3 Tantangan Penggunaan Digital Sentiment Tools bagi Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Sentiment Tools. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Sentiment Tools. Shutterstock

"Digital sentiment tools adalah alat untuk mengukur dan menganalisis perasaan yang terkandung dalam percakapan pelanggan di platform digital."

Pandangan pelanggan terhadap suatu produk maupun layanan merupakan data yang harus didapatkan untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis. Jika produk bisnis sesuai dengan kemauan pasar, maka dapat dipastikan produk dapat bersaing dengan bisnis kompetitor. Bisnis dapat mengandalkan digital sentiment tools untuk memantau pandangan pelanggan terhadap produk dan layanan yang disediakan oleh bisnis. Dengan mengetahui pandangan mereka, bisnis dapat melakukan perbaikan, penyesuaian, dan melakukan strategi-strategi lainnya yang sesuai dengan pasar.

Pengertian Digital Sentiment Tools

Digital sentiment tools adalah alat untuk menganalisis dan mengukur sentimen atau perasaan yang terkandung dalam komentar di media sosial, ulasan produk, maupun percakapan pelanggan di platform digital. Alat ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk mengidentifikasi apakah umpan balik atau percakapan pelanggan bersifat positif, negatif, atau netral. 

Manfaat Penggunaan Digital Sentiment Tools

  • Memahami Sentimen Pelanggan

Digital sentiment tools dapat membantu memahami bagaimana pelanggan merespons brand dan produk atau layanan milik sebuah bisnis. Dengan menganalisis percakapan serta feedback pelanggan, alat ini dapat mengidentifikasi apakah sentimen pelanggan cenderung positif, negatif, atau netral.

  • Mengukur Efektivitas Promosi

Digital sentiment tools dapat mengukur efektivitas kampanye pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh bisnis. Dengan memonitor sentimen pelanggan, bisnis dapat mengetahui apakah kampanye tersebut berhasil mencapai tujuan yang diinginkan atau jika ada perluasan yang diperlukan.

  •  Mendeteksi Masalah dengan Cepat

Bisnis dapat mendeteksi masalah atau keluhan pelanggan dengan cepat berkat digital sentiment tools. Dengan menganalisis sentimen pelanggan secara real-time, bisnis bisa segera mengetahui waktu kemunculan sentimen negatif terkait dengan produk atau layanan bisnis. Dengan ini, bisnis bisa mengambil tindakan yang cepat dan efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut

  • Mengarahkan Strategi Bisnis

Informasi tentang sentimen pelanggan yang diperoleh melalui digital sentiment tools dapat mengarahkan bisnis untuk menggunakan strategi yang tepat. Bisnis dapat mengidentifikasi di bagian apa brand bisnis perlu ditingkatkan atau pengubahan pendekatan bisnis.

Baca juga: Tips Membaca Analisis Sentimen untuk Memahami Kepribadian Audiens Anda

Tantangan dalam Menggunakan Digital Sentiment Tools

Meskipun digital sentiment tools memberikan manfaat yang berarti, penggunaannya juga memiliki beberapa tantangan yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tantangan dalam penggunaan digital sentiment tools:

  • Pemahaman Bahasa yang Kompleks

Bahasa manusia yang kompleks dan penuh dengan perbedaan kontekstual dan nuansa sulit untuk dipahami digital sentiment tools secara tepat dan akurat. Tools ini juga akan kesulitan dalam memahami makna yang tersembunyi dalam percakapan pelanggan.

  • Keberagaman Platform dan Data

Data yang diperoleh dari berbagai platform digital seperti media sosial, ulasan produk, atau pesan pelanggan dapat memiliki format dan struktur yang bervariasi. Penyatuan data dari berbagai sumber ini menjadi tantangan dalam menggunakan digital sentiment tools secara efektif.

  •  Toleransi terhadap Kesalahan

Digital sentiment tools tidak selalu memberikan hasil yang 100% akurat. Ada kemungkinan terdapat kesalahan dalam mengidentifikasi sentimen atau memahami konteks yang lebih dalam. Oleh karena itu, penting untuk memahami batasannya dan menggunakan hasilnya sebagai panduan dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Cara Menggali Insight Pelanggan dengan Analisis Sentimen

Saran Penggunaan Digital Sentiment Tools

Digital sentiment tools merupakan komponen penting dari rangkaian digital listening tools yang membantu bisnis memahami sentimen pelanggan terkait dengan merek dan produknya. Dengan memahami sentimen pelanggan, bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, mengukur efektivitas kampanye, menyelesaikan masalah dengan cepat, dan mengarahkan strategi bisnis secara keseluruhan. 

Mengenalkan Ripple10, Sebuah Sistem Monitoring Pelanggan Bisnis dari Ivosights

Meskipun ada tantangan dalam penggunaan digital sentiment tools, manfaat yang diberikan jauh melebihi kerumitan yang ada. Namun, ada baiknya kita menggunakan produk digital sentiment tools yang merupakan salah satu fungsi dari digital listening tools dari penyedia yang terpercaya.

Salah satu tools yang serupa dengan digital sentiment tools adalah Ripple10 dari Ivosights. Ripple10 memiliki fungsi digital sentiment tools dan terbukti aman dan terpercaya. Dengan adanya Ripple10, bisnis bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada pada digital sentiment tools dengan mudah. Dapatkan Ripple10 sekarang untuk keunggulan kompetitif dalam era digital yang semakin kompleks!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami