Kenali 5 Jenis Command center Berdasarkan Kebutuhannya

Command Center Provider


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.

"Command center, sebuah tempat yang menyediakan fasilitas & teknologi untuk mengkoordinasikan & mengontrol aktivitas yang terkait dengan suatu organisasi/sistem"

Setiap industri umumnya membutuhkan command center untuk mencegah kesulitan yang mungkin terjadi di depan sana. Dengan fungsinya yang bisa mendeteksi marabahaya di depan, tentunya command center bisa meningkatkan kinerja perusahaan dengan lebih baik.

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, command center disebut juga sebagai sebuah pusat atau tempat yang menyediakan fasilitas dan teknologi yang diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengontrol aktivitas atau operasi yang terkait dengan suatu organisasi atau sistem.

Command center biasanya memiliki sistem informasi yang terintegrasi, termasuk sistem telekomunikasi, sistem informasi geografis, sistem monitering, dan sistem pengambilan keputusan, yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarluaskan informasi yang diperlukan untuk mengontrol dan mengkoordinasikan aktivitas terkait.

Hal inilah yang membuat command center penting untuk perusahaan atau institusi. Perusahaan atau institusi dapat mencegah setiap krisis yang akan terjadi, baik tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaan, dan langkah penyediaan informasi publik. Bukan hanya itu, sebenarnya hal yang bisa diperoleh dari suatu perusahaan yang menggunakan command center masih banyak. Selain bisa mencegah krisis yang akan terjadi, command center juga bisa menjadi solusi untuk penyebaran informasi tercepat dan ter-update untuk semua pekerja atau pelanggan.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui beberapa hal tentang command center terutama pada bagian jenis-jenisnya sesuai dengan kebutuhannya. Untuk kamu yang ingin meningkatkan performa bisnis lewat command center pastinya tidak bisa melewatkan informasi penting yang satu ini. Pastikan kamu menyimak artikel ini sampai selesai, ya!

5 Jenis Command center Berdasarkan Kebutuhannya

Command center sering digunakan dalam bidang seperti keamanan, transportasi, militer, dan krisis manajemen untuk memantau dan mengontrol situasi yang terjadi secara real-time. Namun, pengertian sesuai kebutuhannya juga perlu kamu ketahui. Berikut ini beberapa jenis command center sesuai dengan kebutuhannya yang wajib kamu ketahui:

  • Command center keamanan

Command center berdasarkan kebutuhan yang pertama adalah command center keamanan. Command center digunakan di bidang keamanan untuk mengkoordinasikan dan mengontrol aktivitas keamanan, seperti menangani kejadian darurat, mengontrol akses ke suatu area, dan memantau situasi keamanan secara real-time. Command center keamanan umumnya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan outdoor.

  • Command center transportasi

Command center berdasarkan kebutuhan yang kedua adalah command center transportasi. Command center digunakan untuk kebutuhan transportasi. Command center yang digunakan untuk transportasi berfungsi untuk mengkoordinasikan dan mengontrol aktivitas transportasi, seperti mengelola lalu lintas, mengatur jadwal penerbangan, dan memantau ketersediaan armada. Command center transportasi digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan logistik yang memudahkan penyebaran informasi kepada pelanggan dan kurir.

  • Command center militer

Command center berdasarkan kebutuhan yang ketiga adalah command center militer. Command center militer adalah command center yang digunakan oleh militer untuk mengkoordinasikan dan mengontrol operasi militer, seperti mengelola pasukan, mengontrol pergerakan armada, dan memantau situasi militer secara real-time.

  • Command center krisis manajemen

Command center krisis manajemen adalah command center yang digunakan untuk mengkoordinasikan dan mengontrol aktivitas penanganan krisis, seperti mengelola bencana alam, menangani kejadian darurat, dan memantau situasi krisis secara real-time. Command center untuk krisis manajemen umumnya digunakan pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan informasi geografis seperti BMKG.

  • Command center komunikasi

Command center berdasarkan kebutuhan selanjutnya adalah command center komunikasi. Command center komunikasi adalah command center yang digunakan untuk mengkoordinasikan dan mengontrol aktivitas komunikasi, seperti mengelola sistem telekomunikasi, mengatur jadwal penerbangan, dan memantau ketersediaan armada. Dikarenakan aktivitas komunikasinya yang banyak, command center ini biasanya digunakan pada banyak industri yang selalu membutuhkan update informasi seperti penerbangan dan kereta api.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai command center. Kini kamu mengetahui bahwa command center dibutuhkan oleh berbagai industri dengan fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu jika kamu ingin memilih provide command center untuk perusahaanmu, pastikan kamu mengetahui fungsi dan kebutuhannya agar tepat guna dan tepat sasaran!

Untuk membantu perusahaan atau institusi menghadapi krisis manajemen atau jika kamu membutuhkan provider command center yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, kamu bisa mengandalkan Ivosights. Ivosights hadir dengan layanan digital command center terdepan yang pastinya siap membantu meningkatkan kualitas dan performa perusahaanmu. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami di www.ivosights.com atau hubungi tim kami.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami