5 Waktu Terbaik Gunakan Digital Monitoring untuk Pantau Opini Pelanggan

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 11 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock

"Menggunakan digital monitoring pada waktu yang tepat akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi Anda, salah satunya mengevaluasi kampanye bisnis"

Setiap bisnis diharuskan untuk memiliki pemahaman tentang opini pelanggan menjadi demi mendorong kesuksesannya dalam bersaing dengan industri serupa. Sebagai suatu pilihan untuk menjawab kebutuhan ini, beberapa bisnis memutuskan menggunakan alat pendukung berupa digital monitoring. Walaupun begitu, penggunaan digital monitoring juga harus memerhatikan waktu penggunaannya. Menggunakan tools ini ketika di saat yang terbaik membuatnya bermanfaat secara optimal. Apa saja waktu-waktu tertentu di mana Anda sebaiknya menggunakan digital monitoring? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Peran Opini Pelanggan dalam Kesuksesan Bisnis

Opini pelanggan menjadi suatu hal yang penting bagi bisnis karena mencerminkan bagaimana kualitas pengalaman yang mereka dapatkan ketika menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Adanya opini yang positif dapat membantu promosi bisnis, sementara opini negatif dapat mengarah ke rusaknya reputasi bisnis.

Pengertian dari Digital Monitoring

Digital monitoring adalah sebuah proses melacak dan menganalisis percakapan para pelanggan bisnis Anda yang dipublikasikan secara online melalui beberapa platform digital, seperti media sosial, website ulasan, forum, dan sebagainya. Tujuan utama penggunaan tools ini adalah membantu bisnis untuk memahami opini dan sentimen pelanggan terhadap bisnis secara lebih baik.

Baca juga: Cara Menjaga Reputasi Brand dengan Data Digital Monitoring Report

Kegunaan Digital Monitoring

Inilah beberapa kegunaan dari digital monitoring yang harus Anda ketahui:

  • Mengidentifikasi Isu Pelanggan dengan Cepat

Digital monitoring mampu untuk mendeteksi masalah atau keluhan pelanggan dengan cepat secara real-time. Dengan begitu, pihak bisnis Anda dapat segera merespons dan menyelesaikan masalah tersebut.

  • Mengukur Sentimen Pelanggan

Kedua, digital monitoring memungkinkan bisnis untuk mengukur sentimen pelanggan terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda. Anda juga dapat melihat langsung apakah opini pelanggan cenderung positif, negatif, atau netral sehingga Anda  dapat mengidentifikasi apa saja hal yang perlu diperbaiki.

  • Mengukur Efektivitas Kampanye Pemasaran

Anda dapat menggunakan digital monitoring untuk mengukur sejauh mana kampanye pemasaran bisnis Anda berhasil. Melihat bagaimana respons yang diberikan terhadap iklan atau promosi tertentu adalah sebuah informasi penting yang dapat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis.

  • Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru

Selain mendeteksi masalah dengan cepat, digital monitoring juga membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang baru dalam bisnis. Peluang yang dimaksud ini bisa saja berupa naiknya tingkat permintaan pelanggan terhadap produk atau layanan baru yang bisnis Anda tawarkan.

  • Memantau Kegiatan Pesaing

Tidak hanya memantau tentang apa yang pelanggan katakan, Anda juga bisa menggunakan digital monitoring untuk mencari tahu juga informasi tentang bisnis kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda membandingkan kekuatan dan kelemahan bisnis kompetitor tersebut dengan bisnis Anda.

  • Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Dengan merespons cepat terhadap komentar atau pertanyaan yang dipublikasikan pelanggan secara online, akan terbangun  hubungan yang kuat antar bisnis dengan mereka. Hal ini juga berdampak pada peningkatan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

  • Mengukur Dampak Perubahan Produk atau Layanan

Ketika terdapat perubahan pada produk atau layanan Anda, Anda dapat menggunakan digital monitoring untuk melihat bagaimana perubahan tersebut memengaruhi pandangan pelanggan. Apakah perubahan tersebut diterima dengan baik atau tidak?

Alasan Mengapa Digital Monitoring Harus Digunakan pada Waktu yang Tepat

Ada beberapa alasan mengapa waktu menjadi faktor yang penting dalam penggunaan digital monitoring:

  • Respon Real-Time

Dengan menggunakan digital monitoring pada waktu yang tepat, Anda dapat merespons komentar atau keluhan pelanggan secara real-time. Hal ini sangat penting untuk menjaga reputasi bisnis Anda.

  • Optimasi Kampanye

Saat bisnis melakukan kampanye pemasaran atau promosi tertentu, Anda dapat mengetahui berapa tingkat efektifnya dalam mempengaruhi pelanggan berkat bantuan digital monitoring.

  • Mendeteksi Isu Sebelum Mereka Berkembang

Penggunaan digital monitoring secara teratur membuat Anda dapat mendeteksi masalah apa yang sedang dialami pelanggan sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

  • Mengidentifikasi Peluang Secara Cepat

Lalu, digital monitoring membantu mengidentifikasi peluang bisnis baru atau tren yang sedang berkembang. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dan mengimplementasikannya pada bisnis Anda sendiri.

  • Meningkatkan Kualitas Layanan

Dengan mengumpulkan umpan balik pelanggan pada waktu yang tepat, Anda dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan milik bisnis Anda. Peningkatan kualitas ini juga akan berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan.

Waktu Terbaik Penggunaan Digital Monitoring untuk Pantau Opini Pelanggan

Berikut ini adalah lima waktu terbaik penggunaan digital monitoring untuk memantau opini pelanggan bisnis:

  • Selama Peluncuran Produk Baru

Saat bisnis Anda meresmikan sebuah produk atau layanan baru penggunaan digital monitoring sangat penting dilakukan. Dengan bantuan tools ini, Anda dapat melihat bagaimana opini pelanggan terhadap produk atau layanan ini. Hal ini juga memudahkan Anda untuk merespons secepatnya apabila terjadi masalah.

  • Selama Kampanye Pemasaran Besar

Digital monitoring sebaiknya digunakan saat bisnis sedang menjalankan kampanye pemasaran dalam skala besar. Dengan begitu, Anda dapat melihat reaksi audiens dan pelanggan Anda terhadap kampanye ini secara real-time.

  • Setelah Penerimaan Produk Baru

Setelah produk atau layanan baru Anda diterima oleh pasar, terus pantau opini pelanggan untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar.

  • Selama Musim Liburan atau Acara Khusus

Musim liburan dan acara khusus sering kali merupakan waktu yang sibuk bagi bisnis. Gunakan digital monitoring untuk melihat apakah pelanggan senang dengan layanan Anda selama periode ini.

  • Saat Ada Perubahan Signifikan dalam Bisnis Anda

Jika Anda melakukan perubahan besar dalam bisnis Anda, seperti restrukturisasi perusahaan atau perubahan strategi, ini adalah waktu yang penting untuk menggunakan digital monitoring.

Baca juga: Kapan dan Seberapa Sering Analisis Digital Monitoring Report yang Tepat?

Manfaat Menggunakan Digita Monitoring di Waktu Terbaik

Menggunakan digital monitoring pada waktu yang tepat memiliki sejumlah manfaat penting, yaitu sebagai berikut:

  • Respons Cepat

Dengan digital monitoring yang digunakan pada waktu terbaiknya, Anda dapat merespons komentar atau keluhan pelanggan dengan cepat. Hal ini akan membantu menjaga reputasi baik bisnis Anda.

  • Peningkatan Efisiensi

Dengan mengidentifikasi apabila ada masalah atau peluang bisnis secara cepat, Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk perkembangan bisnis secara lebih efisien.

  • Pemantauan Efektivitas Kampanye

Penggunaan digital monitoring dalam waktu yang tepat membuat Anda dapat mengukur sejauh mana kampanye pemasaran Anda berhasil dan membuat perubahan apabila diperlukan.

  • Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Menggunakan digital monitoring sesuai dengan waktunya membuat Anda bisa mengumpulkan data yang lebih aktual. Dengan begini, Anda dapat membuat keputusan bisnis secara lebih baik.

  • Peningkatan Kualitas Produk atau Layanan

Terakhir, memonitoring adanya umpan balik pelanggan melalui digital monitoring pada waktu yang tepat dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Percayakan Ivosights sebagai Provider Penyedia Digital Monitoring Tools Andalan

Itulah beberapa waktu terbaik di mana Anda sebaiknya menggunakan alat digital monitoring. Dengan menggunakannya pada waktu yang tepat, tools ini akan memberikan sejumlah manfaat yang berarti bagi bisnis Anda. 

Sebagai salah satu pilihan, Anda dapat memercayakan digital monitoring tools milik Ivosights yang bernama Ripple10. Tools satu ini mampu membantu Anda untuk memantau percakapan pelanggan dalam platform digital berdasarkan keyword tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Ripple10 mampu menjaga reputasi brand Anda dari opini pelanggan yang bersifat negatif hingga memantau perusahaan kompetitor juga. 

Untuk mengetahui sejumlah fitur bermanfaat yang diberikan oleh digital monitoring ini, segera hubungi tim kami untuk melakukan demo sistem secara langsung. Dengan begitu, Anda jadi tidak perlu ragu-ragu lagi dengan canggihnya teknologi yang satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami