5 Kerugian yang Akan Dialami Jika Customer Service Buruk

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 09 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

"Customer service merupakan garda terdepan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda"

Customer service atau pelayanan pelanggan merupakan garda terdepan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Pelayanan pelanggan sendiri tidak hanya sekedar memberikan informasi produk secara detail, namun customer service juga bisa memberikan solusi terbaik terkait dengan keluhan yang dialami oleh pelanggan.

Kualitas customer service akan berpengaruh terhadap rating kepuasan pelanggan. Rating ini merupakan salah satu indikator keberhasilan bisnis. Dengan kata lain, bisnis akan berjalan baik jika agen memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin dalam melayani pelanggan. Namun, apa jadinya jika agen memberikan pelayanan buruk ke pelanggan? Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa kerugian yang akan diterima perusahaan saat customer service memberikan pelayanan buruk.

#1 Rating yang Kurang Baik

Kerugian pertama yang akan terjadi bila pelayanan yang diberikan buruk yaitu rating yang kurang baik dari pelanggan. Idealnya, bisnis yang baik akan meminta pelanggan sebuah ulasan untuk menilai pelayanan yang telah diberikan kepada mereka. Perusahaan biasanya ada yang menampilkan nilai pada pelayanan untuk khalayak umum. Ada juga perusahaan yang memilih rating sebagai bahan acuan untuk intropeksi bisnis secara internal.

Apapun bentuk penilaian yang Anda gunakan, perusahaan harus berusaha untuk mendapatkan ulasan yang baik dari pelanggan. Jika ada ulasan yang buruk bermunculan akibat customer service yang buruk, bisa dipastikan bahwa pelanggan tidak ingin melakukan pembelian kembali kepada bisnis Anda.

#2 Citra Buruk

Dampak negatif lainnya akibat pelayanan yang buruk yaitu akan mencoreng citra pada bisnis Anda. Sebagai contoh, sebuah ulasan negatif muncul berisi keluhan pelanggan di website Anda, orang lain yang mengakses web Anda bisa saja melihat ulasan tersebut. Dengan melihat ulasan tersebut, akan muncul keraguan pelanggan yang lain ketika ingin membeli produk atau jasa dari bisnis Anda. Untuk itu, pelayanan yang baik sangat diperlukan agar citra bisnis Anda selalu baik dan tidak buruk akibat pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

#3 Respon Konten Marketing Menurun

Dalam jangka waktu tertentu, ketidakpuasan pelanggan akan berpengaruh pada respon terhadap konten yang di-publish. Engagement yang rendah akan membuat penetrasi produk ke pasar menjadi sulit. Hal ini akan berpengaruh ketika perusahaan membuat inovasi hasilnya kurang maksimal.

#4 Kualitas Produk Menjadi Kurang Berarti

Berkaitan dengan kerugian sebelumnya, kualitas produk menjadi kurang berkualitas akibat customer service yang buruk. Bagi pelanggan yang telah mengalami pelayanan buruk dari agen Anda, kemungkinan mereka akan pindah ke bisnis kompetitor dengan kualitas yang hampir sama. Ini juga akan berpengaruh kepada calon pelanggan yang sebelumnya tidak pernah membeli produk Anda, mereka akan berpikir dua kali untuk membeli produk dari bisnis Anda. Hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas produk menjadi turun. Maka dari itu, pelayanan yang baik akan mempengaruhi kualitas suatu produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan.

#5 Keuntungan Menurun

Terkait dengan kualitas yang menurun akibat pelayanan yang diberikan kepada pelanggan menurun, akan berpengaruh terhadap keuntungan bisnis. Selain keuntungan yang turun, kepercayaan pelanggan juga akan berpengaruh. Hal ini akan berdampak langsung terhadap tingkat penjualan. Profit yang menurun merupakan hal menakutkan bagi perjalanan bisnis.

Uraian di atas merupakan beberapa kerugian yang akan dialami perusahaan jika pelayanan yang diberikan kepada pelanggan buruk. Dengan mengetahui kerugian-kerugian tersebut, semoga memicu perusahaan Anda untuk segera memperbaiki dan meningkatkan pelayanan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami