Hati-Hati Salah Pilih Layanan BPO. Berikut Tanda-tandanya!

BPO Contact Center | Jumat, 16 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.

Efisiensi, produktivitas dan pendapatan menjadi hal utama yang diinginkan saat menjalankan sebuah bisnis. Guna meningkatkan hal tersebut, tidak jarang sebuah bisnis akan mempertimbangkan layanan BPO agar mereka lebih fokus pada bisnis utamanya. Namun, apakah penyedia layanan BPO yang dipilih sudah cocok dengan perusahaan Anda? Berikut ini tanda-tanda yang perlu Anda ketahui agar tidak salah memilih perusahaan BPO.

#1 Tingkat Turnover Tinggi

Meningkatnya turnover menjadi salah satu tanda Anda memilih mitra yang tidak sehat. Ini menandakan lingkungan kerja atau kebijakan ketenagakerjaan sedang dalam kondisi buruk. Tingkat turnover akan berdampak pada kinerja perusahaan, karena banyak waktu yang terbuang hanya karena adaptasi karyawan baru secara terus-menerus. Perusahaan BPO seperti ini biasanya kurang berpengalaman.

#2  Komunikasi Tidak Jelas

Komunikasi adalah hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika komunikasi Anda dengan perusahaan BPO kurang bagus, maka akan sulit untuk membina hubungan bisnis jangka panjang yang terpercaya serta memiliki nilai tinggi. Begitupun sebaliknya, jika komunikasi berjalan dengan baik akan meminimalisasi inkonsistensi dan asumsi.

#3 Kepuasan Klien Menurun

Semakin baik pelayanan yang diberikan, makan semakin loyal pelanggan Anda. Namun sebaliknya, ketika kepuasan menurun menandakan ada masalah dengan perusahaan BPO Anda. Kemungkinan, ada masalah dalam menangani pelanggan.

#4 Kinerja Keuangan Memburuk

Periksalah catatan keuangan perusahaan mitra Anda. Catatan keuangan bisa menjadi indikator utama untuk mengetahui bagaimana sebuah perusahaan mengelola sumber daya mereka. Bila kinerja keuangan mereka cenderung buruk, maka hindarilah. Pasalnya, perusahaan BPO merupakan bagian dari liabilitas perusahaan, sehingga akan berdampak pada kemajuan bisnis di masa yang akan datang.

#5 Kerap Mengadakan Meeting

Salah satu tujuan perusahaan Anda menggunakan layanan BPO adalah agar dapat fokus pada core bisnis utama. Ketika perusahaan penyedia BPO kerap mengajak Anda meeting koordinasi untuk setiap pekerjaan agen, itu tandanya perusahaan mitra Anda kesulitan mengerjakan proyek yang Anda bebankan kepada mereka.

#6 Bermasalah dalam kehadiran

Sumber daya manusia menjadi salah satu keuntungan saat Anda menggunakan jasa penyedia BPO, namun saat hal tersebut justru jarang datang atau sering absen, hal ini dapat menjadi masalah besar. Masalah ini biasanya disebabkan oleh lokasi kantor perusahaan BPO yang sulit dijangkau agen atau mungkin manajemen sistem kerja remote yang buruk. Bahkan, kekurang sumber daya manusia akan menyebabkan terhambatnya penyelesaian proyek.

Melihat tanda-tanda seperti dijelaskan di atas? Kemungkinan besar ada masalah dalam pemilihan penyedia layanan BPO. Untuk itu, segeralah beralih ke penyedia layanan BPO terpercaya dan terbukti berpengalaman seperti Sociomile dari Ivosights.  

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.