Inilah Customer Service Training yang Tepat Bagi Perusahaan

Sociomile | Kamis, 08 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

Customer Service Training sangat penting jika Anda ingin mempertahankan pelanggan untuk jangka panjang, mengurangi turn over karyawan, dan menciptakan perusahaan yang berfokus pada pelanggan yang sukses. Tetapi bagaimana Anda mulai melatih customer service Anda untuk memberikan dukungan yang luar biasa?

Apa Itu Customer Service Training

Customer Service Training adalah pelatihan yang diterima karyawan dengan tujuan meningkatkan dukungan dan kepuasan di antara pelanggan. Program Customer Service Training yang kuat mencakup latihan untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi, pengetahuan produk, resolusi konflik, manajemen krisis, dan masih banyak lagi.

Ini adalah proses berulang yang melibatkan keterampilan mengajar, kompetensi, dan alat yang diperlukan untuk melayani pelanggan dengan lebih baik sehingga mereka memperoleh nilai lebih dari produk dan layanan.

Setiap karyawan yang berinteraksi dan berhubungan dengan pelanggan memenuhi syarat untuk Customer Service Training. Dan mengingat bagaimana pelanggan Anda adalah peluang pertumbuhan terbaik Anda, setiap karyawan harus bekerja keras untuk membuat mereka senang baik dari posisi marketer, asisten eksekutif, atau customer service. Saat ini, tim yang menghadapi pelanggan diberi label banyak hal yang berbeda: dukungan pelanggan, kesuksesan pelanggan, atau customer service.

Apakah Itu Customer Service Training Penting?

Sebagai pembeli, pengalaman apa dengan perusahaan yang lebih menonjol bagi Anda — taktik marketing mereka, atau customer service mereka? Kemungkinan besar yang terakhir. Customer service adalah kesempatan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan, memecahkan masalah, dan menunjukkan bahwa mereka peduli. Dan ketika customer service dijalankan dengan baik, itu dapat beresonansi dengan pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Itulah mengapa melatih tim customer service Anda sama pentingnya  seperti melatih tim marketing atau sales. Customer Experience adalah hal yang melekat pada pelanggan Anda dan menginspirasi ulasan dan iklan dari mulut ke mulut. Berikut adalah beberapa alasan Anda harus berinvestasi dalam program Customer Service Training.

#1 Pelanggan yang senang menjadi brand support

Bukan hal yang aneh bagi bisnis untuk melihat tim customer service mereka sebagai renungan. Setelah konsumen menjadi pelanggan dan membayar produk atau layanan Anda, kerja keras selesai, bukan? Salah ... oh, sangat salah.

Pelanggan yang senang dan gembira datang dari layanan terbaik dan merupakan pendukung terbaik Anda — bahkan lebih baik daripada marketing Anda yang paling berbakat. Mereka adalah taruhan utama Anda untuk mendatangkan bisnis baru, dan karena itu, tim customer service perlu memberikan harapan pelanggan Anda yang sudah tinggi.

#2 Customer service yang luar biasa adalah keunggulan kompetitif

Memberikan customer service yang sangat baik yang memudahkan pelanggan untuk memilih Anda daripada brand dan layanan lain. Data tersebut diambil dari riset yang menunjukan bahwa: 3 dari 5 pelanggan akan meninggalkan bisnis Anda setelah satu pengalaman buruk. Dan setelah dua pengalaman buruk, angka itu melonjak menjadi 3 dari 4 pelanggan.

Itulah mengapa memberikan customer service terbaik dan melatih karyawan Anda untuk menyediakan layanan itu sangat penting untuk mendapatkan keunggulan atas pesaing Anda dan menjadikan diri Anda pilihan alami ketika pelanggan mencari produk dan layanan di ceruk pasar Anda.

#3 Customer service yang hebat meningkatkan retensi

customer service adalah pemain kunci dalam permainan retensi pelanggan. Pikirkan tentang itu. Jika pelanggan memiliki pertanyaan mendesak tentang produk Anda dan menghubungi tim customer service Anda, menurut Anda apa yang akan membuat mereka senang dan bersedia bertahan? Tanggapan email, atau jawaban yang diteliti dengan baik yang dikirim dari customer service yang didedikasikan untuk kesuksesan mereka? Mungkin yang terakhir.

Lebih baik lagi, pelanggan ini mungkin 1) puas dengan interaksi mereka dengan perusahaan dan tim customer service Anda dan 2) terus mempromosikan bisnis Anda sebagai satu dengan produk dan layanan hebat. Betapa hebatnya itu? Itulah mengapa Customer Service Training sangat penting. Anda melatih karyawan Anda untuk berurusan dengan beberapa orang terpenting dalam hidup Anda — pelanggan Anda.

Skill Basic Customer Service Training

  • Keterampilan Interpersonal: Customer service harus bersikap positif dan berempati saat berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Clear Communicator: Customer service harus dapat menjelaskan konsep kompleks secara ringkas kepada pelanggan.
  • Ketegasan dan Keterusterangan: Customer service harus percaya diri saat berinteraksi dengan pelanggan.
  • Fitur Produk dan Pengetahuan Aplikasi: Customer service harus mengetahui produk di dalam dan luar.
  • Keterampilan Manajemen Krisis: Customer service harus tahu bagaimana menangani situasi negatif secara efektif.
  • Keterampilan Membangun Tim dan Persahabatan: Tim customer service harus memiliki rasa kebersamaan yang kuat untuk meningkatkan retensi karyawan.
  • Advokasi Pelanggan dan Keterampilan Sukses: Customer service harus mampu memenangkan pelanggan mereka.
  • Keterampilan Resolusi Konflik: Customer service harus tahu bagaimana mengurangi situasi negatif dengan pelanggan.

Membuat customer service Anda mempelajari dasar-dasar customer service dan soft skill berikut akan membuat semua perbedaan dalam pertumbuhan perusahaan Anda. Karyawan Anda menghadapi pelanggan setiap hari. Pelanggan akan menilai bisnis Anda berdasarkan interaksi mereka dengan orang-orang Anda dan perilaku customer serviceAnda. Hanya dengan pelatihan menyeluruh di area ini, customer service Anda dapat menangani masalah pelanggan dengan percaya diri dan mengubah pelanggan yang marah menjadi pelanggan yang puas. Sekarang mari selami setiap dasar customer service dan soft skill yang dibutuhkan customer service untuk berhasil dalam peran mereka.

Kesimpulan

Customer service training adalah hal yang harus diimplementasikan dengan baik untuk kedepannya. Pastinnya dengan keberadaan customer service training. Perusahaan Anda akan lebih mudah untuk melakukan approaching kepada pelanggan. Sociomile dari Ivosights adalah solusi untuk perusahaan Anda untuk melatih customer service secara meluas. Dengan pelatihan serta tools yang diberikan mampu untuk menunjang customer service training secara mendalam. Ingin mengetahui lebih lanjut?

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.