Fungsi Chatbot untuk Bisnis Online, Apa Saja, Ya?

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Chatbot memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai macam bidang, salah satunya adalah bisnis online"

Chatbot adalah salah satu teknologi yang telah dikembangkan oleh para ahli menggunakan kecerdasan buatan yang dengannya mampu memberikan banyak manfaat. Saat ini penggunaan chatbot bisa kita lihat dari berbagai macam bidang dan tipe, salah satunya adalah di bisnis online. Kita tentu sering menggunakan aplikasi bisnis online untuk berbelanja, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya pesan otomatis yang terkirim saat kamu menanyakan sesuatu atau hal lain. Itulah bentuk nyata chatbot dalam dunia bisnis online. Yuk, simak fungsi-fungsi chatbot untuk bisnis online disini!

Apa Itu Bisnis Online

Istilah bisnis online bisa merujuk pada aktivitas jual beli barang dan jasa secara online, atau perusahaan tertentu. Dengan kata lain, fokusnya mungkin pada apa yang dilakukan perusahaan atau apa itu. Jika berbicara tentang suatu kegiatan yaitu berbisnis secara online, artinya sama dengan e-commerce. E-commerce adalah jenis model bisnis dimana transaksi komersial terjadi melalui jaringan digital atau elektronik. Dalam kebanyakan kasus, ini berarti melalui Internet.

Misalnya, e-Bay terlibat dalam e-commerce, ini adalah bisnis online. Shopee, Tokopedia, dan Tiket.com adalah bisnis online, mereka juga terlibat dalam e-commerce. Semua jenis kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet merupakan contoh bisnis online. Seseorang yang menyediakan layanan online dan memiliki pelanggan yang membayar memiliki bisnis online, seperti halnya seorang pengusaha yang menjual produk melalui Internet.

Baca Juga: Tingkatkan Customer Experience pada Aplikasi Travel dengan Chatbot!

Alasan Bisnis Online Sangat Digemari Masyarakat

  • Mudah Digunakan

Alasan pertama mengapa bisnis online sangat digemari masyarakat adalah karena mudah digunakan. Hal ini dikarenakan banyak bisnis online yang memiliki fitur-fitur pendukung yang memudahkan penggunanya dalam berbelanja.

  • Memiliki Banyak Promo

Promo dan diskon khusus pada aplikasi bisnis online biasanya jauh lebih banyak jika dibandingkan di pasar atau swalayan. Masyarakat tentu sangat menyukai diskon dan promo karena lebih menghemat biaya.

  • Beragam Barang dan Produk

Beragam barang dan produk bisa ditemukan di bisnis online. Biasanya, ada saja barang atau produk yang tidak bisa kita temukan di toko atau swalayan secara langsung tetapi bisa dengan mudah ditemukan di aplikasi bisnis online.

  • Lebih Murah

Pemilik bisnis online biasanya memiliki diskon atau potongan harga tersendiri pada aplikasi mereka. Ini membuat banyak orang mulai beralih berbelanja online karena lebih murah dan menghemat biaya.

Fungsi Chatbot untuk Bisnis Online

  • Mempermudah Pemesanan

Berbeda jika pemilik bisnis berinteraksi langsung, pelanggan dapat dengan mudah memesan produk yang mereka inginkan karena adanya chatbot.

  • Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan menjadi jauh lebih mudah dengan adanya chatbot. Pemilik bisnis tidak usah lagi menjawab pesan satu persatu dan tinggal melakukan custom pada chatbot.

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Dibantu Chatbot untuk Aplikasi Travel? Cek Disini!

  • Jauh Lebih Efisien

Menggunakan chatbot tentu jauh lebih efisien untuk berinteraksi, berkomunikasi, hingga melakukan orderan dengan pelanggan karena tidak perlu mengantri atau menunggu lama.

Ada banyak fungsi dari penggunaan chatbot untuk bisnis online tentunya. Penggunaan chatbot sangat memudahkan penjual dalam menangani pesanan dan berinteraksi dengan pelanggan. Itulah beberapa penjelasan mengenai chatbot. Semoga bermanfaat!

Andalkan Chatbot by Sociomile untuk Bisnis yang Lebih Maju dan Lancar

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi chatbot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan chatbot by Sociomile tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, Sociobot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan Sociobot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan Sociobot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami