Churn Management: Pengertian dan Cara Mengatasinya

BPO Contact Center | Selasa, 30 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

Perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal, tidak ada yang lebih penting daripada retensi pelanggan. Kemampuan untuk mengembangkan dan mempertahankan basis pelanggan yang setia adalah tujuan utama bagi perusahaan mana pun, dan metode pembelajaran yang membantu Anda mengurangi dan mencegah churn pelanggan bisa sangat berharga. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu customer churn, cara mencegahnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi customer churn.

Pengertian Churn Management

Churn Management adalah metrik bisnis yang mengukur jumlah pelanggan yang telah berhenti menggunakan produk atau layanan Anda. Kadang-kadang disebut sebagai pergantian atau pengurangan pelanggan, pergantian pelanggan bisnis adalah alat analisis yang kuat dan berukuran proporsional.

Ketika perusahaan mampu mengurangi atau mencegah churn pelanggan, mereka dapat meningkatkan customer lifetime value (CLV). CLV adalah jumlah total uang yang dapat Anda harapkan dari rata-rata pelanggan untuk dibelanjakan dengan bisnis Anda selama masa hidup mereka.

Jauh lebih murah bagi perusahaan untuk mempertahankan basis pelanggan mereka saat ini daripada mencari sumber daya untuk mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu, mengeksplorasi strategi untuk mengurangi dan mencegah churn pelanggan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Cara Mencegah Churn Management

Untungnya, ada banyak cara untuk mengurangi bahkan mencegah pergantian pelanggan. Kiat-kiat berikut dapat membantu Anda meningkatkan tingkat churn pelanggan organisasi Anda:

#1 Tren studi

Tinjau data Anda untuk pola. Apakah orang pergi setelah jangka waktu tertentu? Setelah insentif berakhir? Setelah Anda menaikkan tarif Anda? Demikian juga, lihat data orang-orang yang tetap setia pada perusahaan Anda dari tahun ke tahun. Menentukan alasan mengapa beberapa orang pergi dan yang lain tetap dapat membantu mengurangi dan mencegah churn pelanggan.

#2 Komunikasikan manfaat produk atau layanan Anda

Langkah lain yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan retensi pelanggan adalah secara aktif mengkomunikasikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda. Apa yang membuat Anda menonjol dari pesaing Anda? Pastikan pelanggan Anda memiliki semua alat yang mereka pesan untuk sepenuhnya menerapkan penawaran perusahaan Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan menawarkan pembaruan berita reguler, informasi tentang peningkatan, dan penawaran khusus. Dan tetap di atas pemasaran ke pelanggan potensial juga. Tetap perbarui posting media sosial dan iklan lainnya, dan pastikan untuk menawarkan insentif pelanggan baru jika data Anda menunjukkan bahwa ini berfungsi untuk jenis bisnis Anda.

#3 Identifikasi pelanggan Anda yang berisiko

Anda dapat mengurangi tingkat churn pelanggan Anda dengan Mengidentifikasi dan berfokus pada pelanggan Anda yang paling berisiko. umumnya mudah untuk mengidentifikasi pelanggan ini. harapan dengan menunjukkan pelanggan yang sudah lama tidak dihubungi.

Tentukan apakah ada pelanggan yang mungkin telah meminta informasi atau penawaran dan belum menerima apa yang mereka pesan. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda menjadi lebih proaktif dalam melibatkan pelanggan ini, meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan tetap setia pada bisnis Anda.

#4 Fokus pada layanan pelanggan

Memberikan layanan pelanggan yang hebat adalah cara yang bagus untuk meningkatkan retensi pelanggan. Pelanggan yang merasa mereka merasa dan mereka mengatakan mereka setia cenderung setia pada merek yang setia kepada mereka.

#5 Pantau keluhan

Pantau keluhan secara teratur dan segera lakukan tindakan saat terjadi. Jika keluhan pelanggan ditangani secara langsung, kemungkinan besar mereka akan tetap loyal kepada perusahaan. Selain itu, mereka lebih cenderung menjadi pendukung merek Anda. Cari tren—adakah keluhan atau kekurangan produk yang konsisten yang dapat diatasi? Pelanggan dapat menjadi peluang untuk meningkatkan produk atau layanan Anda, dan pada akhirnya akan menguntungkan tingkat retensi pelanggan Anda.

Kesimpulan

Churn management mengindikasikan bahwasannya pelanggan tersebut harus dapat dilakukan monitoring agar kita sebagai perusahaan dapat menganalisis hal-hal yang sesuai dan dapat dilakukan improvisasi kedepannya. BPO Contact Center adalah salah satu cara untuk mengurangi customer churn. Hal ini sangat ampuh untuk perusahaan agar dapat melayani pelanggan secara tepat dan tuntas.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.