Customer Engagement, Ini Alasan Interaksi Pelanggan Diperlukan

Sociomile | Selasa, 23 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

Setiap perusahaan tentu ingin membangun hubungan positif dengan para pelanggannya. Hal ini untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap bisnis, sehingga pelanggan akan kembali mengonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan bisnis. Untuk membangun hubungan yang positif dengan pelanggan, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah merancang strategi customer engagement.

Customer engagement adalah bagaimana suatu bisnis berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan untuk membangun hubungan dan menjaga loyalitas pelanggan.

Apa Manfaat Customer Engagement untuk Bisnis?

Efek domino. Semakin sering Anda melakukan customer engagement, semakin banyak customer insight yang akan Anda peroleh. Customer insight adalah interpretasi yang digunakan oleh bisnis untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang perilaku pelanggan. Melalui insights, Anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan para pelanggan, yang akan membantu Anda dalam menentukan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Customer engagement akan semakin efektif jika dilakukan pada banyak saluran.  Hal ini dilakukan untuk memudahkan mereka berinteraksi dengan pelanggannya.

Manfaat Customer Engagement

#1 Memudahkan konsumen berinteraksi

Dengan hadir diberbagai saluran memudahkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Anda pun akan memiliki kesempatan lebih untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

#2 Interaksi tanpa batas

Tak hanya tersedia diberbagai saluran komunikasi, bisnis pun harus responsif selama melakukan customer engagement. Terkadang, pelanggan menghubungi di luar jam kerja dan ingin mendapat respon sesegera mungkin tanpa menunggu lama. Oleh karena itu, sebaiknya bisnis harus aktif selama 24/7.

#3 Menciptakan percakapan personal

Dalam melakukan customer engagement, dibutuhkan personalisasi percakapan guna mendekatkan diri dengan pelanggan. Untuk itu, diperlukan kombinasi antara bot dan manusia agar tercipta personalisasi percakapan. Bot akan menangani pesan pelanggan yang bersifat FAQ, sedangkan agen akan menangani pesan pelanggan yang lebih kompleks.

Optimalisasi Customer Engagement

Customer engagement dapat memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan. Tanpa customer engagement, Anda mungkin akan melewatkan banyak peluang untuk mempertahankan pelanggan ataupun mendapatkan pelanggan baru. Bagaimana cara mengoptimalkan strategi customer engagement? Pertama, hadir diberbagai saluran komunikasi. Kedua, interaksi tanpa batas, kapan pun dan dimanapun. Terakhir, menggunakan human-bot collaboration untuk memahami pelanggan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.