Digital Media Monitoring: Definisi, Fitur, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Media Monitoring. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Media Monitoring. Shutterstrock

"Digital media monitoring merupakan strategi yang dapat digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan profit. Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini."

Platform digital seperti media sosial, blog, hingga forum online kini menjadi tempat masyarakat beropini dan bertukar pikiran. Pebisnis dapat memanfaatkan media ini untuk kepentingan operasional bisnis, seperti untuk menganalisis perspektif masyarakat terkait produk dan layanan yang diperjualbelikan. Aktivitas tersebut dikenal sebagai digital media monitoring

Apa itu Digital Media Monitoring? 

Digital media monitoring adalah sistem yang dimanfaatkan lembaga, perusahaan, dan pelaku bisnis untuk mengetahui percakapan digital masyarakat. Kegiatan ini dilakukan suatu brand untuk dapat terinformasi dan memperoleh pemahaman lebih dalam terkait industri yang digeluti atau brand tersebut secara spesifik. Untuk melakukan digital media monitoring, perusahaan perlu menggunakan alat penunjang.

Manfaat Digital Media Monitoring Tools Pada Bisnis

Penggunaan digital media monitoring tools pada bisnis dapat membuahkan berbagai macam manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memahami Sentimen Masyarakat

Dengan melakukan digital media monitoring, perusahaan dapat mengetahui sentimen masyarakat terhadap produk dan layanan yang disediakan. Terdapat beberapa jenis sentimen, seperti positif, negatif, dan netral. Dengan mengetahui sentimen masyarakat, perusahaan dapat membuat keputusan terkait operasional bisnis secara lebih relevan lagi.

  • Menganalisis Performa Kompetitor

Mempertahankan performa perusahaan di antara persaingan dengan kompetitor merupakan aspek menantang yang perlu dihadapi setiap pebisnis. Penggunaan digital media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk memantau aktivitas kompetitor di dunia digital. Seperti tanggapan masyarakat, informasi terkait produk dan layanan, hingga strategi pemasaran yang dipakai kompetitor.

  • Sistem Integrasi dengan Sistem CRM

Beberapa perusahaan penyedia digital media monitoring tools memfasilitasi penggunanya dengan fitur integrasi digital media monitoring tools dengan software lainnya, seperti CRM (Customer Relationship Management) Tools. Dengan integrasi kedua software tersebut, perusahaan dapat memiliki sistem contact center komprehensif yang dapat mempermudah perusahaan meningkatkan pelayanannya. Selain itu, perusahaan dapat langsung merespons keluhan tidak langsung yang terdeteksi digital media monitoring tools melalui CRM tools.

  • Mengukur Efektivitas Buzzer dan KOL

Perusahaan kerapkali menggunakan jasa buzzer dan KOL untuk melakukan strategi pemasaran di dunia digital secara relevan dan tepat sasaran. Dengan digital media monitoring tools, perusahaan dapat menilai performa buzzer dan KOL melalui metriks supaya sesuai dengan target perusahaan.

  • Menjaga Reputasi Brand

Penggunaan digital media monitoring dapat membuahkan reputasi brand yang terjaga di dunia digital. Dengan mengetahui tren terkini, opini masyarakat secara langsung, hingga optimalisasi contact center, pelanggan dapat merasa puas dengan performa brand tersebut. Selain itu, digital media monitoring juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan tindakan preventif untuk menghindari krisis digital yang akan terjadi.

Baca Juga: Menggali Wawasan Pelanggan dengan Digital Media Monitoring 

Fitur pada Digital Media Monitoring Tools

Manfaat-manfaat yang sudah dijabarkan sebelumnya bisa didapatkan perusahaan dengan memanfaatkan fitur pada digital media monitoring tools. Beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sentiment Analysis

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui sentimen positif, negatif, atau netral dari masyarakat melalui sistem. 

  • Competitive Analysis

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui dan menganalisis aktivitas kompetitor di dunia digital. 

  • Audience Analysis

Audience analysis pada digital media monitoring memungkinkan pelaku bisnis untuk mengetahui siapa saja yang membicarakan brand di kancah digital.

  • Digital Health Index

Indeks ini menunjukkan apakah brand sudah cukup sehat di dunia digital. Aspek ini dapat terhitung dari analisis sentimen positif, negatif, dan netral.

  • Buzzer Tracking & Monitoring

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memantau performa buzzer dan KOL selama kampanye atau pemasaran produk dan layanan.

  • Early Alert Notification

Early alert notification adalah fitur yang membantu perusahaan untuk memitigasi isu negatif digital secara lebih dini. Dengan fitur ini, perusahaan akan mendapatkan nofitikasi apabila terdapat isu negatif yang mencuat.

  • Daily Mention & Buzz Geo

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kapan dan dimana suatu brand sering dibicarakan oleh masyarakat. 

  • Sociograph Keyword

Sociograph keyword berfungsi untuk mengetahui hubungan kata kunci yang sering muncul pada media sosial, forum online, atau blog.

  • Infographic Data Report

Fitur ini mengacu pada visualisasi data berbentuk infografis berisi sentiment atau buzz volume. Dengan visualisasi ini, pengguna akan lebih mudah untuk membaca data

  • Integrasi CRM

Beberapa jenis media monitoring tools menyediakan fitur integrasi CRM untuk mengoptimalkan fungsi dan upaya optimalisasi customer experience. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memberikan tanggapan langsung dari percakapan netizen mengenai brand melalui software CRM. 

Baca Juga: Dampak Positif Digital Media Monitoring terhadap Keberhasilan Merek

Tertarik Gunakan Digital Media Monitoring? Segera Hubungi Ivosights!

Ripple10 dari Ivosights merupakan digital media monitoring tools yang cocok digunakan pelaku bisnis, perusahaan, atau institusi yang ingin terus mengawasi persepsi dan respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan pengawasan yang dilakukan secara berkala melalui tools tersebut, perusahaan dapat melakukan perkembangan dalam segi strategi pemasaran, produk, kampanye di sosial media, dll. Perkembangan tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profit. Tertarik untuk menggunakan produk Ivosights? Segera mendaftar dan jangan lewatkan kesempatan ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami