IP Telephony dan Perannya dalam Memajukan Komunikasi

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Kemajuan internet yang terjalin saat ini sangat memudahkan manusia dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi. Simak peran IP Telephony di sini"

Komunikasi yang terjalin saat ini dipengaruhi oleh keberadaan internet. Orang-orang lebih mudah saat ingin melakukan panggilan telepon maupun video yang kini tersambung hanya menggunakan internet. Selain itu, orang-orang juga dapat melihat berita dan mencarinya karena internet memiliki segala hal untuk di update. IP Telephony berperan dalam memajukan komunikasi antar manusia. Perkembangannya kini juga telah meluas secara global karena jaringan internet kini sudah dapat diakses dengan mudah oleh tempat-tempat terpencil yang dahulu sulit untuk dijangkau. Salah satu teknologi yang berperan besar dalam hal ini adalah adanya IP Telephony yang memiliki rol besar dalam keseharian kita menelepon dan melakukan panggilan video dengan orang lain.

Apa itu IP Telephony dan Cara Penerapannya

IP Telephony (Internet Protocol) adalah aspek komunikasi yang menggunakan internet untuk bertukar pesan suara, faks, dan jenis informasi lainnya melalui jaringan berbasis IP. Faktanya, itu adalah istilah khusus teknologi yang memenuhi kebutuhan kebutuhan komunikasi cerdas saat ini.

Secara tradisional, ini dibawa melalui Public Switched Telephone Network (PSTN) dan berdasarkan koneksi circuit-switched khusus. Namun, IP telephony menyederhanakannya dan mengalirkan informasi dalam bentuk paket melalui internet atau LAN (Local Area Network), melewati tantangan PSTN. Sederhananya, ini adalah infrastruktur jaringan tunggal yang memfasilitasi solusi suara dan data.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

Lantas, bagaimana cara menentukan model penerapan IP Telephony? Yang pertama, Anda harus memilih model penyebaran terbaik yang akan sejalan dengan kebutuhan dan jaringan Anda. Hanya dengan begitu, Anda akan baik-baik saja dengan IP Telephony Anda berfungsi. Karena, setelah Anda memilih model yang tepat, itu akan mendukung pertumbuhan suara dan data saat ini dan di masa depan. Anda dapat melihat berbagai model penerapan IP Telephony di sini dan memilih yang sesuai dengan ketentuan Anda.

Selama penyebaran, Anda mungkin menghadapi banyak rintangan. Namun, pilihan model andal Anda akan menghapus masalah ini dalam waktu singkat. Selain itu, pemilihan model stabil saat ini akan mempercepat pengiriman suara dan data lainnya di dalam dan di luar perusahaan Anda secara lebih efisien. 

Peran IP Telephony dalam  Memajukan Komunikasi

  • Membuat Kontak dengan Orang Lain Lebih Mudah

Pada zaman dahulu, orang-orang sulit untuk melakukan kontak dengan orang lain yang ada di tempat yang jauh. Mereka memerlukan usaha dan tenaga yang cukup besar seperti harus berkendara dalam jangka waktu yang lama. Hal itu tentu membuat banyak orang kesulitan jika ingin bertemu dengan kerabat atau orang terdekat. Terlebih, tidak semua orang dapat melakukannya karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Untuk itu, dengan adanya IP Telephony, orang lebih mudah untuk membuat kontak dengan orang-orang tersayang tanpa harus berjalan jauh lagi seperti dahulu. Orang dapat dengan mudah mengunduh aplikasi untuk melakukan panggilan telepon maupun video dan menghubungkannya dengan nomor telepon orang-orang terdekat. Belum lagi, adanya teknologi yang juga membuat mereka dapat bertukar pesan yang lebih mudah dengan beragam ekspresi di dalamnya.

  • Dapat Membuat Keputusan dari Jarak Jauh

Sebelum adanya IP Telephony, orang-orang harus membuat keputusan dengan cara yang ribet. Dalam suatu pemerintahan maupun organisasi, menunggu dan mengumpulkan anggota-anggota di dalamnya membutuhkan tenaga dan usaha yang luar biasa, belum lagi jarak yang ditempuh juga sangat jauh hanya untuk berkunjung ke suatu tempat.

Tidak perlu khawatir lagi karena IP Telephony memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dari jarak jauh tanpa harus berkunjung dari jauh. Adanya teknologi panggilan suara dan video membuat semua orang yang terlibat dapat membuat atau bahkan mendengarkan keputusan dari jarak jauh. Sangat memudahkan, bukan?

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

  • Menyelesaikan Masalah dari Jarak Jauh

Bukan sebuah rahasia lagi jika pada awal terjadinya pandemi Covid-19 membuat banyak anggota dari agensi dan pemerintahan kebingungan untuk menyelesaikan masalah karena adanya larangan bepergian dan bersentuhan. Jabatan tangan membuat hal ini sangat asing dan ada banyak masalah internal yang harus diselesaikan secepatnya. Intinya, keberadaan pandemi membuat segala situasi memburuk.

Namun, IP Telephony membuat hal ini tidak lagi menjadi masalah besar. Adanya banyak aplikasi yang hanya menggunakan internet dapat membuat Anda terhubung dengan menggunakan audio dan panggilan suara membuat kegiatan negosiasi maupun penyelesaian masalah dapat teratasi dengan baik dari jarak jauh. 

  • Tidak Memerlukan Biaya yang Besar

Adanya IP Telephony tentu membuat penekanan biaya dapat dijalankan dengan mudah. Internet saat ini memiliki beragam harga dan biaya untuk setiap paket yang dibutuhkan oleh masing-masih dari kita. Selain itu, menggunakan internet juga jauh lebih murah untuk melakukan komunikasi jika dibandingkan dengan membuat panggilan telepon dengan telepon konvensional.

Aplikasi yang digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan video juga banyak yang tidak memerlukan biaya. Orang dapat dengan mudah mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut dan mendaftarkan diri tanpa perlu melakukan pembayaran. Untuk itu, menggunakan IP Telephony tidak memerlukan biaya yang besar jika dibandingkan dengan telepon konvensional.

Keberadaan IP Telephony dalam kehidupan manusia membuat banyak perubahan yang positif, terutama untuk memajukan komunikasi antar manusia. IP Telephony juga sangat membantu untuk mengatasi banyak masalah seperti dapat melakukan negosiasi atau cara-cara lain dari jarak jauh. Itulah beberapa penjelasan IP Telephony dan perannya dalam memajukan komunikasi.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami