Mungkin Anda betanya-tanya bagaimana sih caranya untuk mempertahankan pelanggan, agar tidak berpaling dari Anda. Nah, untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan ini diperlukan teknik yang dinamakan teknik retention.

Retention sendiri memiliki arti berupa penyimpanan atau pertahanan, sedangkan customer retention adalah sebuah program atau tindakan yang dilakukan perusahaan atau bisnis untuk mempertahankan customer mereka agar tetap menggunakan produk atau layanan Anda.

Customer retention ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan atau bisnis lama, karena bisnis yang masih baru akan sangat butuh pelanggan baru pula bagi bisnisnya. Kadang perusahaan atau bisnis lama ini terlalu sibuk dalam mendapatkan pelanggan baru sehingga mereka lupa akan mempertahankan pealnggan lamnanya. Oleh karena itu, customer retention ini hadir untuk Anda yang akan membantu Anda dalam mempertahankan pelanggan lama Anda.

Customer retention merupaka teknik yang sangat menguntungkan, lho. Sebab jika customer retention ini berhasil meretensi pelanggan lama, maka perusahaan atau bisnis Anda akan mampu menghemat biaya 5-25 kali daripada mengakuisisi pelanggan.

Keuntungan Customer Retention

Berikut ini keuntungan-keuntungan yang nantinya Anda dapatkan ketika menggunakan teknil retention pada bisnis Anda.

Setiap manusia akan mengalami kebosanan bukan? Nah, sama halnya dengan pelanggan yang akan merasakan bosan terhadap jasa atau produk yang digunakannya.

Lantas apa yang terjadi ketika pelanggan beralih ke bisnis lain? Tentu, akan merugikan bisnis yang sudah lama dia gunakan bukan. Oleh karena itu, perusahaan atau bisnis perlu sekali memikat hati pelanggan lama agar setiap merasakan kebosanan mereka akan tetap mengunakan produk atau jasa dari Anda.

Maka dari itu, program ini dibuat untuk mempertahankan pelanggan lama, maka program ini hadir sebagai temoat untuk menarik hati kembali pelanggan lama agar memakai barang atau jasa dari perusahaan atau bisnis Anda.

Customer retention merupakan layanan yang diberikan kepada pelanggan yang berguna untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap produk Anda, sehingga pelanggan lama bisa membandingkan pelayanan yang disediakan di masa lalu dengan pelayanan yang disediakan sekarang. Maka dari itu, customer retention akan selalu membantu Anda dalam memberikan pelayanan prima untuk pelanggan.

Customer retention akan membantu Anda lebih dekat lagi dengan perusahaan atau bisnis Anda karena setiap kali mereka menyampaikan keluhan-keluhan perusahaan atau bisnis Anda merespon dengan sangat baik dan cepat. Hal ini membuat pelanggan merasa dihargai dan didengarkan, karena dengan keluhan inilah perusahaan atau bisnis Anda akan memberikan layanan yang terbaik kedepannya.

Mencari pelanggan baru akan sangat membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mengiklankan produk maupun jasa. Oleh karena itu, perusahaan atau bisnis lebih memilih mempertahankan pelanggan lama yang menjaga loyalitasnya kepada Anda.

Dengan menjaga hubungan dengan pelanggan lama, perusahaan atau bisnis Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar, karena hal ini bisa mnejadi strategi pemasaran melalui testimony dari pelanggan lama yang bisa memikat hati para pelanggan baru.

Cara Membangun Customer Relationship

Poin penting dalam customer retentation ini adalah membangun hubungan dengan pelanggan, lalu seperti apa cara membangun customer relationship yang kuat dengan pelanggan.

Banyaknya perusahaan atau bisnis yang menginvestasikan waktu dan uangnya untuk membangun customer relationship. Namun, seringkali ini dilupakan oleh Anda begitu ada initial sale.

Padahal, cara termudah intuk mengembangkan bisnis Anda yaitu dengab mempertahankan customer retentation pelanggan lama Anda. Caranya dengan memulailah dengan mendata berapa banyak customer Anda yang sudah tidak aktif lagi, dan jarang membeli-beli produk Anda, dan lakukan upaya untuk memperbaiki customer relationship dengan mereka agar mereka tertarik kembali dengan bisnis Anda.

Dari kebanyakan pelanggan yang tidak aktif ini, Anda bisa kembali membangun hubungan dengan mereka. Dengan menghubungi pelanggan-pelanggan yang tidak aktif ini nyatanya akan senang hati membangun hubungan kembali dengan Anda. Lakukanlah pendekatan yang tepat dan mudah untuk meningkatkan penjualan, karena pelanggan tersebut sudah pernah menggunakan produk atau layanan Anda sebelmnya.

Salah satu cara terbaik untuk mempertahankan customer ialah dengan memberikan layanan yang luar biasa. Ini akan membuat pelanggan lama kembali dan Anda juga bisa mendatangkan pelanggan baru, lho. Karena pelanggan lama akan bercerita mengenai produk Anda.

Secara tidak langsung, pelanggan lama akan merekomendasikan produk Anda kepada pelanggan baru. Maka dari itu, selalu memberikan respon cepat kepada pelanggan, dan pastikan juga memberikan layanan terbaik yang akan menciptakan komitmen.

Saatnya meningkatkan layanan customer engagement bersama kami untuk akselerasi bisnis di era digital. Sociomation merupakan platform kirim pesan otomatis ke database pelanggan berbasis skenario pengiriman. Sociomation akan memastikan pesan terkirim ke pelanggan melalui beragam percobaan kanal pengiriman secara otomatis seperti yang telah di skenariokan sebelumnya. Beragam kanal pengiriman pesan diantaranya, Email, SMS, Twitter, Telegram, dan WhatsApp.