Cara Membuat Good Corporate Governance Berkesan pada Annual Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 19 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Good corporate governance merupakan bagian untuk menyajikan informasi tentang prinsip & tata kelola yang diterapkan perusahaan dalam mengelola bisnisnya"

Annual report award yang setiap tahunnya di adakan ini bertujuan untuk membuat perusahaan saling bersinergi dalam mendorong implementasi good corporate governance (GCG). Setiap tahunnya, annual report award mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah peserta maupun kualitas informasi laporan tahunan.

Good corporate governance berisi informasi tentang prinsip-prinsip dan tata kelola yang diterapkan oleh perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Good corporate governance merupakan suatu sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk menjamin bahwa kepentingan stakeholder terpenuhi dan diakui secara adil dan seimbang. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai good corporate governance berikut ini cara membuatnya agar semakin berkesan.

Bagian yang Ada di dalam Good Corporate Governance

Di dalam annual report, good corporate governance biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  1. Visi, misi, dan tujuan perusahaan: Dalam annual report bagian ini berisikan informasi terkait visi, misi, dan tujuan perusahaan yang menjadi acuan dalam mengelola bisnis perusahaan.
  2. Struktur organisasi: Bagian ini berisi informasi tentang struktur organisasi perusahaan, termasuk jabatan-jabatan yang ada di dalamnya.
  3. Dewan direksi dan dewan komisaris: Dalam bagian ini akan berisikan informasi mengenai anggota dewan direksi dan dewan komisaris perusahaan, termasuk latar belakang, pengalaman, dan keahlian yang dimiliki oleh setiap anggota.
  4. Tata kelola perusahaan: Selanjutnya dalam good corporate governance ini berisikan bagian terkait informasi tentang prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang diterapkan oleh perusahaan, termasuk prinsip-prinsip GCG yang diikuti perusahaan.
  5. Pelaksanaan good corporate governance: Bagian ini berisi informasi tentang pelaksanaan good corporate governance di perusahaan, termasuk program-program yang telah dilakukan untuk meningkatkan tata kelola perusahaan.
  6. Penilaian good corporate governance: Bagian ini berisi informasi tentang hasil penilaian good corporate governance yang dilakukan oleh perusahaan, termasuk kesesuaian dengan prinsip-prinsip good corporate governance yang diterapkan perusahaan.

Good corporate governance dalam annual report merupakan bagian yang sangat penting untuk menyajikan informasi tentang prinsip-prinsip dan tata kelola yang diterapkan oleh perusahaan dalam mengelola bisnisnya kepada stakeholder.

Cara Membuat Good Corporate Governance Berkesan pada Annual Report

Good corporate governance merupakan prinsip-prinsip yang mengatur bagaimana sebuah perusahaan harus dijalankan dengan benar dan adil agar tercapai kepentingan terbaik bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan tersebut. Good corporate governance merupakan bagian yang penting dari keberhasilan sebuah perusahaan dan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan investor dan publik terhadap perusahaan.

Untuk membuat good corporate governance berkesan dalam annual report, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Menyajikan Informasi secara Jelas dan Rinci

Cara pertama ialah dengan menyajikan informasi good corporate governance secara jelas dan terperinci. Karena pada annual report harus menyajikan informasi yang cukup mengenai struktur organisasi, tata kelola perusahaan, dan mekanisme pengambilan keputusan di perusahaan.

  • Menyajikan Laporan secara Transparan

Dalam annual report ini, perusahaan harus menyajikan laporan good corporate governance yang transparan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami bagaimana perusahaan mengelola keuangan dan sumber daya lainnya sesuai dengan prinsip-prinsip good corporate governance yang baik.

  • Menunjukkan Komitmen

Selanjutnya, dalam annual report perusahaan harus menunjukkan komitmen perusahaan terhadap good corporate governance dengan cara menyajikan informasi mengenai inisiatif dan program yang telah dilakukan untuk menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance yang baik.

  • Menyajikan Hasil Evaluasi

Annual report harus menyajikan hasil evaluasi terhadap kinerja good corporate governance perusahaan, sehingga pembaca dapat memahami bagaimana perusahaan telah mengelola keuangan dan sumber daya lainnya sesuai dengan prinsip-prinsip good corporate governance yang baik.

  • Menyajikan Informasi mengenai Masalah dan Tantangan

Cara terakhir ialah dalam annual report harus menyajikan informasi mengenai masalah dan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam menerapkan good corporate governance, serta tindakan yang telah dilakukan untuk mengatasinya.

Dengan menyajikan informasi good corporate governance secara jelas dan terperinci, transparan, dan menunjukkan komitmen terhadap good corporate governance, serta menyajikan hasil evaluasi dan informasi mengenai masalah dan tantangan good corporate governance, diharapkan annual report perusahaan dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi pembaca dan memberikan gambaran yang jelas mengenai kinerja good corporate governance perusahaan.

Butuh Bantuan dalam Menyusun Annual Report?

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda untuk menyusun annual report. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Ivosights Comprehensive Analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan dan analisis Big Data. Dengan support dari source yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional, Ivosights dapat menyajikan data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami