Ide Desain Agar Annual Report Anda Tampil Lebih Menarik

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Desain annual report yang bagus dan mudah dipahami mampu menarik perhatian investor baru dan memanjakan para investor lama"

Laporan tahunan atau yang biasa dikenal sebagai annual report merupakan laporan perkembangan suatu perusahaan selama satu tahun kebelakang. Biasanya, annual report ditujukan oleh perusahaan kepada publik. Tujuannya adalah untuk menarik minat investor baru melalui capaian keberhasilan mereka selama satu tahun terakhir dan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada investor yang sudah ada.

Annual report menjadi jembatan komunikasi antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal perusahaan. Sebab, selama perusahaan menjalankan kegiatan bisnis atau operasionalnya, para pihak eksternal, termasuk investor tidak terlibat langsung dalam pengambilan keputusan.

Annual report biasanya memuat beberapa hal terkait dengan informasi penting perusahaan. Misalnya, profil perusahaan, laporan dan analisis manajemen, tata kelola perusahaan dan yang paling penting dan utama adalah laporan keuangan. Untuk membuat annual report yang mampu menarik perhatian investor baru dan memanjakan para investor lama, maka harus didesain semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian agar dibaca oleh khalayak yang merupakan target calon investor potensial. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam desain annual report agar tampak lebih menarik dan mudah dipahami.

Hal-hal yang Harus Ada Dalam Desain Annual Report

Annual report yang baik hendaknya disusun dengan cara yang efektif dan tepat agar dapat dipahami oleh publik. Guna annual report tersusun secara baik dan sistematis serta dapat menyampaikan maksud yang efektif melalui desain yang tepat, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam desain annual report.

  • Tema

Pemilihan tema merupakan poin penting dari sebuah annual report. Hindari menggunakan tema dan cover yang sama setiap tahunnya untuk meminimalisasi kebosanan. Ciptakan suasana yang dinamis dengan mengganti tema setiap tahunnya.

  • Kesesuaian Desain

Desain yang menarik juga harus memperhatikan pemilihan font, penempatan kata-demi kata, serta ukuran dan warnanya.

  • Komposisi Warna

Warna pada buku harus disesuaikan dengan tema dan ciri khas perusahaan. Kita tidak boleh sembarangan dalam memilih warna yang akan dipadu-padankan.

  • Tata Letak Gambar dan Tulisan

Tata letak tulisan dan gambar haruslah ideal sehingga enak dilihat dan dimengerti para pembaca.

  • Konsisten dengan Isi Laporan

Pastikan bahwa isi dari laporan tahunan tidak berlawanan dengan desain. Dan laporan ini juga harus sesuai dengan laporan keuangan perusahaan.

Inspirasi Desain Annual Report

Membuat laporan keuangan perusahaan selama satu tahun memerlukan strategi khusus supaya mudah dimengerti oleh pihak internal seperti karyawan maupun pihak eksternal seperti investor. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar annual report dapat dipahami dan menarik untuk publik adalah dengan menuangkan ide yang maksimal dalam desain annual report. Berikut ini adalah contoh desain yang bisa menambah inspirasi penyusun annual report:

  • Annual Report with Flat Design

Flat design banyak digemari karena konsepnya yang minimalist. Flat design berfokus hanya pada pemilihan warna cerah yang dipadukan dengan gambar ilustrasi.

  • Annual Report with Collage of Photos

Penggunaan teknik kolase foto untuk bagian desain annual report seringkali dipilih untuk menonjolkan hasil kinerja maupun kegiatan perusahaan.

  • Annual Report with Isometric Art Design

Isometric art design menyusun tema yang modern namun tetap menonjolkan sisi artistik.

  • Annual Report with Duotone Design

Duotone menampilkan efek gradasi antara warna gelap dan terang yang memberikan kesan sederhana dan elegan pada desain annual report.

  • Annual Report with Abstract Shape Design

Ini adalah konsep abstrak. Design tersebut bergantung pada kita yang mahir dalam memadukan warna dan bentuk.

Mari Susun Annual Report yang Insightful Bersama Kami!

Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Kami akan membantu Anda dalam menyusun annual report dengan berbagai dukungan layanan kami yang berbasis Big Data, sehingga tidak diragukan lagi otentisitasnya untuk digunakan sebagai dasar bagi Anda untuk menyusun annual report yang menarik perhatian calon investor baru maupun mempertahankan investor yang sudah ada.

Mulai dari monitoring percakapan di berbagai channel digital melalui layanan Ripple10 yang dapat membantu Anda untuk menjaga reputasi perusahaan atau brand dari isu negatif yang berpotensi viral hingga mengetahui aktivitas digital kompetior dapat Anda lakukan bersama Ivosights.

Ssst… Anda juga dapat menggunakan layanan comprehensive analytic untuk mendapatkan hasil analisis mendalam dari berbagai sumber untuk mendapatkan insights tersembunyi mengenai konsumen yang menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda, seperti percakapan digital, pasar e-commerce, media sosial, dan bahkan struk belanja pelanggan.

Ivosights siap membantu Anda untuk lebih mengerti perilaku konsumen dan pasar. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah menjalankan bisnis dan menyusun annual report yang lebih menarik dan ‘kaya’ akan informasi yang bisa menarik lebih banyak investor, dan tentunya memanjakan investor yang sudah ada dengan annual report yang memuaskan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami