5 Alasan Contact Center Outsourcing untuk Investasi Bisnis Start-up!

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Rabu, 09 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center Outsourcing.
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center Outsourcing.

"Ini dia 5 alasan mengapa contact center outsourcing menjadi solusi investasi untuk bisnis start-up. Simak dan dapatkan manfaatnya!"

Memulai bisnis start-up memang menarik perhatian dan menawarkan berbagai peluang yang menjanjikan. Namun, di balik itu semua ada berbagai tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam hal investasi. Mendapatkan pendanaan yang cukup dan mengelola modal secara efektif menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan start-up. Untuk itu, penting bagi start-up meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau layanan yang dipasarkan. Di sinilah contact center outsourcing sebagai salah satu solusi yang bisa start-up terapkan. Karena, pada umumnya penyedia layanan contact center outsourcing menawarkan biaya yang cukup terjangkau. Mau mengetahui lebih jauh tentang contact center outsourcing? Simak artikel ini hingga akhir dan dapatkan rekomendasinya. 

Pengertian Contact Center Outsourcing

Sebelumnya, apa itu outsourcing? Outsourcing atau pekerja alih daya ialah praktik bisnis di mana perusahaan menyerahkan sebagian tugas, fungsi, atau proses bisnisnya kepada pihak ketiga yang memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. Contohnya contact center outsourcing. Jadi, contact center outsourcing adalah penyedia jasa atau tim agen dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan memastikan bahwa pelanggan mendapatkan dukungan yang cepat dan profesional. Contact center outsourcing juga memungkinkan bisnis untuk fokus pada kegiatan inti mereka, sementara penyedia layanan bertanggung jawab atas manajemen interaksi pelanggan, seperti panggilan telepon, email, chat, dan media sosial. Namun, apa bedanya dengan contact center yang biasa? 

5 Alasan Contact Center Outsourcing untuk Investasi Start-up

Berikut ini adalah perbedaan contact center outsourcing dengan contact center  biasa yang akan perusahaan start-up Anda dapatkan dan cocok untuk berinvestasi jangka panjang. Simak alasannya di bawah ini:

Pengelolaan

  • Contact center outsourcing, dikelola oleh pihak ketiga atau perusahaan eksternal. Perusahaan yang meng-outsource contact center-nya menyerahkan operasional layanan pelanggan kepada penyedia layanan yang ahli di bidangnya.
  • Contact center, sepenuhnya dikelola oleh perusahaan. Sehingga sebagai perusahaan yang masih start-up cukup menjadi tantangan, karena semua aspek layanan pelanggan ditangani oleh staf internal perusahaan.

Workflow

  • Contact center outsourcing, perusahaan atau start-up dapat lebih fokus pada aktivitas inti bisnisnya karena seluruh operasional contact center seluruhnya ditangani oleh pihak ketiga atau penyedia layanan alih daya ini.
  • Contact center, perusahaan harus membagi fokus dan sumber daya antara aktivitas inti dan pengelolaan layanan pelanggan.

Biaya

  • Contact center outsourcing, lebih ekonomis karena tidak perlu investasi besar untuk infrastruktur, rekrutmen, pelatihan, dan operasional harian pusat kontak/ panggilan. Biaya tetap dibayarkan ke pihak penyedia outsourcing.
  • Contact center,  lebih mahal karena perusahaan harus membangun dan memelihara infrastruktur sendiri, merekrut dan melatih staf, serta mengelola biaya operasional harian.

Skalabilitas

  • Contact center outsourcing, lebih mudah untuk ditingkatkan atau dikurangi sesuai kebutuhan tanpa memerlukan investasi besar dalam sumber daya atau infrastruktur tambahan.
  • Contact center,  skalabilitas memerlukan perencanaan matang dan investasi tambahan dalam hal perekrutan dan infrastruktur.

Sumber Daya

  • Contact center outsourcing, biasanya penyedia layanan memiliki spesialisasi dan keahlian tinggi dalam operasional contact center, karena fokus mereka hanya pada layanan tersebut.
  • Contact center, memerlukan waktu untuk mengembangkan keahlian internal, pelatihan staf, dan peningkatan kemampuan teknis untuk memastikan layanan berkualitas.

Baca Juga: Solusi Hemat dan Berkualitas dengan Contact Center Outsourcing

Jenis Start-up yang Membutuhkan Contact Center Outsourcing

Dengan penerapan contact center outsourcing lebih dulu, mampu mengoptimalkan meningkatkanya persentase investasi yang tinggi jauh lebih dahulu dan cepat. Sebenarnya, jenis atau tipe perusahaan start-up seperti apa yang memerlukan contact center outsourcing ini? Berikut ini daftar perusahaan yang disarankan menggunakan contact center outsourcing:

  1. Perusahaan Teknologi
  2. Perusahaan Telekomunikasi
  3. Perusahaan Retail
  4. Perusahaan Hospitality
  5. DLL

Beralih ke Contact Center Outsourcing dari Ivosights: BPO Contact Center!

Beralih ke BPO Contact Center dari Ivosights adalah langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan pelanggan bisnis Anda. Ivosights menawarkan solusi BPO Contact Center yang didukung oleh agen-agen terlatih, teknologi mutakhir, serta sistem manajemen yang andal. Dengan memilih outsourcing dari Ivosights, perusahaan Anda dapat fokus pada inti bisnis tanpa harus khawatir tentang operasional harian layanan pelanggan. Selain itu, fleksibilitas yang ditawarkan memungkinkan penyesuaian skala sesuai kebutuhan, baik saat bisnis tumbuh pesat maupun dalam kondisi yang lebih tenang. Jadi, jika Anda mencari solusi yang dapat meningkatkan kinerja dan menjaga kepuasan pelanggan, BPO Contact Center dari Ivosights adalah jawabannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami