Mengapa Kita Membutuhkan IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 28 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock

"Perkembangan zaman membuat orang semakin berpikir maju dan ingin segalanya dipermudah. Hal ini juga terlihat dalam teknologi internet IP Telephony. Simak penjelasannya di bawah ini"

Pada zaman dahulu, orang sulit untuk bertemu dan berkomunikasi dengan kerabat yang jaraknya jauh. Membutuhkan banyak waktu dan puluhan kilo untuk ditempuh jika ingin sekedar meluangkan waktu untuk bertemu. Namun, di zaman sekarang, di mana orang-orang sudah mampu berkomunikasi dan melewati keterbatasan, kita sudah tidak perlu memusingkan hal-hal seperti itu lagi karena adanya teknologi internet, salah satunya adalah IP Telephony. Saat ini, kita mungkin tidak menyadari keberadaan IP Telephony. Pasalnya, keberadaan teknologi yang satu ini seringkali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda pasti tidak asing lagi dengan aplikasi untuk berkirim pesan yang bervariasi, seperti WhatsApp, LINE, dan aplikasi-aplikasi pengirim pesan lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan teknologi jaringan IP Telephony yang membuat kita menjadi dapat berkomunikasi dengan banyak orang dari jarak jauh.

Penjelasan Tentang IP Telephony

IP Telephony adalah sebuah teknologi yang akan memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon dan video dari jarak jauh menggunakan internet. Teknologi yang satu ini membuat banyak perubahan yang memudahkan umat manusia dalam menjalankan kehidupan dan kesehariannya dalam berkomunikasi.

Selain itu, IP Telephony juga membuat kemudahan dalam setiap kondisi seperti halnya pada pandemi Covid-19, yang di mana saat itu orang-orang tidak dapat bertemu dengan kerabat terdekat karena pemerintah membuat keputusan bahwa masyarakat harus melakukan karantina dan jaga jarak. Adanya teknologi IP Telephony membuat kesulitan itu terlihat mudah untuk dijalani karena mendekatkan yang jauh dengan panggilan video serta suara.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

Alasan Mengapa Kita Membutuhkan IP Telephony

Selain untuk melakukan panggilan suara dan telepon, IP Telephony berguna untuk banyak bidang. Berikut ini kami akan membahas alasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Memudahkan Komunikasi

Adanya komunikasi yang terjalin antara manusia dan manusia yang lainnya dengan adanya IP Telephony membuat banyak kemudahan dalam melakukan percakapan singkat maupun meeting. Komunikasi ini terjalin karena IP Telephony dapat menghubungkan banyak pihak dalam satu waktu yang bersamaan.

  • Melanjutkan Bisnis

Tanpa adanya IP Telephony, aplikasi pengirim panggilan suara telepon dan video serta PABX IP yang berguna untuk perusahaan dalam melakukan panggilan telepon internal maupun eksternal yang diambil dari jaringan internet tidak akan ada. Untuk itu, bisnis pada zaman sekarang sangat membutuhkan IP Telephony agar tetap berjalan dan lancar.

  • Lebih Modern Dibandingkan Telepon Konvensional

Jika kita berputar pada masa lalu, orang-orang mengandalkan telepon konvensional yang hanya memiliki satu jaringan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, IP Telephony memiliki teknologi yang lebih modern yang dapat menyambungkan kita dengan orang lain melalui jaringan internet. Skala yang dimiliki oleh IP Telephony sangat besar sehingga mampu menjangkau banyak pihak di berbagai belahan dunia.

  • Lebih Aman 

Melalui internet, orang dapat melihat banyak aktivitas teman atau kerabat dekat secara spesifik. Namun, jangan khawatir, melalui IP Telephony, data dan keterangan kita menjadi jauh lebih aman karena semua yang kita lakukan mudah untuk dilacak dan jejaknya dapat dicari. 

  • Lebih Cepat

Untuk menghubungi orang lain, sedikit lebih sulit untuk dilakukan pada zaman dahulu. Orang harus menghubungi satu persatu oknum yang dituju sehingga tidak cepat dan praktis. Dengan menggunakan teknologi IP Telephony, masalah ini dapat teratasi.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

Bidang yang Membutuhkan IP Telephony

Banyak dari kita yang menyadari bahwa keberadaan IP Telephony sangat penting di kehidupan masyarakat. Terlebih, ada banyak bidang yang hadir dalam masyarakat sangat membutuhkan teknologi yang satu ini. Apa saja, ya, kira-kira? Berikut penjelasannya.

  • Bidang Pendidikan

Pendidikan adalah aspek terpenting suatu bangsa agar selalu menjadi yang terdepan dalam segala hal. Adanya pandemi Covid-19 membuat bidang pendidikan menjadi sedikit mundur karena mengharuskan seluruh kampus dan sekolah harus ditutup dan seluruh murid wajib melanjutkan pendidikan di rumah.

Tanpa adanya internet dan teknologi IP Telephony, bidang pendidikan tidak akan berjalan dan seluruh murid sekolah serta kampus akan kehilangan banyak materi karena hal ini. Adanya banyak aplikasi yang menggunakan teknologi IP Telephony, membuat kegiatan belajar-mengajar ini dapat terlaksana. Sekolah dan kampus biasanya menggunakan aplikasi Webex atau Google Meet yang dapat menampung banyak siswa dan mahasiswa sehingga membuat kegiatan menyalurkan materi berjalan dengan baik.

  • Bisnis dan Perusahaan

Bukan sebuah rahasia lagi jika banyak bisnis dan perusahaan yang bangkrut pada masa pandemi. Banyaknya toko, warung, bahkan tempat makan yang diharuskan tutup karena pemerintah menjalankan adanya karantina dan jaga jarak. Ini tentu akan sangat merugikan banyak pihak dan menurunkan keuntungan ekonomi negara.

Namun, adanya IP Telephony dapat membuat sedikit perbaikan yang membuat banyak orang dapat memperbaiki bahkan memulai bisnis mereka kembali. Adanya keuntungan memulai panggilan telepon dan video membuat banyak pihak bisa berkumpul dan berdiskusi tentang bisnis dan hal-hal penting lainnya melalui aplikasi panggilan suara.

  • Bidang Kesehatan

Ada banyak orang yang membutuhkan konsultasi dokter dari jarak jauh. Selain untuk menghemat biaya transportasi, konsultasi jarak jauh juga lebih praktis dan mudah. Bidang kesehatan mempraktikkan hal ini untuk konsultasi psikolog, psikiater, hingga konsultasi gejala penyakit ringan dan berat. Untuk itu, IP Telephony juga berguna dalam bidang kesehatan untuk masyarakat.

Komunikasi dari jarak jauh sudah bukan sesuatu yang mustahil pada zaman sekarang. Hal ini juga berkat keberadaan IP Telephony yang memudahkan kita untuk melakukan panggilan telepon dan video. Itulah beberapa penjelasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony serta bidang-bidang apa saja yang membutuhkan teknologi yang satu ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami