Tren Customer Engagement meningkat di 2024! 

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 26 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Ketahui serba-serbi tentang tren customer engagement yang meningkat di 2024 di sini!"

Siapa, sih, yang tidak mau bisnisnya kebanjiran konsumen dan pelanggan setia? Pasti semua pebisnis mengharapkan itu. Dengan koneksi perasaan emosional baik yang terbangun antara brand dan konsumen membuat nilai bisnis itu meningkat dan popularitasnya melejit! 

Sebelum itu perusahaan wajib tahu dulu bahwa customer engagement adalah adalah proses interaksi antara pelanggan dan perusahaan untuk membangun hubungan yang positif. Tujuannya adalah untuk memberikan nilai kepada pelanggan di luar produk atau layanan yang mereka beli. 

2024 menjadi tahun yang penuh tantangan karena kebutuhan dan perhatian tren pasar akan bergeser ke generasi Z yang sangat dinamis dan mengandalkan objek visual entertainment daripada tekstual. Banyak profesional bisnis dan stakeholders, bahkan institusi pemerintahan memprioritaskan customer engagement. Namun, menemukan cara untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan loyalitas merek bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu kebutuhan customer engagement meningkat! 

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Engagement?

Banyak hal yang dapat dilakukan seperti memperjelas visi dan misi perusahaan, meningkatkan personalisasi interaksi, memanfaatkan social media campaign dan feed yang menarik, menciptakan jargon yang kuat seperti “Just Do It,” Nike, membuat sistem pembelian reward seperti mixue reward points. Namun, yang lebih penting dari semua faktor itu adalah mempelajari Matriks untuk mengukur Customer Engagement, yaitu: 

  • Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)

Kepuasan pelanggan mengukur kepuasan pelanggan terhadap interaksi, produk, atau layanan tertentu. Biasanya diukur melalui survei Net Promoter Score (NPS) atau survei CSAT yang menanyakan kepada pelanggan, "Seberapa puaskah anda dengan produk atau layanan ini?"

  • Social Media Insight

Seberapa aktifkah audiens di platform media sosial? Jawabannya terletak pada jumlah suka, jumlah share, jangkauan, tingkat keterlibatan, atau tingkat pertumbuhan pengikut.

Baca Juga: Tips Menggali Insight Pelanggan Bisnis Digital Anda

  • Penjualan dan Pembelian Berulang

Penjualan dan pembelian berulang sangat mengindikasikan bahwa merek/brand beresonansi dengan pelanggan. Lebih banyak pelanggan tetap berarti keterlibatan dan loyalitas pelanggan yang kuat. Meskipun pembelian dapat mengindikasikan keterlibatan pelanggan, sangat penting untuk mempertimbangkan metrik lainnya. Jika bisnis/perusahaan memiliki banyak pelanggan pertama kali tetapi hanya sedikit pelanggan yang loyal, maka Customer Engagement mungkin perlu ditingkatkan.

  • Feedback dan Reviews 

Umpan balik dan ulasan online menunjukkan pemikiran orang tentang merek/brand. Bahkan umpan balik negatif pun menunjukkan bahwa pelanggan peduli dengan peningkatan dan kesuksesan merek. Mereka cukup terlibat untuk menyarankan bagaimana merek dapat meningkatkan kualitasnya.

  • Jumlah Subscriber 

Secara organik, jumlah pelanggan yang tinggi menunjukkan jangkauan yang lebih luas. Tidak seperti pengunjung, pelanggan bersedia mempertahankan hubungan jangka panjang dengan merek, sehingga mereka mendaftar untuk menerima konten dan pembaruan dalam jangka waktu yang lama. 

  • Customer Effort Score (CES)

CES mengukur kemudahan pengalaman pelanggan dengan interaksi, produk, atau layanan tertentu. CES menilai seberapa mudah bagi pelanggan untuk mencapai tujuan mereka. Seberapa sulit bagi pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka atau mendapatkan jawaban dari merek perusahaan? CES biasanya diukur dengan menanyakan, "Dalam skala 1 hingga 7, seberapa besar ekspektasi Anda untuk mendapatkan support agent untuk menangani permintaan Anda?"

  • Menggunakan Digital Monitoring Tools

Digital monitoring tools atau alat pemantau digital adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi aktivitas digital seseorang, seperti penggunaan perangkat lunak, penggunaan internet, atau aktivitas online lainnya.

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights! 

Saat ini Anda bisa mendapatkan jasa dan layanan data analisis yang komprehensif untuk data report bisnis maupun di media sosial. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat berdasarkan pengolahan data percakapan digital. Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda mengelola big data sekaligus menganalisisnya.

Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industri Anda memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral! Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami