Gunakan Chatbot untuk Bantu Pelanggan Selesaikan Transaksi dalam E-Commerce

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 10 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Berikut ini adalah beberapa peran chatbot untuk membantu pelanggan Anda dalam platform e-commerce"

Dalam era digital yang semakin berkembang, layanan pelanggan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan bisnis, salah satunya berjenis bisnis e-commerce. Semakin banyaknya pelanggan yang berbelanja secara online, Anda juga harus memastikan bahwa mereka mendapatkan pengalaman transaksi yang lancar dan efisien. Dengan begitu, loyalitas pelanggan juga akan terjaga. Untuk mendukung pelayanan pelanggan, Anda bisa menggunakan bantuan berupa layanan chatbot. Chatbot dapat berfungsi sebagai asisten digital yang memudahkan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi dalam e-commerce. Bagaimana cara memanfaatkan layanan yang satu ini? Sebelum itu, ketahuilah terlebih dahulu pengertian dari layanan chatbot itu sendiri pada artikel berikut ini.

Kenali Apa Itu Chatbot

Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk berkomunikasi dengan manusia melalui antarmuka percakapan, seperti pesan teks. Chatbot dibekali teknologi artificial intelligence untuk dapat merespons dan memahami pertanyaan serta perintah dari para penggunanya. Chatbot juga dapat diimplementasikan dalam berbagai platform, termasuk website, aplikasi mobile, dan beberapa platform media sosial.

Pengenalan tentang E-Commerce

E-commerce merupakan sebuah proses pembelian dan penjualan produk atau jasa secara online melalui platform digital. Bisnis e-commerce menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja tanpa harus pergi ke toko fisik. Namun, terdapat kemunculan tantangan baru berupa bagaimana cara Anda memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Ada juga kendala-kendala yang mungkin muncul dalam proses transaksi online.

Baca juga: Chatbot dan Cara Kerjanya dalam Aplikasi E-Commerce

Peran Chatbot dalam Aplikasi E-Commerce

Berikut inilah beberapa peran chatbot dalam aplikasi e-commerce:

  • Pertanyaan Produk

Chatbot dapat memberikan sejumlah informasi terkait produk kepada pelanggan, seperti deskripsi, harga, dan ketersediaan stok. Dengan ini, pelanggan akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut lewat platform e-commerce.

  • Bantuan dalam Pemilihan Produk

Dengan menanyakan bagaimana preferensi setiap pelanggan, chatbot dapat memberikan rekomendasi produk menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka.

  • Panduan Pembayaran

Kemudian, chatbot bisa digunakan untuk memberikan panduan langkah demi langkah dalam proses pembayaran. Dengan ini, chatbot akan membantu pelanggan yang mungkin mengalami kesulitan selama melakukan transaksi dalam platform e-commerce.

  • Pemantauan Pesanan

Chatbot mampu memberikan informasi terkini mengenai status pesanan pelanggan, termasuk pembaruan pengiriman dan estimasi waktu tiba.

Cara Terapkan Chatbot untuk Bantu Pelanggan Menyelesaikan TransaksiĀ e-Commerce

Berikut inilah cara menerapkan chatbot yang akan membantu pelanggan menyelesaikan transaksi dalam platform e-commerce:

  • Identifikasi Kebutuhan

Tentukan area di mana chatbot dapat memberikan manfaat yang paling banyak, seperti memberikan informasi produk atau membantu pelanggan dalam proses pembayaran.

  • Pengembangan Skrip

Siapkan skrip komunikasi untuk chatbot. Sertakan juga beberapa pertanyaan yang kemungkinan diajukan pelanggan dan bagaimana respons yang relevan.

  • Integrasi dengan Platform

Integrasikan chatbot ke dalam platform e-commerce Anda, baik melalui website, aplikasi mobile, atau platform lainnya.

  • Uji Coba dan Optimalisasi

Lakukan uji coba chatbot untuk memastikan respons yang diberikan sudah sesuai. Skrip untuk chatbot dapat disesuaikan lebih lanjut berdasarkan umpan balik pelanggan.

  • Tingkatkan Performa Chatbot

Tingkatkan performa chatbot berupa pengenalan terhadap pertanyaan yang lebih kompleks.

  • Dukungan Manusia

Meskipun chatbot dapat mengatasi banyak pertanyaan, sediakan dukungan agen manusia untuk menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. Agen juga dapat membantu mengatasi kendala pelanggan mengalami tidak dapat diatasi oleh chatbot.

Baca juga: Cara Mengatasi Pelanggan yang Banyak dengan Chatbot dalam Aplikasi E-commerce

Lakukan Kustomisasi Chatbot untuk Mendukung Perusahaan Anda

Itulah manfaat chatbot jika diterapkan dalam platform e-commerce. Dengan adanya chatbot sebagai asisten virtual, para pelanggan dapat terbantu untuk menyelesaikan transaksi ketika membeli produk atau layanan yang Anda jual secara online. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan produk chatbot kami bernama Sociobot.

Sociobot merupakan sebuah chatbot berbasis artificial intelligence yang terintegrasi dengan sistem contact center kami, Sociomile. Adanya Sociobot membuat Anda dapat memberikan pelayanan ke pelanggan secara cepat, interaktif, dan pelayanannya dapat dipersonalisasikan dengan preferensi setiap pelanggannya. Chatbot ini bisa integrasikan juga ke beberapa platform, seperti Whatsapp, Telegram, dan Webchat perusahaan Anda. Apalagi, Anda juga bisa mengkustomisasi flow chatbot Anda dengan menggunakan fitur chatbot flow builder. Hubungi tim Ivosights untuk melakukan konsultasi lanjut terkait penggunaan chatbot yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami