Call Center BPO Software: Definisi, Fungsi, dan Fitur Pendukung Bisnis

BPO Contact Center

,

Ivosights


Penulis : Administrator - Selasa, 28 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center BPO Software. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center BPO Software. Shutterstrock

"Telusuri panduan lengkap mengenai call center BPO software pada artikel ini. Dimulai dari definisi, fungsi, hingga fitur pendukung kesuksesan bisnis."

Interaksi dan hubungan positif antara brand dan pelanggan perlu terus dijaga. Hal ini penting untuk mempertahankan stabilitas bisnis, bertahan di tengah kompetitor, dan meningkatkan profit sekaligus. Menjaga komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan dengan software pendukung, yaitu call center BPO software.

Apa itu Call Center BPO Software?

Call center merupakan aspek esensial pada operasional bisnis yang bertanggung jawab dalam mengelola panggilan telepon, baik dari pelanggan maupun pihak eskternal lainnya. Pelanggan dapat menanyakan informasi terkait produk, menyampaikan keluhan dan saran, melakukan transaksi, hingga meminta asistensi digital pada agen call center sebuah brand.

Untuk mengelola call center dengan optimal, beberapa perusahaan membutuhkan jasa Business Process Outsourcing (BPO). BPO call center merupakan pihak ketiga yang pada umumnya menyediakan call center BPO software yang dapat menunjang fungsi call center kliennya. Call center BPO software menyediakan berbagai teknologi, fitur, infrastruktur, hingga fasilitas demi kelancaran interaksi dan komunikasi brand dengan pelanggannya.

Fungsi Penggunaan Call Center BPO Software pada Bisnis

Terdapat berbagai fungsi dari call center BPO software yang dapat dirasakan oleh brand, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Pengalaman Positif Pelanggan

Call center BPO software menyediakan berbagai fitur penunjang dan team support responsif yang siap membantu perusahaan untuk mengoptimalisasi sistem call center. Dengan fasilitas yang komprehensif, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan bantuan, informasi, serta asistensi pada suatu brand yang nantinya berpengaruh tingkatkan pengalaman positif.

  • Penyediaan Agen Call Center Profesional

Beberapa BPO call center tak hanya menyediakan call center BPO software, akan tetapi juga menyediakan agen call center. Agen ini dapat dipastikan merupakan orang yang terampil dan profesional di bidangnya.

  • Pengurangan Biaya Operasional

Call center BPO software pada umumnya didukung oleh teknologi SIP Trunk Solutions yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan panggilan telepon menggunakan internet. Sehingga, dapat menghemat biaya operasional dibandingkan dengan telepon konvensional biasanya.

  • Penyediaan Fasilitas Team Support 24 Jam

Call center BPO software pada umumnya didukung dengan team support yang aktif selama 24 jam. Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu khawatir apabila mengalami kendala teknis.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Tim Anda dengan Call Center BPO Software 

Fitur Penunjang Call Center BPO Software

Terdapat berbagai macam fitur dan teknologi penunjang pada call center BPO software, yaitu sebagai berikut:

  • SIP Trunk Solutions

SIP Trunk Solutions pada call center BPO software memungkinkan perusahaan untuk dapat melakukan panggilan telepon melalui internet. Sehingga, dapat mengurangi biaya operasional apabila dibandingkan dengan koneksi telepon konvensional.

  • Premium Number Provider

Fitur ini memungkinkan perusahaan memiliki nomor telepon dengan digit unik yang dapat dikustomisasi. Sehingga, pelanggan dapat lebih mudah mengingat nomor tersebut.

  • Sistem Omnichannel

Salah satu fitur penunjang yang kerapkali tersedia pada call center BPO software adalah sistem omnichannel. Sistem ini mengacu pada sistem integrasi berbagai platform menjadi 1 dasbor. Contohnya seperti kanal sosial media dan call center BPO software. Integrasi kanal tersebut memungkinkan perusahaan menciptakan sistem call center dengan waktu respons yang singkat.

  • Integrasi WhatsApp Business API

Fitur lainnya yang kini kerap ditawarkan call center BPO software adalah integrasi dengan WhatsApp Business API. Dengan sistem integrasi ini, perusahaan dapat menawarkan asistensi digital lanjutan melalui WhatsApp Business apabila komunikasi melalui call center tidak berjalan mulus atau membutuhkan fasilitas pendukung lainnya.

  • Blasting Platform

Beberapa call center BPO software di Indonesia menggunakan blasting platform atau alat untuk mengirim pesan dengan massal ke pada pelanggan melalui berbagai macam kanal digital. Fitur ini berguna untuk memastikan informasi tersampaikan secara langsung dalam waktu yang cepat.

  • Integrasi Digital Monitoring Tools

Beberapa call center BPO software juga menyediakan sistem integrasi software pendukung call center dengan digital monitoring tools. Integrasi kedua perangkat lunak ini dapat bermanfaat untuk mengetahui opini masyarakat terkait produk dan layanan. Sehingga, perusahaan dapat mengetahui area bisnis yang perlu ditingkatkan dan dievaluasi.

  • Integrasi Bot

Selain digital monitoring tools, beberapa call center BPO software bahkan dapat diintegrasikan dengan AI (Artificial Intelligence) berbentuk bot. Teknologi ini dapat membantu call center BPO software untuk aktif selama 24 jam. Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Kelola Antrian Panggilan dengan Call Center BPO Software 

Call Center BPO Software dari Ivosights: Penyedia Teknologi Terlengkap untuk Mendukung Kelancaran Operasional Call Center

Ivosights merupakan perusahaan penyedia call center BPO software yang menyediakan teknologi dan fitur terpadu, infrastruktur, serta agen berkualitas dan profesional. Didapuk sebagai penyedia teknologi call center terlengkap, Ivosights dapat membantu Anda untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan. Sehingga, kelancaran operasional inbound atau outbound dapat terjaga. Tertarik? Segera bergabung sebagai mitra Ivosights untuk mendapatkan dukungan layanan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami