Mengenal Lebih Jauh dengan Contact Data Enrichment

Sociomation


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Data enrichment. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Data enrichment. Shutterstock.

"Contact data enrichment merupakan proses menambahkan atau memperbarui informasi terkait kontak atau pelanggan yang telah ada dalam basis data"

Contact data enrichment merupakan salauh satu jenis dari data enrichment. Data enrichment sendiri adalah tool dan proses yang digunakan untuk meningkatkan atau memperbaiki data mentah (raw data) yang sudah ada. Artinya, data-data dari berbagai sumber digabungkan dalam satu tempat.

Kumpulan data ini akan menjadi acuan data yang bermanfaat bagi bisnis. Perusahaan kerap menggabungkan informasi internal dan eksternal untuk meningkatkan kualitas keputusan yang diambil berdasarkan data-data tersebut.

Apa Itu Contact Data Enrichment?

Contact data enrichment adalah proses menambahkan atau memperbarui informasi tentang kontak atau pelanggan yang telah ada dalam basis data. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber data eksternal, seperti data demografis, data keuangan, data geografis, atau data dari media sosial, untuk memperkuat profil pelanggan yang ada.

Tujuan dari contact data enrichment biasanya adalah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengirim konten yang lebih relevan kepada pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, atau membantu meningkatkan loyaltas pelanggan.

Contact data enrichment meliputi:

  • E-mail enrichment. Melalui email ini, Anda dapat memberikan daftar domain, nama perusahaan atau prospek, dan mendapatkan email yang divalidasi. Tujuan dari e-mail enrichment biasanya adalah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengirim konten yang lebih relevan kepada pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, atau membantu meningkatkan loyaltas pelanggan. Proses e-mail enrichment seringkali digunakan bersama dengan contact data enrichment untuk memperbarui dan menambah informasi tentang pelanggan secara keseluruhan.
  • Phone enrichment and validation. Anda dapat memperoleh nomor atau mendapatkan set nomor yang sudah divalidasi dan diperkaya. Tujuan dari phone enrichment and validation biasanya ialah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengirim konten yang lebih relevan kepada pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, atau membantu meningkatkan loyaltas pelanggan. Proses phone enrichment and validation kerap digunakan juga bersama dengan contact data enrichment untuk memperbarui dan menambah informasi tentang pelanggan secara keseluruhan.
  • Customer data enrichment. Tambahkan nama lengkap dengan penulisan yang benar, verifikasi status pekerjaan saat ini, verifikasi jabatan, kualifikasi, dan banyak lagi. Tujuan dari customer data enrichment biasanya adalah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengirim konten yang lebih relevan kepada pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, atau membantu meningkatkan loyaltas pelanggan. Proses customer data enrichment bisa meliputi pengayaan data tentang alamat email, nomor telepon, dan informasi lainnya tentang pelanggan.

Manfaat Contact Data Enrichment

Berikut adalah beberapa manfaat dari contact data enrichment:

  • Meningkatkan Relevansi Komunikasi

Contact data enrichment dapat memperbarui dan menambah informasi tentang pelanggan sehingga perusahaan Anda dapat mengirim konten yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi pelanggan. Ini dapat meningkatkan tingkat respons dan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

  • Meningkatkan Konversi

Dengan Contact data enrichment ini perusahaan dapat memiliki informasi yang lebih lengkap dan terbaru tentang pelanggan, perusahaan dapat menyajikan tawaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini dapat meningkatkan tingkat konversi dan menambah pendapatan perusahaan.

  • Meningkatkan Efisiensi

Contact data enrichment dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola basis data dengan lebih efisien. Ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencari dan mengakses informasi tentang pelanggan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

  • Menjadi lebih Kompetitif

Dengan memiliki informasi yang lebih lengkap tentang pelanggan, perusahaan dapat lebih kompetitif di pasar yang tersedia. Ini dapat membantu perusahaan menemukan peluang baru dan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Kesimpulan

Contact data enrichment merupakan proses menambahkan atau memperbarui informasi tentang kontak atau pelanggan yang telah ada dalam basis data. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber data eksternal, seperti data demografis, data keuangan, data geografis, atau data dari media sosial, untuk memperkuat profil pelanggan yang ada.

Platform Pengiriman Pesan Otomatis Berbasis Skenario

Kini pengelolaan data pelanggan dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan fitur data enrichment. Salah satu platform digital yang dapat memantau data pelanggan Anda dengan fitur data enrichment adalah Sociomation.

Sociomation merupakan platform pengiriman pesan otomatis berbasis skenario multi-channel pertama dan satu-satunya karya asli anak bangsa. Sociomation merupakan platform kirim pesan otomatis ke database pelanggan berbasis skenario pengiriman. Sociomation akan memastikan pesan terkirim ke pelanggan melalui beragam percobaan kanal pengiriman secara otomatis seperti yang telah di skenariokan sebelumnya. Beragam kanal pengiriman pesan diantaranya, Email, SMS, Twitter, Telegram, dan WhatsApp.

Sociomation merupakan Automation Social CRM berbasis skenario yang dilengkapi dengan fitur data enrichment. Berfungsi sebagai platform yang dapat terhubung langsung dengan big data, sehingga secara otomatis akan memperkaya data pelanggan dengan profile behavior secara lengkap.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami