Keuntungan Menggunakan Digital Monitoring di TikTok untuk Bisnismu!

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 14 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"TikTok adalah salah satu platform media sosial terbesar yang bisa diandalkan dalam berbisnis. Begini cara melakukan digital monitoring di TikTok!"

TikTok merupakan media sosial yang saat ini paling banyak digandrungi masyarakat. Semenjak pandemi Covid-19, TikTok memang mencuri perhatian seluruh penjuru dunia. Penggunaannya yang mudah serta beragamnya video yang ada di beranda membuat orang-orang ketagihan dalam menggunakannya. Selain itu, banyaknya trend baru yang muncul dalam setiap beberapa bulan membuat rasa candu meningkat dalam menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga membuat banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat, hal ini dikarenakan TikTok menyediakan fitur penjualan yang mudah untuk digunakan. Disediakannya diskon yang besar bagi pengguna baru juga membuat TikTok makin disukai oleh masyarakat. Peluang ini tentu digunakan sebaik-baiknya oleh banyak orang untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu, adanya digital monitoring sangat berguna dalam melakukan bisnis di TikTok. Artikel ini akan menjelaskan keuntungan-keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan untuk bisnismu di TikTok dengan menggunakan digital monitoring. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi terkait cara melakukan digital monitoring yang baik di TikTok. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

Apa itu Digital Monitoring?

Digital monitoring adalah sebuah proses untuk memantau dan menganalisis informasi-informasi yang telah disebarluaskan melalui media sosial, website, dan lain sebagainya. Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakannya, salah satunya adalah mengenal audiens dalam mempromosikan bisnismu. Dengan menggunakan digital monitoring, bisnis yang kamu jalani juga akan lebih meraih keuntungan dibandingkan dengan tidak melakukannya.

Dengan kata lain, kamu juga melakukan riset yang mendalam terhadap audiens sehingga produk yang kamu jual akan lebih laku dan tidak butuh waktu lama untuk menjualnya. Berbeda jika kita tidak melakukan digital monitoring, kita mungkin akan lebih kebingungan untuk melakukan promosi karena tidak mengetahui kemauan dan ketertarikan audiens. Untuk itu, dalam berbisnis, melakukan digital monitoring sangat penting.

Keuntungan dalam Melakukan Digital Monitoring di TikTok untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam melakukan digital monitoring di TikTok untuk bisnismu!

#1 Mudah memasuki for you page audiens yang sesuai

Melakukan digital monitoring di TikTok tentu akan memudahkanmu untuk mencapai beranda audiens yang sesuai. Hal ini tentu akan membuat bisnismu semakin lancer dan laku karena pilar utama bisnis di TikTok adalah mencapai beranda orang-orang.

#2 Membuat koneksi yang erat dengan pelanggan

Analisis yang kamu lakukan saat melakukan digital monitoring tentu akan membuatmu lebih mengetahui tentang sifat dan karakteristik audiens yang ingin kamu dekati. Setelah mengetahuinya, kamu tentu akan lebih mudah untuk membuat koneksi sehingga dapat dengan mudah berinteraksi dengan audiens.

#3 Membangun kepercayaan

Salah satu kunci utama bisnis yang sukses adalah membangun rasa percaya dengan audiens atau target konsumen yang akan menjadi sasaranmu. Beragamnya pengguna TikTok bisa kamu jadikan peluang bersar untuk membangun kepercayaan untuk target pasarmu. Dengan melakukan digital monitoring, kamu dapat membangun rasa percaya yang besar karena telah melakukan pemantauan terhadap para audiens.

#4 Mengetahui tren terkini

Salah satu keuntungan dalam melakukan digital monitoring di TikTok adalah mengetahui tren yang sedang trending. Hal ini tentu sangat menguntungkan bisnismu karena kamu dapat mempromosikan produk yang kamu jual dengan mengetahui tren kekinian. Menarik, ya!

Melakukan digital monitoring di TikTok akan sangat menguntungkan bisnismu. Bukan hanya untuk bisnis-bisnis besar, digital monitoring juga sangat berguna untuk memperbesar peluang untung bagi bisnis-bisnis kecil (UMKM). Singkatnya, dengan melakukan digital monitoring, kamu akan lebih dekat dengan audiens dan cara pandang mereka untuk mendapat keuntungan.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

Begini Cara Melakukan Digital Monitoring di TikTok!

Kamu pasti bertanya-tanya kan bagaimana cara melakukan digital marketing di TikTok? Yuk, intip penjelasan-penjelasan di bawah ini!

1. Buat akun TikTok: Tentu saja langkah pertama untuk melakukan digital monitoring di TikTok adalah membuat akun. Pastikan bahwa kamu membuat akun yang khusus untuk bisnismu sehingga tidak tercampur dengan akun TikTok pribadi yang tidak ada relasinya dengan bisnis yang akan kamu tekuni.

2. Pantau challenge terkini: challenge di TikTok adalah salah satu alasan mengapa aplikasi yang satu ini menjadi sangat terkenal di kalangan masyarakat. Banyaknya challenge yang dilakukan oleh banyak orang di TikTok bisa kamu manfaatkan untuk digital monitoring untuk bisnismu. Kamu bisa meriset challenge apa saja yang sedang trending di kalangan masyarakat dan melakukan promosi dengan menggunakan challenge tersebut. Keuntungan dalam memantau challenge terkini di TikTok akan memudahkan bisnismu mencapai for you page (FYP) masyarakat.

3. Melakukan analisis data: hal terpenting lainnya saat melakukan digital monitoring di TikTok adalah dengan melakukan analisis data. Untuk melakukannya, kamu perlu melakukan beberapa hal, beberapa di antaranya adalah melakukan pengumpulan data, menyeleksi informasi yang telah dikumpukan, hingga coding.

4. Pantau hashtag terkini: hashtag di TikTok memiliki komponen penting untuk bisnismu. Untuk itu, kamu perlu memantau hashtag yang sedang trending untuk membuat konten-konten penjualan menggunakan hashtag tersebut. Ini tentu akan menguntuntungkan bisnismu karena tentu akan lebih mudah mencapai beranda orang-orang dengan menggunakan hashtag terkini. Akan tetapi, selalu ingat bahwa tidak semua yang trending adalah hal baik. Untuk itu, pilah-pilah terlebih dahulu apa yang akan kamu pantau untuk dijadikan strategi bisnis dalam melakukan digital monitoring.

Gak Mau Ribet Melakukan Digital Monitoring? Ripple10 Solusinya!

Melakukan digital monitoring tentu tidak semudah kelihatannya, jika kamu melakukannya secara manual tentu saja akan memakan waktu lama untuk menyelesaikannya. Ivosights punya solusinya! Kami menyediakan layanan Ripple10 untuk mempermudah kamu dalam melakukan digital monitoring. Tunggu apalagi? Segera hubungi Ivosights untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami