Google My Business untuk SEO Artikel: Beyond the Basics!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 14 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Google My Business.
Ket. Foto: Ilustrasi - Google My Business.

"Apa benar Google My Business mampu meningkatkan performa dan kualitas SEO artikel? Simak selengkapnya di bawah ini!"

Apakah bisnis Anda sudah tampil maksimal di hasil pencarian Google? Di era yang serba modern dan di tengah persaingan digital yang semakin ketat ini, memiliki informasi bisnis yang akurat dan mudah diakses di Google bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan suatu perusahaan atau seorang pebisnis. Namun, apakah hanya dengan sign-up Google My Business sudah cukup? Tentu tidak. Anda bisa memulai dengan membuat SEO artikel untuk kebutuhan situs web perusahaan Anda. Dengan itu, mari pelajari strategi lanjutannya dalam Google My Business untuk SEO artikel dan buat bisnis Anda lebih menonjol di antara pesaing!

Pelajari Lebih Dalam Tentang Google My Business

Google My Business  atau disingkat sebagai GMB ini adalah sebuah platform atau media gratis yang dikembangkan oleh Google untuk membantu bisnis atau organisasi dalam mengelola dan meningkatkan kehadiran online mereka, terutama pada hasil pencarian Google. Dengan Google My Business, bisnis dapat membangun profil digital yang mencakup berbagai informasi penting perusahaan Anda, seperti nama usaha, alamat, nomor telepon, jam operasional, hingga kategori layanan atau produk yang ditawarkan atau pasarkan perusahaan Anda. Tentunya, mengoptimalkan GMB menjadi penting untuk strategi SEO artikel lokal karena profil bisnis ini memiliki peluang lebih besar muncul di halaman pertama hasil pencarian ketika pengguna mencari bisnis dengan kata kunci lokal. Sebelum masuk lebih dalam, ada baiknya pahami terlebih dahulu mengenai SEO di bawah ini.

SEO (Search Engine Optimization) Artikel itu Apa?

Jadi, SEO artikel itu apa? SEO atau search engine optimization ini ialah sebuah strategi atau teknik yang banyak individu hingga kelompok organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan visibilitas sebuah artikel di mesin pencari, Google. Artikel SEO berfokus pada beberapa aspek, termasuk pemilihan kata kunci yang tepat, pengaturan struktur konten, penggunaan meta deskripsi yang menarik, serta optimasi pada elemen gambar dan tautan. Di sinilah Google My Business bekerja untuk meningkatkan visibilitas SEO artikel. Dengan banyaknya fitur yang diberikan Google My Business, tentunya mengoptimalkan SEO artikel menjadi cukup mudah. Namun, apakah Anda sudah tahu bahwa SEO artikel memiliki beberapa jenis, seperti di bawah ini:

  • SEO on-page

SEO artikel on-page jenis ini ialah suatu proses mengoptimalkan konten atau isi artikel hingga konten situs web yang bertujuan untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari, Google. Ini mencakup semua aspek teknis dan konten di dalam halaman yang dapat diubah atau disesuaikan agar lebih mudah terbaca dan relevan bagi mesin pencari serta menarik bagi pembaca.

  • SEO off-page

Berbeda dengan SEO on-page, yang berfokus pada elemen-elemen di dalam artikel atau situs web, seperti keyword dan optimasi gambar. SEO off-page lebih mengutamakan kegiatan di luar situs itu sendiri, seperti membangun backlink, membangun reputasi situs, dan meningkatkan otoritas konten artikel.

  • SEO teknis

SEO artikel teknis adalah jenis artikel yang berfokus pada aspek-aspek teknis dari optimasi mesin pencari. Artikel SEO teknis mencakup elemen-elemen yang mendukung performa dan struktur teknis situs, sehingga memudahkan mesin pencari dalam memahami dan mengindeks konten secara efektif.

  • SEO lokal

SEO lokal ini ialah bagaimana bisnis atau situs artikel web Anda menargetkan audiens di wilayah tertentu seperti kota, provinsi, atau negara. SEO artikel lokal ini membantu agar konten artikel Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang berada di area tersebut. Dan semua jenis SEO artikel ini bisa dioptimalkan dengan bantuan Google My Business. Kira-kira seperti apa cara menggunakan Google My Business untuk SEO artikel itu?

Baca Juga: Google My Business: Solusi Efektif Bagi Usaha Kecil dan Menengah 

Cara Menggunakan Google My Business untuk SEO

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda atau perusahaan Anda ikuti dalam mengoptimalkan SEO artikel atau konten di situs web menggunakan Google My Business. Simak semuanya di bawah ini!

  • Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Menggunakan Google My Business untuk kepentingan SEO sepatutnya untuk menyertakan kata kunci yang relevan dengan fokus atau tujuan perusahaan Anda. Anda dapat menempatkan kata kunci tersebut dalam bagian deskripsi, balasan terhadap ulasan pelanggan, jawaban atas pertanyaan yang diajukan, serta dalam konten yang Anda publikasikan, atau artikel itu sendiri. 

  • Pertahankan Kualitas Informasi

Kualitas informasi pada SEO artikel perusahaan Anda sangat berpengaruh terhadap peringkat atau munculnya konten artikel Anda di halaman pencarian Google. Oleh karena itu penting untuk mengisi semua bagian yang diminta di dasbor Google My Business Anda. Terutama, pastikan informasi kontak, jam operasional khusus, dan atribut lainnya diisi dengan benar.

  • Berikan Informasi yang Akurat

Google My Business memainkan peran penting dalam SEO artikel karena mempengaruhi aspek kepercayaan dalam algoritma Google. Jadi, penting untuk selalu memperbarui dan memastikan bahwa informasi yang diberikan atau di-publish oleh perusahaan Anda akurat sejalan dengan perkembangan yang terjadi. 

Sociomile by Ivosights: Peran Google My Business untuk SEO Artikel Lebih Optimal!

Dengan menggunakan Sociomile dari Ivosights, Anda dapat memanfaatkan Google My Business secara optimal untuk meningkatkan visibilitas online dan membangun kepercayaan pelanggan. Produk ini dirancang khusus untuk membantu bisnis Anda mengelola kehadiran digital dengan lebih efektif, memastikan bahwa semua informasi selalu diperbarui dan akurat. Sociomile juga memfasilitasi pengelolaan ulasan dan interaksi dengan pelanggan, memberikan Anda keunggulan kompetitif yang signifikan. Jangan lewatkan kesempatan untuk memaksimalkan potensi GMB Anda. Hubungi Ivosights sekarang dan saksikan bagaimana Sociomile dapat membawa kesuksesan yang lebih besar bagi bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami