10 CRM Tools Efektif untuk Mengelola Komunikasi Bisnis dan Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 05 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM tools. Shutterstrock

"Temukan 10 CRM tools efektif untuk mengelola komunikasi bisnis dan pelanggan dengan efisien, meningkatkan produktivitas, dan membangun hubungan yang lebih baik."

Dalam era digital yang serba cepat ini, mengelola komunikasi bisnis dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi semakin kompleks dan menantang. Oleh karena itu, memiliki alat Customer Relationship Management (CRM) yang tepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. CRM tools tidak hanya membantu dalam mengorganisir dan mengelola informasi pelanggan, tetapi juga meningkatkan efisiensi tim, mempercepat proses penjualan, dan memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Artikel ini akan membahas 10 CRM tools efektif yang dapat membantu Anda mengelola komunikasi bisnis dan pelanggan dengan lebih efisien, memungkinkan bisnis Anda untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang kompetitif.

Apa itu CRM Tools? 

CRM atau customer relationship management adalah taktik yang digunakan oleh pengusaha untuk mengatur komunikasi serta interaksi antara perusahaan dan pelanggannya. Lazimnya, perusahaan memanfaatkan perangkat lunak untuk mendukung strategi CRM ini. Secara esensial, penggunaan CRM tools dapat memberikan dukungan kepada pengusaha dalam meraih profit dengan mempertinggi layanan pelanggan. Melalui terjalinnya komunikasi dan interaksi yang efisien dengan klien, pengalaman pelanggan dapat ditingkatkan secara signifikan. Akibatnya, klien menjadi sulit untuk beralih ke merek pesaing.

Baca Juga: Inilah Keunggulan Menggunakan CRM Tools Bagi Bisnis Kecil  

Rekomendasi CRM Tools Terbaik

Beberapa rekomendasi sentiment analysis tools terbaik adalah sebagai berikut:

  • Sociomile

Sociomile adalah CRM tools yang dikembangkan oleh Ivosights, perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang penyedia solusi bisnis. CRM tools ini terdiri dari software contact center yang mampu mengintegrasikan 12 kanal digital dan voice dalam satu dasbor. Selain itu, Sociomile juga didukung oleh teknologi AI atau bot. Keunggulan dari CRM tools Sociomile adalah kemampuan untuk mengkustomisasi fitur sesuai kebutuhan perusahaan. Sociomile juga menyediakan berbagai format laporan lengkap yang berguna untuk evaluasi kinerja. Untuk mengoptimalkan fungsinya, pengguna dapat mengintegrasikan CRM tools dengan digital media monitoring tools dari Ivosights, yaitu Ripple10.

  • Apptivo

Apptivo menyediakan CRM tools yang mudah digunakan. Apptivo memungkinkan pengguna untuk mengatur desain fitur sesuai kebutuhan, seperti Reports, Dashboards, Custom Views, dan Layouts. Apptivo juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga, seperti DropBox, GSuite, Wordpress, hingga aplikasi pembayaran.

  • HubSpot

HubSpot adalah CRM tools yang menawarkan berbagai perangkat lunak, integrasi sistem, dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan. Dengan layanan ini, perusahaan dapat berkembang lebih cepat dengan menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama.

  • Less Annoying

Less Annoying memiliki tiga keunggulan unik yang jarang dimiliki oleh CRM tools lainnya. Pertama, Less Annoying menawarkan agen customer service dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, menjamin keahlian mereka. Selain itu, CRM tools ini menawarkan harga yang terjangkau tanpa biaya tambahan. Terakhir, CRM tools ini berkomitmen untuk menjadi yang paling mudah digunakan, mendukung bisnis kecil.

  • PipeDrive

PipeDrive adalah CRM tools yang cocok untuk bisnis kecil hingga besar. PipeDrive memungkinkan penggunanya melacak jalur penjualan, mengelola prospek bisnis, dan mengotomatiskan seluruh proses penjualan dalam satu platform, sehingga Anda dapat fokus pada aspek operasional lainnya. 

  • Agile CRM

Agile CRM menyediakan CRM tools lengkap yang mengotomatisasi penjualan, pemasaran, dan layanan dalam satu platform dengan keamanan data yang terjamin, harganya terjangkau, mobile-friendly, dan mudah digunakan. Alat ini juga mendukung integrasi dengan Twitter, Facebook, Google Apps, Twilio, RingCentral, dan LinkedIn.

  • Copper

Copper adalah CRM tools yang membantu karyawan mengintegrasikan CRM dengan Google Workspace. Fitur-fitur di Copper terdiri dari pelacakan prospek, laporan, dan alat manajemen tugas untuk menyederhanakan komunikasi dan kolaborasi. 

  • Nimble

Nimble menyediakan CRM tools yang tidak hanya fokus pada penjualan tetapi juga pada hubungan antar tim. Nimble dapat digunakan di kotak masuk Outlook/Gmail, media sosial, dan situs web.

  • Sales Creatio

Sales Creatio adalah CRM tools yang mengelola penjualan dan mempercepat proses transaksi dengan berbagai cara. Hal ini termasuk dengan mengkonsolidasikan data pelanggan, mengotomatiskan alur kerja, memberikan prakiraan penjualan, mengelola kontrak dan dokumen, melacak pesanan, dan meningkatkan kolaborasi penjualan.

  • Freshsales

Freshsales adalah CRM tools dari Freshworks yang didukung oleh asisten digital AI. Freshsales membantu bisnis menjalankan kampanye penjualan, merampingkan alur transaksi, menghilangkan pekerjaan manual, dan mengotomatiskan tugas-tugas.

Baca Juga: Menakar Keberhasilan Bisnis Anda dengan Pemanfaatan CRM Tools

Sociomile dari Ivosights: CRM Tools Terbaik untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional Bisnis Anda!

Ivosights menyediakan CRM tools yang dapat digunakan untuk memaksimalkan strategi CRM, yaitu melalui Sociomile. Sociomile adalah platform contact center yang berisi integrasi 12 jenis kanal digital dan voice dalam 1 dasbor. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien, Sociomile juga merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Pelaku bisnis dapat memilih software CRM lain yang dapat terintegrasi dengan Sociomile juga, seperti Ripple10. Tunggu apalagi? Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh manfaat ini! Hubungi Ivosights untuk langkah menuju stabilitas bisnis!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami