Pahami Perbedaan Telesales dan Telesurvey Agar Anda Tidak Keliru

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 24 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Meski terdengar mirip, telesales dan telesurvey memiliki perbedaan. Kenali perbedaan keduanya di sini agar Anda tidak salah!"

Dalam dunia bisnis, panggilan telepon masih menjadi salah satu hal yang paling efektif untuk menarik calon pelanggan dan meningkatkan penjualan. Terdapat dua konsep yang sering kali dikaitkan dengan penggunaan panggilan telepon sebagai cara untuk meningkatkan penjualan, yakni telesales dan telesurvey. Walaupun keduanya melibatkan panggilan telepon dalam prosesnya, terdapat perbedaan signifikan yang harus Anda ketahui, mulai dari pendekatan hingga tujuan dari proses itu dilakukan. Agar anda tidak keliru dengan dua konsep ini, yakni telesales dan telesurvey, simak penjelasan di bawah ini!

Definisi Telesales dan Telesurvey

Telesales merupakan proses menjual produk atau layanan melalui panggilan telepon. Dalam kata lain, fokus utama dari telesales adalah untuk meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan transaksi produk atau layanan yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Sedangkan telesurvey, seperti namanya, telesurvey merupakan proses pengumpulan data atau umpan balik yang dilakukan melalui panggilan telepon. Dalam telesurvey, fokus utamanya terletak pada informasi atau tanggapan yang diberikan oleh responden terkait topik tertentu kepada perusahaan.

Tujuan Telesales dan Telesurvey

  • Tujuan Telesales

Sesuai dengan definisi dari telesales yang telah dirangkum di atas, tujuan utama dari telesales adalah untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menawarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan. Agen telesales atau yang biasa disebut dengan telemarketer berupaya semaksimal mungkin untuk meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang perusahaan tawarkan dengan cara menjelaskan produknya secara komprehensif, memberikan penawaran khusus, serta menunjukkan bagaimana produknya dapat memenuhi kebutuhan dari calon pelanggan. Selain itu, telemarketer juga menanggapi keluhan pelanggan dengan baik dan menindaklanjuti secara aktif terkait keputusan pembelian yang dilakukan oleh calon pelanggan.

  • Tujuan Telesurvey

Beda halnya dengan telesales, telesurvey memiliki tujuan untuk mengumpulkan data yang relevan dan mewakili pandangan, pendapat, atau perilaku responden. Biasanya, telesurvey digunakan ketika perusahaan sedang melakukan riset pasar, survei opini, menganalisis kepuasan pelanggan, ataupun tujuan lain yang ada kaitannya dengan pengumpulan informasi. Dalam kata lain, Anda dapat melakukan telesurvey tepatnya untuk mengumpulkan informasi yang nantinya dibutuhkan untuk menciptakan prospek pelanggan terkait produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Tahapan Pelaksanaan Telesales dan Telesurvey

Telesales memiliki tahapan pelaksanaan yang berbeda dengan telesurvey, berikut ini adalah tahapan pelaksanaan telesales:

  • Identifikasi Prospek

Biasanya, tahapan awal dari telesales dimulai dari para telemarketer yang mencoba untuk mengidentifikasi calon pelanggan yang sekiranya potensial dan sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Pendekatan dan Presentasi

Selanjutnya, telemarketer mulai memperkenalkan produk atau layanan yang ditawarkan kepada calon pelanggan yang telah terhubung melalui panggilan telepon. Dalam tahap ini, telemarketer juga menjelaskan manfaat dari produknya serta memberikan penawaran kepada calon pelanggan.

  • Mengatasi Penolakan

Apabila calon pelanggan memiliki pertanyaan yang cenderung berujung pada keberatan dan penolakan, seorang telemarketer harus bisa memberikan penjelasan yang meyakinkan dan tetap menanggapinya secara profesional.

  • Penutupan Penjualan

​​​​​​​Tujuan akhir dari telesales adalah untuk mendapatkan komitmen dari calon pelanggan agar mereka melakukan pembelian terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, penutupan penjualan menjadi tahapan akhir dari telesales.

Baca Juga: Telesurvey: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Berbeda dengan telesales, telesurvey memiliki tahapan sebagai berikut:

  • Penentuan Pertanyaan

Tahapan awal pada telesurvey adalah penentuan pertanyaan yang dilakukan oleh perusahaan yang nantinya akan diajukan kepada calon pelanggan sebagai responden dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan.

  • Pendekatan dan Wawancara

Setelah menentukan pertanyaan, perusahaan melakukan panggilan telepon kepada responden dan mengajukan pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya.

  • Merekam Tanggapan

Ketika wawancara melalui panggilan telepon sudah selesai dan semua pertanyaan telah dijawab oleh responden, maka perusahaan perlu mencatat dan merekam tanggapan dari responden tersebut.

  • Analisis Data

Data yang didapatkan dari hasil jawaban responden kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai alat untuk mengidentifikasi tren atau pola yang relevan dengan segmentasi pasar dari produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Pentingnya Menerapkan Dua Konsep Komunikasi Melalui Telepon dalam Bisnis

Dalam dunia yang semakin terhubung dengan cepat dan panggilan telepon menjadi salah satu alat komunikasi yang paling efektif, telesales dan telesurvey juga kelamaan akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Menyikapi hal tersebut, maka kedua konsep komunikasi ini menjadi suatu hal yang cukup krusial agar Anda dapat meningkatkan penjualan dari produk atau layanan Anda miliki. Meskipun alat komunikasi yang digunakan memiliki kesamaan, yaitu melalui panggilan telepon, telesales dan telesurvey memiliki tujuan yang berbeda sedari awal, di mana telesales bertujuan untuk menghubungkan produk dengan calon pelanggan yang potensial, sedangkan telesurvey bertujuan untuk mengumpulkan data dan umpan balik dari responden.

Dapat dikatakan bahwa sebelum Anda ingin melakukan telesales, Anda perlu mengukur segmentasi pasar dan tren yang relevan dengan telesurvey terlebih dahulu. Akan tetapi, apabila Anda kesulitan untuk melakukan telesales, Ivosights memiliki platform menarik yang dapat Anda manfaatkan. Perkenalkan, Sociomile, platform khusus customer service besutan Ivosights yang memiliki banyak keunggulan dan dapat memudahkan Anda dalam menghubungi calon pelanggan potensial untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jika Anda tertarik, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami