di rumah biasanya menggunakan softphone, yaitu jenis IP Telephony yang berbentuk aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini bisa diunduh di ponsel atau laptop yang Anda miliki sehingga komunikasi untuk pekerjaan bisa tetap berjalan lancar meskipun Anda berada di rumah. Berikut ini, kami akan merekomendasikan aplikasi softphone yang cocok untuk work from home:

  • Cisco Webex

Beberapa dari kita mungkin sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Cisco Webex merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan panggilan video dengan banyak orang melalui satu room saja. Aplikasi yang satu ini juga sangat berfungsi untuk berkomunikasi dari jarak jauh untuk melakukan pekerjaan kantoran karena memiliki banyak fitur yang bisa difungsikan untuk memperjelas komunikasi seperti papan tulis, chatbox, dan lain-lain.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

  • Zoom

Saat pandemi yang terjadi dalam beberapa tahun lalu, orang sangat bergantung pada aplikasi IP Telephony karena sangat memudahkan untuk melakukan pekerjaan dari jauh. Salah satu yang paling populer adalah aplikasi Zoom. Aplikasi yang satu ini sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan meeting dalam skala besar dan tentunya sangat berguna untuk urusan pekerjaan terutama untuk urusan komunikasi.

  • Skype

Sebelum adanya pandemi, orang sudah lebih lama mengetahui adanya aplikasi Skype. Aplikasi ini sangat berguna untuk melakukan komunikasi suara dan video dan bisa tersambung melalui nomor telepon yang tersimpan di kontak. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk melakukan pekerjaan yang dilakukan saat work from home karena memiliki fitur dan fungsi yang mudah digunakan.

IP Telephony sangat membuat banyak kemudahan untuk banyak urusan, salah satunya adalah untuk pekerjaan. Tanpa adanya IP Telephony, saat ini kita mungkin belum bisa beralih dari ketergantungan dengan telepon konvensional. Jika Anda menginginkan layanan IP Telephony untuk bisnis Anda, serahkan pada Ivosights! Kami akan membantu Anda untuk layanan IP Telephony agar bisnis yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar. Yuk, telepon call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami