5 Strategi Mempertahankan Customer Experience yang Positif

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Selasa, 15 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer Experience.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer Experience.

"Customer experience menjadi salah satu tantangan terbesar perusahaan di era digital. Dapatkan strategi yang mampu meningkatkan aspek tersebut di sini!"

Di tengah persaingan yang semakin ketat, perusahaan menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan customer experience yang positif. Menjaga kepuasan dan loyalitas mereka menjadi tugas yang kompleks bagi perusahaan, salah satunya perusahaan yang masih berkembang. Selain itu, perkembangan teknologi dan media sosial memungkinkan pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka dengan cepat, baik positif maupun negatif, yang dapat berdampak langsung pada reputasi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk secara aktif mengelola dan meningkatkan customer experience agar tetap relevan dan kompetitif di pasar yang dinamis ini. Berikut ini, Anda akan mendapatkan strategi jitu yang mampu mempertahankan hingga meningkatkan customer experience lebih cepat dari biasanya. Simak lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Customer Experience dan Seberapa Penting? 

Sebelum itu, sebenarnya customer experience itu apa ya? Dan apakah customer experience ini memegang peran penting untuk keberhasilan perusahaan? Jadi, customer experience berfokus kepada keseluruhan pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan suatu merek, produk, atau layanan. Hal ini mencakup semua aspek kontak mulai dari kesadaran awal hingga setelah pembelian. Pentingnya customer experience tidak dapat diabaikan, terutama di era digital saat ini. Pengalaman pelanggan yang positif dapat meningkatkan loyalitas, mendorong rekomendasi dari mulut ke mulut, dan pada akhirnya, berkontribusi pada pertumbuhan bisnis. Sebaliknya, pengalaman yang buruk dapat merusak reputasi merek dan menyebabkan hilangnya pelanggan. Jadi, patut untuk perusahaan dapat mengembangkan atau merancang strategi khusus demi kelancaran customer experience. Berikut ini, Anda akan mendapatkan tips atau strategi untuk mendapatkan customer experience yang positif. 

5 Strategi Jitu: Customer Experience Positif

Setelah memahami betapa pentingnya customer experience dalam mendukung pertumbuhan dan keberhasilan bisnis, saatnya kita menjelajahi beberapa strategi efektif yang dapat membantu menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Dengan mengikuti strategi-strategi ini, perusahaan Anda tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperkuat loyalitas dan kepercayaan mereka terhadap produk Anda. 

  • Pelayanan Cepat dan Responsif

Baiknya untuk meningkatkan customer experience Anda atau perusahaan perlu memperhatikan aspek ini. Pelanggan menginginkan respons cepat, terutama di era digital. Pastikan tim dukungan pelanggan memiliki akses ke informasi yang diperlukan untuk memberikan jawaban cepat dan akurat melalui berbagai platform seperti email, media sosial, atau live chat.

  • Cek Feedback Secara Berkala

Dengan mengumpulkan feedback pelanggan, baik positif maupun negatif, ini bisa menjadi salah satu cara yang mendukung peningkatan customer experience. Perusahaan bisa membuat survei, kuesioner, atau platform review untuk menganalisis seluruh ulasan pelanggan, sehingga mampu mengatasi keluhan yang menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi demi kepuasan mereka.

  • Personalisasi Pengalaman Pelanggan 

Menggunakan data pelanggan untuk memahami preferensi, kebutuhan, dan riwayat interaksi mereka akan menciptakan customer experience yang relevan dan memuaskan. Dengan personalisasi, pelanggan merasa dihargai, yang akan meningkatkan loyalitas mereka.

  • Gunakan Contact Center Outsourcing

Kemudian, salah satu strategi yang patut Anda atau perusahaan Anda coba ialah dengan menggunakan contact center outsourcing. Mengapa? Karena, dengan bantuan ini, perusahaan akan membagi fokus bisnisnya yaitu customer experience kepada tim atau agen outsourcing (pihak ketiga). Sehingga, seluruh kebutuhan pelanggan akan langsung ditangani dari ahlinya.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengukur Customer Experience

Alasan Outsourcing Bisa Pertahankan Customer Experience yang Positif

Outsourcing dapat menjadi strategi efektif untuk mempertahankan customer experience yang positif, dan ada beberapa alasan mengapa hal ini sangat bermanfaat. Sebagai berikut:

  1. Outsourcing memberikan akses ke keahlian dan sumber daya yang diperlukan, memastikan pelanggan mendapatkan bantuan dari tim yang terlatih dan berpengalaman dalam layanan pelanggan. Perusahaan juga bisa dengan mudah fokus pada aspek inti bisnisnya saja, memungkinkan alokasi waktu dan sumber daya yang lebih besar untuk inovasi produk dan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. 
  2. Outsourcing ini juga mampu meningkatkan fleksibilitas perusahaan, di mana perusahaan dapat menyesuaikan jumlah staf layanan pelanggan sesuai dengan kebutuhan, terutama saat permintaan meningkat. 
  3. Responsivitas juga menjadi lebih baik, karena penyedia layanan outsourcing memiliki sistem yang lebih efisien untuk menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan, yang memastikan respons cepat dan memuaskan. 
  4. Penyedia outsourcing dilengkapi dengan alat canggih dan terbaru untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan, seperti AI, Bot, dan masih banyak lagi.
  5. Outsourcing juga menawarkan layanan pelanggan 24/7, memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang mungkin memiliki pertanyaan atau masalah di luar jam kerja normal. 

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, outsourcing tidak hanya tentang pengurangan biaya, tetapi juga tentang meningkatkan customer experience dan membangun hubungan yang lebih kuat antara perusahaan dan konsumennya.

Outsourcing Terbaik untuk Customer Experience yang Positif: BPO Contact Center dari Ivosights

Tertarik dengan outsourcing atau pengalihan salah satu fokus bisnis perusahaan ke pihak ketiga? Di Ivosights ada BPO Contact Center yang siap membantu perusahaan Anda. BPO Contact Center dari Ivosights memberikan  dukungan layanan serta teknologi komprehensif dari Ivosights. BPO Contact Center menjadi solusi efektif dan efisien untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan beragam layanan. Layanan dari Ivosights melibatkan penyediaan agen layanan pelanggan yang berkualitas dan terlatih, fungsi manajemen & operasional, penyediaan fasilitas & lokasi, serta teknologi lengkap guna menunjang kelancaran operasional pelayanan untuk meningkatkan customer experience. Tunggu apa lagi? Mulai beralih ke BPO Contact Center dan pantau peningkatan customer experience positif secara cepat.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami