Tingkatkan Kemudahan Pelayanan Pelanggan dengan Call Center AI

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 16 Juli 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center.
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center.

"Melayani pelanggan merupakan pekerjaan yang menyita waktu dan tidak efisien apabila pertanyaan yang sama terus diulang. Call Center AI dapat mengatasi itu!"

Banyak pelanggan mengharapkan layanan yang cepat, mudah, dan efisien. Hal ini juga berlaku dalam hal layanan pelanggan. Namun, melayani pelanggan secara manual dapat menyita waktu dan tidak efisien, terutama ketika pertanyaan yang sama terus diulang. Di sinilah Call Center AI hadir sebagai solusi. Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), Call Center AI dapat mengotomatisasi banyak tugas layanan pelanggan, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Apa itu Call Center?

Call center merupakan sebuah unit dalam operasional bisnis yang bertugas untuk menangani panggilan telepon masukĀ  (Inbound) atau keluar (Outbound) dari pelanggan dan pihak eksternal lainnya. Call center dapat dikatakan sebagai garda terdepan komunikasi suatu bisnis. Dengan adanya call center, pelanggan dapat menerima layanan yang baik, mendapatkan informasi terkait produk, menerima bantuan penyelesaian masalah, melakukan transaksi dengan mudah, mengisi survei, hingga mendapatkan tawaran atau diskon. Call center membutuhkan beberapa jenis teknologi pendukung untuk membantu operasionalnya.

Manfaat Call Center AI

Call Center AI menawarkan berbagai keuntungan signifikan bagi bisnis dalam hal peningkatan pelayanan pelanggan. Berikut pembahasan 6 manfaat Call Center AI secara lebih detail:

  • Peningkatan Efisiensi

Call Center AI, khususnya dalam bentuk chatbot, dapat menangani banyak pertanyaan pelanggan secara bersamaan. Ini mengurangi beban kerja agen manusia dan membuat mereka dapat fokus pada permasalahan yang lebih kompleks. Call Center AI beroperasi 24/7, memungkinkan pelanggan mendapatkan bantuan kapan saja tanpa terkendala jam operasional.

  • Peningkatan Akurasi

Call Center AI dilatih dengan basis data yang luas dan selalu diperbarui. Hal ini memastikan keakuratan dan konsistensi informasi yang diberikan kepada pelanggan, terlepas dari siapa agen yang menangani mereka. Agen manusia rentan terhadap kesalahan, terutama ketika berhadapan dengan volume panggilan yang tinggi. Call Center AI meminimalkan kesalahan tersebut dengan memberikan jawaban yang sudah terstandarisasi.

  • Peningkatan Personalisasi

Call Center AI dapat menganalisis percakapan dengan pelanggan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi mereka. Informasi ini dapat digunakan untuk memberikan layanan yang lebih personal dan relevan. Call Center AI dapat merekomendasikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan riwayat pembelian pelanggan, sehingga meningkatkan kepuasan dan potensi penjualan.

Baca Juga: Cara Machine Learning Bekerja Untuk Meningkatkan Kinerja Call Center!

  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Call Center AI dapat menyelesaikan pertanyaan sederhana dengan cepat, sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan. Ini meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bantuan. Call Center AI dapat membantu menyelesaikan masalah pelanggan secara lebih cepat dengan merutekan mereka ke agen yang tepat atau memberikan panduan langkah demi langkah untuk menyelesaikan permasalahan sederhana.

  • Peningkatan Kualitas Pelatihan Agen

Call Center AI dapat merekam dan menganalisis interaksi pelanggan. Analisa ini dapat digunakan untuk melatih agen manusia dalam menangani berbagai situasi dan meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan. Analisa interaksi pelanggan juga dapat mengidentifikasi area-area di mana layanan pelanggan perlu ditingkatkan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan program pelatihan yang lebih efektif bagi para agen.

  • Peningkatan Pengambilan Keputusan Bisnis

Call Center AI dapat mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan yang berharga. Data ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam perilaku pelanggan, sehingga membantu bisnis dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait strategi pemasaran dan pengembangan produk. Dengan menawarkan layanan pelanggan yang cepat, akurat, dan personal, bisnis dapat meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dan menarik lebih banyak pelanggan.

Ingin Mendapatkan Update Terkini dari Layanan Call Center? Sociomile dari Ivosights Jawabannya!

Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri business solution provider. Ivosights menghadirkan Sociomile Voice, platform turunan dari Sociomile yang merupakan platform call center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard. Platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk memiliki efisiensi dalam operasional bisnis, juga menciptakan interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan platform dari Ivosights ini, perusahaan dapat dengan mudah menaikkan customer experience. Alat ini sangat komprehensif dengan fiturnya yang lengkap, seperti Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Call Barging, CRM, Artificial Intelligence (AI) dan sistem integrasi lainnya. Tertarik menggunakan Sociomile Voice? Hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju bisnis sukses!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami