Manfaat Email Marketing untuk Kelancaran Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 10 Mei 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Salah satu bagian dari kelancaran bisnis adalah dengan menggunakan email marketing. Yuk, simak manfaatnya dalam artikel di bawah ini"

Kelancaran bisnis memang dapat didasari oleh berbagai macam pengaruh, terutama dalam strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang tepat tentu akan membuahkan hasil dalam kelancaran bisnis dan berpengaruh pada naiknya pendapatan untuk bisnis itu sendiri. Dalam strategi pemasaran, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan strategi email marketing. Yuk, simak beberapa manfaat yang akan bisnis dapatkan dalam melakukan strategi email marketing dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Strategi Bisnis

Strategi bisnis merujuk pada serangkaian keputusan dan tindakan yang direncanakan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Tujuan strategi bisnis adalah untuk menciptakan nilai bagi perusahaan dengan memperkuat posisi pasar, mengembangkan keunggulan kompetitif, dan meningkatkan kinerja keuangan. Karena lingkungan bisnis terus berubah, perusahaan harus mampu menyesuaikan strategi bisnisnya agar tetap relevan dan berhasil dalam jangka panjang. Oleh karena itu, strategi bisnis sangat penting bagi kesuksesan perusahaan.

 Apa Itu Email Marketing

Email marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan email ke pelanggan atau prospek guna mempromosikan produk atau layanan, membangun relasi, atau meningkatkan kesadaran merek. Perusahaan atau organisasi biasanya mengumpulkan daftar email pelanggan atau prospek yang telah mengizinkan untuk menerima email dari mereka, kemudian mengirimkan email dengan pesan yang relevan untuk membangun hubungan dan meningkatkan konversi.

Email marketing memiliki keuntungan biaya yang relatif rendah, dapat diukur dengan mudah, dan mudah diotomatisasi. Namun, untuk berhasil, email marketing harus dilakukan dengan benar dan mengikuti praktik terbaik agar tidak dianggap sebagai spam oleh penerima email serta membangun hubungan yang positif dengan pelanggan.

Baca Juga: 6 Penyebab Email Marketing Dianggap Sebagai Spam

Manfaat Strategi Email Marketing untuk Bisnis

  • Meningkatkan Penjualan

Dengan mengirimkan penawaran atau promosi melalui email, bisnis dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan mereka. Email marketing juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka membeli produk atau layanan di masa depan.

  • Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Email marketing memungkinkan bisnis untuk terus berhubungan dengan pelanggan mereka. Dengan mengirimkan newsletter atau email yang relevan dan menarik, bisnis dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek mereka.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan mengirimkan email yang berisi informasi tentang merek dan produk atau layanan yang ditawarkan, bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan pelanggan dan prospek.

  • Memperluas Basis Pelanggan

Email marketing memungkinkan bisnis untuk mencapai prospek yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah. Dengan mengumpulkan daftar email pelanggan atau prospek, bisnis dapat mengirimkan pesan yang relevan dan menarik kepada mereka.

  • Mengukur Hasil Pemasaran

Email marketing memungkinkan bisnis untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran mereka dengan melacak jumlah email yang terkirim, dibuka, dan di-klik oleh pelanggan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk membuat perbaikan dan meningkatkan strategi email marketing mereka di masa depan.

Baca Juga: Apa Itu Email Marketing?

Dengan manfaat-manfaat tersebut, strategi email marketing dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan, membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan pelanggan dan prospek.

Yuk, Lakukan Email Marketing Lebih Mudah dengan Sociomile!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Sociomile merupakan salah satu produk yang dimiliki Ivosights yang salah satunya memiliki tujuan untuk mempermudah Anda dalam menjalankan email marketing. Sociomile sendiri juga memiliki banyak manfaat dalam bidang contact center sehingga bukan hanya email, Anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan melalui media sosial hingga telepon. Banyak sekali bukan manfaatnya? Yuk, hubungi contact center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami