3 Layanan Utama yang Ditawarkan BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Senin, 26 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock

"Temukan berbagai layanan berkualitas yang disediakan oleh BPO Contact Center."

BPO Contact Center hadir sebagai solusi pembantu pengelolaan interaksi perusahaan dengan pelanggan melalui platform komunikasi digital. Walaupun menjadi salah satu solusi yang populer bagi perusahaan, belum tentu Anda mengetahui apa saja layanan yang ditawarkan oleh BPO Contact Center. Untuk itu, artikel ini akan memberi sedikit penjelasan mengenai pengertian serta layanan-layanan yang ditawarkan oleh BPO Contact Center.

Kenali Dulu Apa Itu BPO Contact Center

BPO Contact Center, atau yang dikenal juga sebagai Business Process Outsourcing Contact Center, adalah sebuah pihak perusahaan ketiga yang menyediakan layanan pelanggan kepada perusahaan lain. Perusahaan penyedia layanan BPO Contact Center ini dapat menjalankan fungsi layanan pelanggan, seperti menerima panggilan  telepon, merespon pertanyaan pelanggan, dan penyelesaian masalah.

Baca juga: 7 Kebutuhan Penting Perusahaan BPO yang Wajib Diketahui! 

Berbagai Layanan yang Ditawarkan BPO Contact Center

Berikut ini adalah beberapa layanan yang umumnya ditawarkan oleh BPO Contact Center:

  • Layanan Pelanggan Inbound

Layanan inbound dalam BPO Contact Center adalah jenis layanan di mana agen atau petugas menerima panggilan dari pelanggan atau pihak luar lainnya. Tujuan utama dari layanan inbound ini adalah untuk menjawab panggilan, memproses pesanan atau permintaan pelanggan, memberikan dukungan, menangani keluhan, dan mengarahkan panggilan.

  • Layanan Pelanggan Outbound

Layanan outbound dalam BPO Contact Center adalah jenis layanan di mana agen atau petugas aktif menghubungi pelanggan atau calon pelanggan potensial. Tujuan utama dari layanan outbound ini adalah untuk melakukan kegiatan pemasaran, penjualan, survei pasar, dan penagihan serta pemulihan piutang.

  • Layanan Multichannel

BPO Contact Center menyediakan layanan pelanggan multichannel yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai saluran komunikasi. 

  • Layanan Teknis

Layanan teknis dalam BPO merupakan dukungan teknis yang disediakan oleh spesialis atau ahli teknis yang diberikan kepada pengguna. Tujuannya adalah untuk membantu pelanggan dalam memecahkan masalah, memberikan bantuan teknis, dan mengoptimalkan kinerja dari produk atau layanan yang digunakan. Layanan teknis dalam BPO ini misalnya saja berupa dukungan IT, software, perangkat keras, jaringan, atau sistem tertentu.

  • Layanan Back Office

Layanan Back Office merupakan layanan perusahaan di bidang administratif, pemrosesan data, dan tugas-tugas operasional perusahaan. Layanan Back Office dapat menjalankan proses bisnis secara efisien dan akurat.

Bagaimana Cara Memilih BPO Contact Center yang Tepat?

Memilih BPO Contact Center yang tepat merupakan sebuah cara untuk memastikan bahwa layanan pelanggan perusahaan Anda dikelola dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda terapkan dalam memilih BPO Contact Center:

  • Tinjau Reputasi dan Pengalaman

Periksa reputasi BPO Contact Center yang akan Anda pilih. Cari tahu apakah mereka memiliki pengalaman yang cukup dalam melayani perusahaan yang sejenis dengan perusahaan Anda sebelumnya. Simaklah juga berbagai review dan testimoni perusahaan lain yang menggunakan layanan BPO Contact Center yang sama.

  • Evaluasi Keterampilan dan Kemampuan

Pastikan BPO Contact Center memberikan beberapa pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk para agennya. Mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik serta pengetahuan mendalam tentang produk atau layanan yang relevan.

Baca juga: 3 Produk BPO Contact Center Ini Dapat Mendukung Layanan Pelanggan Anda

  • Perhatikan Teknologi dan Infrastruktur

Lakukan pengecekan penggunaan teknologi dan infrastruktur yang digunakan oleh BPO Contact Center. Pastikan penyedia layanan tersebut dilengkapi dengan teknologi terkini, kecepatan internet yang stabil, dan keandalan sistem telepon.

  • Pertimbangkan Kemampuan Skala

Jika perusahaan Anda mengalami peningkatan drastis volume panggilan pelanggan, Anda harus menggunakan layanan BPO Contact Center yang fleksibel untuk dapat menangani peningkatan perusahaan Anda.

  • Periksa Keamanan dan Kepatuhan

Standar keamanan data dan pengawasan privasi yang kuat juga harus menjadi poin utama yang diperhatikan. Demi menjaga kerahasiaan data pelanggan perusahaan, penyedia BPO Contact Center harus mematuhi sejumlah peraturan dan regulasi terkait perlindungan data.

  • Diskusikan Ketersediaan dan Dukungan

Terakhir, pastikan BPO Contact Center dapat memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan waktu perusahaan Anda. Diskusikan jadwal operasional dan ketersediaan layanan mereka. Tanyakan juga secara singkat tentang dukungan pengguna yang disediakan.

Hubungi Ivosights sebagai Penyedia Layanan BPO Contact Center Terpercaya!

Dengan layanan inbound, outbound, layanan teknis yang kompeten, dan layanan back office yang efisien, BPO Contact Center menjadi mitra yang andal untuk membantu perusahaan dalam menjaga tingkat kepuasan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Anda bisa memercayakan layanan BPO Contact Center pada kami, Ivosights. Dengan mengutamakan pelayanan pelanggan yang berkualitas, kami menyediakan berbagai dukungan untuk layanan contact center perusahaan Anda, mulai dari sumber daya agen, peralatan pembantu, hingga pusat lokasi operasional agen contact center.

Mengapa Anda harus memilih Ivosights? Ini karena kami membebaskan Anda untuk menyesuaikan operasional layanan sesuai kebutuhan dan anggaran perusahaan Anda. Apalagi, kami juga menyediakan layanan team support 24 jam dan keamanan data yang terjamin. Lancarkan tingkat operasional dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan Anda dengan memercayakannya pada kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami