5 Alasan Pentingnya Lokasi Gedung yang Strategis untuk Contact Center

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 10 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock

"Anda tidak bisa asal mengatur lokasi gedung contact center. Optimalkan dengan memperhatikan juga apakah letaknya sudah strategis atau belum"

Sebagai tempat kerja yang menangani komunikasi dan interaksi dengan pelanggan, pemilihan lokasi yang tepat dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis, termasuk juga dalam layanan contact center. Lokasi gedung yang strategis salah satunya akan memudahkan pelanggan atau para agen untuk menjangkau layanan perusahaan Anda yang satu ini.

Peran Lokasi Gedung dalam Operasional Contact Center

Penentuan lokasi gedung yang benar akan menentukan kegiatan operasional contact center. Berikut adalah beberapa aspek yang dipengaruhi berkat penentuan lokasi gedung ini:

  • Aksesibilitas

Strategisnya, lokasi gedung contact center harus mudah diakses oleh para agen contact center maupun pelanggan yang hendak mengajukan keluhan. Ketersediaan transportasi publik, kemudahan parkir, dan aksesibilitas yang baik akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi semua pihak yang terlibat dalam operasional contact center.

  • Komunikasi yang Lancar

Lokasi gedung yang strategis juga akan melancarkan komunikasi antara contact center dengan departemen atau tim lain dalam perusahaan. Kemudahan dalam berkomunikasi ini akan meningkatkan efektivitas dan kecepatan respon terhadap permintaan ataupun kendala yang muncul.

  • Konektivitas Teknologi

Lokasi gedung yang baik harus didukung dengan infrastruktur teknologi yang memadai. Konektivitas internet cepat dan stabil, jaringan telekomunikasi yang handal, serta dukungan teknologi lainnya menjadi faktor penting untuk menjalankan operasional contact center dengan efisien.

Baca juga: Kriteria Penting Memilih Infrastruktur Teknologi untuk Perusahaan BPO

Beberapa Faktor Penentu Kestrategisan Gedung Operasional Contact Center

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan kestrategisan gedung operasional contact center:

  • Keberadaan Pelanggan

Memilih lokasi gedung yang dekat dengan pelanggan target adalah sebuah langkah yang penting. Dengan ini, layanan contact center akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan serta meminimalkan waktu respons terhadap permintaan atau keluhan mereka.

  • Infrastruktur dan Fasilitas Sekitar

Ketersediaan restoran, bank, pusat perbelanjaan, atau fasilitas lain yang relevan dapat meningkatkan kenyamanan bagi karyawan dan pelanggan. Selain itu, keamanan dan lingkungan sekitar juga harus dipertimbangkan.

  • Ketersediaan Tenaga Kerja

Lokasi gedung yang strategis harus dapat menarik tenaga kerja yang berkualitas. Memilih lokasi di dekat pusat perkantoran atau area dengan tingkat pengangguran rendah dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan karyawan kompeten dan berpengalaman dalam bidang contact center.

Manfaat Memiliki Gedung dengan Lokasi Strategis untuk Contact Center

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dengan gedung contact center yang terletak di lokasi strategis:

  • Peningkatan Efisiensi Operasional

Dengan memilih lokasi gedung yang strategis, contact center dapat mengoptimalkan efisiensi operasionalnya. Dekatnya jarak antara gedung contact center dengan pelanggan atau departemen lain dalam perusahaan memungkinkan waktu respons yang lebih cepat. 

  • Peningkatan Kualitas Layanan

Lokasi gedung yang strategis akan berpengaruh terhadap kualitas layanan yang diberikan contact center. Mudahnya aksesibilitas bagi pelanggan membuat mereka lebih termotivasi untuk menghubungi contact center untuk mengajukan pertanyaan atau komplain.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Lokasi gedung yang strategis berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan. Dengan waktu respons yang lebih cepat, pemberian solusi yang memadai, dan komunikasi yang lancar, pelanggan akan merasa didengar dan dihargai. Dengan ini, tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan semakin naik.

  • Menarik Bakat dan Karyawan Berkualitas

Lalu, lokasi gedung yang strategis dapat menarik minat karyawan berkualitas. Gedung contact center yang berlokasi di pusat perkantoran atau daerah yang diminati oleh para profesional dapat meningkatkan peluang untuk merekrut agen dengan kemampuan dan pengalaman yang lebih baik.

  • Keunggulan Bersaing

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki gedung contact center dengan lokasi yang strategis dapat memberikan keunggulan untuk bersaing. Perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, waktu respons yang lebih cepat, dan interaksi yang lebih efektif dengan pelanggan, akan membuatnya lebih unggul dibanding perusahaan kompetitor.

Baca juga: 3 Produk BPO Contact Center Ini Dapat Mendukung Layanan Pelanggan Anda

Tentukan Lokasi Layanan Contact Center dengan Strategis bersama Ivosights

Setelah melihat apa saja keuntungan yang diberikan oleh peletakkan gedung contact center secara strategis, tentunya Anda harus menyusun strategi terkait lokasi gedung ini secara penuh pertimbangan. Dengan ini, para karyawan layanan maupun pelanggan perusahaan akan mendapatkan kemudahan aksesibilitas. Anda juga dapat meningkatkan peluang untuk merekrut calon-calon agen dengan skill dan pengalaman cukup jika gedung perusahaan Anda terletak di kawasan perkantoran strategis.

Jika Anda mengalami kendala terkait ketersedian lokasi, agen berkompeten, hingga teknologi pendukung contact center, Anda dapat menghubungi tim Ivosights sebagai penyedia layanan BPO Contact Center. Ini dikarenakan kami menyediakan lokasi strategis dengan kelengkapan fasilitasnya, sumber daya untuk perusahaan, hingga teknologi pendukung semisalnya sistem CRM dan asisten virtual bernama Sociobot. Lakukan konsultasi segera dengan kami untuk mendapatkan solusi terbaik guna meningkatkan kualitas layanan pelanggan perusahaan Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami