Konsultasi dengan Dokter Semakin Mudah dengan Chatbot!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 04 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Saat ini konsultasi dengan dokter menjadi lebih mudah, karena bisa dilakukan dari jarak jauh. Yuk, manfaatkan teknologi chatbot untuk ini"

Masyarakat cenderung malas untuk berkonsultasi dengan dokter ke rumah sakit lantaran banyaknya hal yang lebih dulu memundurkan niat mereka, salah satunya adalah karena harus mengantri dan menunggu dengan waktu yang cukup lama. Hal ini terkadang menjadi kendala dan masalah serius karena bisa meningkatkan resiko penyakit yang ingin dikonsultasikan. Namun, masalah seperti ini sudah cukup mereka dengan hadirnya aplikasi kesehatan yang memiliki berbagai macam fitur dan fungsi yang memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah fitur chatbot yang ada di aplikasi ini. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini!

Pengertian Chatbot

Chatbot didefinisikan sebagai aplikasi percakapan yang membantu dalam layanan pelanggan, keterlibatan, dan dukungan dengan mengganti atau menambah agen dukungan manusia dengan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi otomasi lainnya yang dapat berkomunikasi dengan pengguna akhir melalui obrolan. Banyak bisnis sekarang menggunakan chatbot untuk mengotomatiskan pengalaman pengguna dan fitur transaksional. Perusahaan dan pemilik bisnis mengalami penghematan biaya yang cukup besar dan menjadi lebih efisien karena mereka mengurangi ketergantungan mereka kepada personel pendukung dan operator langsung.

Lebih lanjut, chatbot adalah program komputer yang mereplikasi dan menganalisis dialog manusia (lisan atau tulisan), memungkinkan manusia berkomunikasi dengan perangkat elektronik seolah-olah mereka sedang berbicara dengan agen langsung. Lebih lanjut untuk aplikasi kesehatan, penggunaan chatbot membuat pihak rumah sakit bisa lebih mudah untuk mendeteksi penyakit atau berkonsultasi secara singkat dengan para pasien tanpa memerlukan interaksi langsung dengan dokter. Singkatnya, penggunaan chatbot sangat berguna untuk banyak bidang.

Baca Juga: Alasan Aplikasi Kerohanian Harus Gunakan Chatbot!

Manfaat Penggunaan Aplikasi Kesehatan untuk Masyarakat

  • Konsultasi dari Jarak Jauh

Salah satu manfaat utama yang sangat memudahkan masyarakat dalam penggunaan aplikasi kesehatan adalah mereka dapat dengan mudah melakukan konsultasi dari jarak jauh. Hal ini sangat memudahkan para pasien yang ingin pergi ke rumah sakit tetapi terhalang jarak sehingga tidak menghalangi mereka untuk berkonsultasi dengan para dokter secara daring.

  • Berkomunikasi dengan Pasien 

Para dokter juga bisa mengandalkan praktik mereka secara daring untuk berkomunikasi dengan pasien tanpa memerlukan appointment dan antrian yang membutuhkan waktu cukup lama jika diaplikasikan pada kegiatan sehari-hari.

  • Meminimalisasi Antrian

Salah satu manfaat lain yang akan masyarakat dapatkan dari aplikasi kesehatan adalah meminimalisir antrian yang cukup panjang jika mereka ingin berkonsultasi dengan dokter. Di aplikasi kesehatan, masyarakat tidak memerlukan antrian karena mereka bebas memilih dokter dan spesialis yang dimiliki untuk berkonsultasi.

  • Mudah dan Cepat

Tidak perlu antrian, tidak perlu menunggu, dengan aplikasi kesehatan, semua hal jauh lebih mudah dan cepat tanpa memerlukan waktu tunggu yang sangat sia-sia.

  • Mendapat Obat-Obatan

Hal lain yang sangat menguntungkan dari penggunaan aplikasi kesehatan adalah pasien bisa memesan obat-obatan serta mendapatkan rujukan obat berdasarkan diagnosa atau hasil yang didapat selesainya waktu konsultasi.

Fungsi dan Manfaat Fitur Chatbot dalam Aplikasi Kesehatan

  • Konsultasi Penyakit Lebih Cepat

Chatbot bisa membuat pasien berkonsultasi tentang penyakit jauh lebih cepat karena dengan chatbot, pasien bisa memilih jawaban secara cepat sesuai dengan diagnosa dan pertanyaan.

Baca Juga: Chat Unlimited dengan Pelanggan! Ini Manfaat Chatbot untuk E-commerce

  • Tidak Memerlukan Interaksi dan Kontak Langsung dengan Dokter

Chatbot akan memudahkan pasien tanpa perlu memilih dokter dalam aplikasi kesehatan. Mengapa begitu? Karena biasanya aplikasi kesehatan sering membuka sesi diagnosa yang cepat dan mudah pada halaman utama.

  • Lebih Terjangkau

Berbeda dengan konsultasi dokter secara langsung, chatbot bisa membuat masyarakat lebih hemat karena memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Andalkan Sociobot untuk Konsultasi Dokter Lebih Mudah dengan Pelanggan

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi chatbot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan Sociobot tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, SocioBot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan Sociobot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan Sociobot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami