5 Cara Mudah Tentukan Tempat Wisata Terbaik dengan Digital Listening

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 07 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock

"Digital listening dapat memudahkan Anda dalam memilih tempat wisata terbaik yang akan dikunjungi!"

Dalam era digital saat ini, keputusan untuk memilih tempat wisata terbaik dipengaruhi oleh review-review dari pengunjung sebelumnya. Baik atau buruknya review inilah yang menentukan apakah tempat wisata tersebut layak dikunjungi atau tidak. Beruntungnya, Anda dapat memanfaatkan tools digital listening untuk memantau dan menganalisis review pengunjung secara lebih efektif. 

Apa Itu Digital Listening?

Digital listening adalah sebuah proses memonitor dan menganalisis percakapan pelanggan yang terdapat di media sosial, platform review, dan berbagai sumber online lainnya. Tools digital listening menggunakan bantuan teknologi seperti artificial intelligence dan machine learning untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data dari berbagai platform online. Dengan digital listening, Anda dapat melacak apa yang para pengunjung katakan tentang suatu tempat wisata dalam bentuk review, komentar, dan pengalaman mereka.

Baca juga: Efektifkan Digital Listening dengan Cara Berikut Ini!

Kenapa Anda Perlu Memantau Review Pengunjung?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu memantau review pengunjung sebelum mengunjungi sebuah tempat wisata:

  • Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Dengan memantau review pengunjung, Anda dapat mengetahui apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh pengunjung di tempat wisata Anda. Banyaknya ulasan baik atau buruk ini yang menjadi penentu apakah Anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata tersebut atau tidak.

  • Mengukur Kepuasan Pengunjung

Review pengunjung dapat memberikan gambaran tentang kepuasan pengunjung-pengunjung sebelumnya ketika mengunjungi sebuah tempat wisata. 

  • Mendapatkan Insight dari Pengalaman Pengunjung

Melalui review pengunjung, Anda dapat memperoleh insight berharga tentang pengalaman mereka di tempat wisata. 

  • Meningkatkan Reputasi dan Kepercayaan

Adanya review positif dari pengunjung dapat meningkatkan reputasi tempat wisata tersebut.

Manfaat Digital Listening untuk Tempat Pariwisata

  • Mengidentifikasi Tren dan Preferensi

Dengan menganalisis review dan percakapan pengunjung, pihak manajemen dapat mengidentifikasi tren dan preferensi wisatawan. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan penawaran tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan minat pengunjung.

  • Mendeteksi Isu dan Masalah

Digital listening memungkinkan pihak manajemen tempat wisata untuk mendeteksi adanya isu atau masalah yang mungkin muncul di tempat wisata. Dengan mengetahui masalah tersebut secara cepat, manajemen dapat mengambil tindakan untuk memperbaikinya demi menjaga kepuasan pengunjung.

  • Mengukur Efektivitas Strategi Pemasaran

Melalui digital listening, pihak manajemen tempat wisata dapat melihat bagaimana review pengunjung berdampak pada kesuksesan strategi pemasaran.

Cara Menentukan Tempat Wisata Terbaik Menggunakan Digital Listening

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menentukan tempat wisata terbaik menggunakan digital listening:

  • Pilih Platform yang Relevan

Tentukan platform online yang relevan untuk memantau review pengunjung. Fokuslah pada platform yang paling banyak digunakan oleh wisatawan potensial.

  • Atur Pencarian dan Filter

Gunakan tools digital listening untuk mengatur pencarian dan filter berdasarkan kata kunci terkait tempat wisata, lokasi, dan pengalaman pengunjung sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang relevan dan terarah.

  • Analisis Sentimen

Lakukan analisis sentimen terhadap ulasan dan review pengunjung. Identifikasi beberapa review yang bersifat positif, negatif, dan netral untuk memahami pola umum dan tren yang muncul.

  • Perhatikan Ulasan Terperinci

Fokuslah pada review mendetail dan informasi mendalam tentang pengalaman pengunjung. Review yang mendetail dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kualitas dan kepuasan pengunjung.

  • Bandingkan dengan Kompetitor

Lakukan perbandingan dengan review yang diberikan untuk tempat wisata kompetitor. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan keunggulan dan kelemahan tempat wisata tersebut dibandingkan dengan pesaing.

Bagaimana Cara Mendapatkan Digital Listening?

  • Identifikasi Tools yang Tepat

Cari tahu lebih lanjut dan pilihlah tools digital listening yang sesuai dengan kebutuhan pariwisata Anda. Pastikan tools tersebut memiliki fitur yang mendukung analisis review pengunjung dan mencakup platform-platform yang relevan.

  • Cari Ulasan dan Rekomendasi

Bacalah ulasan dan rekomendasi pengguna lain mengenai tools digital listening yang sedang Anda pertimbangkan. Hal ini dapat memberikan Anda beberapa pandangan yang lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tools.

  • Uji Coba dan Evaluasi

Lakukan uji coba tools digital listening yang dipilih. Evaluasilah kemudahan penggunaan, keakuratan analisis, dan kebermanfaatan tools tersebut bagi Anda.

  • Pilih Tools yang Sesuai

Setelah menguji beberapa tools digital listening, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Pastikan tools tersebut dapat memberikan informasi yang relevan dan berharga dalam memantau review pengunjung.

Baca juga: Cara Memilih Digital Listening Tools yang Tepat untuk Bisnis Anda

Temukan Tempat Wisata yang Cocok dengan Bantuan Tools Digital Listening

Adanya digital listening membantu Anda memonitoring berbagai jenis percakapan maupun pernyataan para wisatawan dari berbagai platform sosial media, termasuk persentase minat para wisatawan terhadap tempat wisata yang Anda kelola.  

Anda dapat menggunakan Ripple10, digital listening tools milik Ivosights, untuk memantau berbagai respon dan ulasan wisatawan yang dipublikasikan secara digital. Dengan ini, Anda dapat mengidentifikasi apa saja kelebihan maupun kekurangan yang dibicarakan oleh para wisatawan. Tak hanya itu, pandangan mereka tentang bisnis kompetitor Anda dapat dimonitor juga untuk mempermudah bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Ripple10 juga dapat diintegrasikan dengan sistem CRM Sociomile untuk memudahkan interaksi dengan wisatawan yang membicarakan bisnis Anda. Segera dapatkan Ripple10 sebagai alat bantu untuk memantau dan monitoring bisnis pariwisata Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami