Cara Memukau Investor melalui Annual Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report yang menarik akan membuat investor dan calon investor tertarik untuk membaca profil perusahaan Anda"

Annual report merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Terutama bagi perusahaan yang telah memasuki pasar saham. Sesuai namanya, laporan ini merupakan laporan yang dibuat secara tahunan. Biasanya, akan diterbitkan saat akhir tahun untuk menunjukkan kinerja perusahaan kepada pihak eksternal, yaitu investor dan masyarakat luas yang berpotensi menjadi investor.

Tidak hanya perlu memenuhi beberapa komponen dan standar yang ada, annual report harus ditampilkan dengan menarik agar dapat memukau investor. Sebab, annual report yang menarik dan tetap profesional akan menjadi wajah perusahaan Anda di hadapan pihak eksternal.

Tentu annual report yang menarik akan membuat mereka lebih betah dan nyaman untuk membaca profil perusahaan Anda, apa saja yang perusahaan Anda lakukan dan bagaimana Anda meraih target-target yang menunjukan keberhasilan perusahaan dalam satu tahun terakhir. Semakin memukau annual report yang Anda buat, maka semakin besar potensi perusahaan Anda dilirik oleh para investor baru.

Tentu, membuat annual report yang memukau akan menjadi tantangan tersendiri. Jika salah langkah, Anda mungkin akan menghasilkan annual report yang terlihat sangat tidak profesional dan lebih condong pada unsur estetika saja dibanding esensi utamanya. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan cara-cara memulai yang dapat Anda praktekkan dalam annual report perusahaan Anda agar tampil memukau di Akhir tahun.

Cara Memukau Investor Melalui Annual Report

Annual report yang baik adalah annual report yang berisi informasi-informasi penting dan komponen annual report yang dapat diubah dari sekedar data kosong menjadi sebuah cerita yang menarik, yaitu cerita tentang perjalanan perusahaan Anda satu tahun ke belakang dan apa saja mimpi yang ingin Anda capai untuk perusahaan Anda kedepannya.

Oleh karena itu, Anda harus membuat annual report report perusahaan Anda sebagai media Anda bercerita tentang semangat, jatuh bangun dan harapan Anda dalam membangun bisnis satu tahun kebelakang. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat annual report yang dapat memukau investor.

  • Pilih Media yang Cocok

Seperti manusia, annual report juga berevolusi dari waktu ke waktu. Pada awalnya, annual reports hanyalah sekedar angka diatas kertas yang membosankan untuk dibaca. Saat ini, sudah banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat annual report menjadi lebih menarik.

Bagaimana cara memilih media yang cocok dengan perusahaan Anda? Jawabannya adalah, sesuaikan dengan tujuan audience yang menjadi sasaran. Anda juga harus memperhatikan produk atau jasa yang perusahaan Anda produksi, atau visi misi perusahaan. Anda dapat memilih untuk menggunakan media cetak seperti majalah dan koran atau menggunakan media digital seperti video atau postingan gambar.

  • Rangkai Cerita

Annual report perusahaan Anda akan sangat membosankan jika Anda hanya menggabungkan angka-angka dan surat-surat penting dengan tanda tangan petinggi perusahaan. Ada banyak konten yang dapat Anda bagikan melalui annual report. Guna annual report perusahaan Anda tidak terlalu panjang, maka pastikan Anda memasukkan hal-hal yang menjadi kunci pencapaian perusahaan Anda setahun kebelakang selain komponen-komponen annual report yang sudah wajib ada.

  • Tunjukan Pengaruh

Annual report merupakan kesempatan untuk Anda menunjukkan prestasi, membangun kepercayaan publik kepada perusahaan Anda dan menunjukkan kesuksesan perusahaan Anda kepada pihak eksternal, yaitu para investor.

Namun, agar annual report perusahaan Anda dapat memberikan impresi positif yang melekat pada pikiran dan emosi audiens, Anda harus menunjukan prestasi yang dapat Anda sorot pengaruhnya. Bagaimana prestasi perusahaan Anda mempengaruhi masyarakat atau individu, bisnis, komunitas, atau bahkan dunia?

  • Visualisasikan Angka

Annual report perusahaan Anda akan dibaca oleh khalayak umum yang tentu tidak semuanya mengerti ‘bahasa’ bisnis, terutama yang menggunakan angka-angka. Oleh karena itu, Anda harus menerjemahkan angka-angka tersebut ke dalam visual agar lebih mudah dimengerti dan dipahami.

Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan sehingga dapat menyusun annual report dengan lebih mudah dengan data-data yang telah tersedia melalui Ivosights.

Kami akan membantu Anda dalam menyusun annual report dengan berbagai dukungan layanan kami yang berbasis Big Data, sehingga tidak diragukan lagi otentisitasnya untuk digunakan sebagai dasar bagi Anda untuk menyusun annual report yang menarik perhatian calon investor baru maupun mempertahankan investor yang sudah ada.

Ssst… Anda juga dapat menggunakan layanan Comprehensive Analytic untuk mendapatkan hasil analisis mendalam dari berbagai sumber untuk mendapatkan insights tersembunyi mengenai konsumen yang menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda, seperti percakapan digital, pasar e-commerce, media sosial, dan bahkan struk belanja pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami